Monday, November 26, 2012

Mini Pizza by Aniverdiyanti



Dear host, ini laporan ke 4 saya.

Ceritanya Jumat kemarin saya mengajarkan murid-murid SMK Perhotelan membuat Spaghetti Bolognese. 1 kelas ada 45 murid dan hari itu saya mengajar di 2 kelas. Walaupun sudah dikira-kira agar semua murid merasakan hasil praktek ternyata ada sisa 1 mangkuk Saus Bolognese. Karena Sabtu Minggu Libur akhirnya saus itu saya bawa pulang simpan di chiller kulkas rumah. Sabtu siang saya buat kulit pizza dengan 1 resep Soft Dough Pizza yang ada di blognya mbak Rina Rinso salah satu member NCC juga. Jadilah 18 Mini Pizza untuk teman ngopi Tukang Bangunan yang sedang merenovasi gudang saya dan cemilan anak-anak sekaligus sisanya saya cetak di loyang Pizza diameter 22cm sebagai hantaran guru/staff di lembaga Bimbel yang diikuti anak saya di Sabtu sore itu. Hujan deras dibawakan Pizza hangat? Dapat diduga langsung ludes dalam sekejap. Hehehe... 

Soft Dough Pizza 
(ala Rina Rinso/Dapurnya Rina)
Bahan :
350 gr terigu protein tinggi (saya pakai Cakra Kembar)
15 gr gula pasir
5 gr ragi instan (Fermipan)
20 gr susu bubuk (Dancow Bubuk Fullcream)
200 ml air es
50 gr mentega putih (saya pakai blueband margarin)
1 sdt garam
Cara membuat :
1. Campur semua bahan kecuali air dan garam. Kemudian masukkan air
sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis.
2. Setelah kalis siamkan sampai adonan mengembang 2 kali. 
(waktu itu saya pakai Breadmaker, percobaan cara mbak Maria yang posting slow proofing di milis NCC, saya mengadon sambil ditinggal 4jam jadi hanya pakai ragi 2 gram saja, bahan disusun dari bahan cair dibagian bawah sampai terakhir margarin di paling atas, sssttt... Jadi irit ragi lho.... Hahaha....)
3. Setelah mengembang kempiskan adonan, kemudian bagi adonan menjadi
3 bagian. Bulatkan adonan dan diamkan 10 menit. (yang 2 bagian saya bagi 30 gram dapat 18 bulatan)
4. Setelah didiamkan 10 menit tipiskan adonan dengan cara digiling.
Kemudian tusuk-tusuk dengan garpu. Seharusnya bagian tepi adonan
lebih tebal, tetapi saya kemarin rata aja semuanya.
5. Setelah itu diamkan 30 menit sampai mengembang.
6. Oven dengan api bawah suhu 190 derajat selama 8 menit sampai roti
setengah matang.
7. Oleskan bagian atas roti dengan saus pizza (saya pakai saus
bolognaise dengan komposisi Bawang Bombay, Daging Giling, Jagung manis pipil, Jamur Kancing, Pure Tomat, Saus Tomat, Oregano Bubuk dan Bay Leaves), taburi dengan topping sesuka hati
(kemarin saya pakai bawang Bombay cincang, Nanas cincang, irisan tipis Sosis Ayam dan Keju Mozarella parut).
8. Oven lagi selama 10menit sampai matang.

Ani

No comments:

Post a Comment