Thursday, November 29, 2012

Roti Manis Labu Kuning by Ariany

Dear peri-peri host roti yang cantik2...

Saya terharu sekali karena akibat efek NCC breadweek ini akhirnya saya bisa menaklukkan Roti manis.. Huhuhuu.. Lebay ya saya... :D (semoga intronya ga terlalu panjang, kalo terlalu panjang dipotong saja tidak masalah :) )


Mau cerita dikit meski tidak terlalu penting ya.. Dari dulu saya selalu penasaran bagaimana sih membuat roti yang baik. Soalnya pertama kali coba yaitu membuat donat,langsung pakai tepung takaran 800gr, dan waktu dicoba dengan mixer philips saya, wah tau sendiri dong nasibnya si mixer, panas dan "ngeden"


Nah berhubung banyak yang saran spy pake LG, saya coba pake LG, tapi tetep rasanya ga bisa membuat adonan roti yg bagus. Dan tangan rasanya njarem benerr... Mgkn karena ga biasa dan ngga ngerti cara nguleni yg bagus ya..

Berhubung rasa penasaran semakin menjadi ditambah ada acara ncc breadweek, saya iseng2 uji coba lagi resep mba Rieny dengan gadget saya si handmixer philips, percobaan setengah resep saja. Saya yang sempat kehilangan kepercayaan dengan philips handmixer, terkagum2 kok akhirnya bisa adonan saya kalis... Hehehehe

Percobaan pertama, keliatannya ada masalah di ragi (raginya mati) , karena adonan sama sekali ga ngembang... Tapi pengulenan dengan handmixer philips lumayan membawa hasil. Hasil jadi persis seperti pia, bantat, keras, tapi dlmnya agak empuk, la.. Ajaibnya ini kesukaan anak saya yg kecil, tekstur luar roti nya keras kriuk2.. Wkwkwk..jadilah tetep habis roti gagalnya dimakan anak2 :)


Percobaan kedua, ragi dipersiapkan dengan baik, dan... Berhasil!! Pengadukan dan pengulenan full dengan mixer philips. Dengan tepung 250gr masih bisa mengatasi, dan sekarang saya pede membuat roti sendiri. Apalagi suami dan anak2 sudah bilang enak!


Demikian resep dari mbak rieny, saya cuma modif dikit dengan penambahan 50gr labu kuning kukus, jadilah roti labu kuning. Kebetulan kali ini tidak saya isi apa2, tapi anak2 suka dimakan dengan selai strawberry homemade.. Senengnya lihat mereka menunggu saya mengambilkan roti dan bahkan si kecil yg masih umur 2 tahun teriak2 "yippi.. Roti.. Deliciosoo.." (Niruin dora the eksplorer :D)


Bener2 NCCBW sudah membuat saya berhasil membuat roti, dan handmixer saya pun lebih berguna lagi ... :)

salam dari ABG pasif yg bahagia karena akhirnya bisa membuat roti dengan baik dan benar :)

Resepnya sbb:


Roti Manis Labu kuning

 
Originated: Rieni natalia, modified by me.

Bahan:


250 gr terigu cakra

2 kuning telur
50 gr gula pasir
50 gr butter/margarine
125 cc susu cair dingin
½  bks ragi instant
1 sdm susu bubuk
½ sdt garam
50gr labu kuning kukus dihancurkan dengan garpu
Wijen sangrai

Cara:


Larutkan ragi dengan 2 sdm air hangat, tunggu sampai ragi mengembang ± 10 menit (cara ampuh untuk menghindari bau asam ragi pada roti)

Bahan kering campur jadi satu tambahkan bahan cair dan ragi yang udah dilarutkan,  diuleni sampai kalis (pake mixer)masukkan labu kuning.
Masukkan butter + garam, uleni sampe elastis.
Diamkan kurleb 30 menit
Potong/ bagi adonan @ 30 gr
Boleh diisi apa saja sesuka hati, saya kosongan saja.
Oles dengan campuran kuning telur + susu cair
Taburi atasnya dengan wijen

Panggang dengan panas 180 (panaskan oven dulu)


Angkat oles dengan butter/ margarine, bisa dipotong 2 spt burger, saya isi selai strawberry.

Bisa juga dengan nutella / selai kaya.

Dimakan hangat2 dengan susu coklat tabur kayu manis.. Heavenly.. :)


Note: adonan saya jadinya agak lembek, mungkin karena cairan terlalu banyak. Tapi untuk rasa sudah cukup enak dan lebih sehat tentunya :)

Semoga peri2 berkenan dengan laporan saya.. :)

Salam Roti sehat,


Ariany

No comments:

Post a Comment