Monday, November 26, 2012

Mini Pizza by Aniverdiyanti



Dear host, ini laporan ke 4 saya.

Ceritanya Jumat kemarin saya mengajarkan murid-murid SMK Perhotelan membuat Spaghetti Bolognese. 1 kelas ada 45 murid dan hari itu saya mengajar di 2 kelas. Walaupun sudah dikira-kira agar semua murid merasakan hasil praktek ternyata ada sisa 1 mangkuk Saus Bolognese. Karena Sabtu Minggu Libur akhirnya saus itu saya bawa pulang simpan di chiller kulkas rumah. Sabtu siang saya buat kulit pizza dengan 1 resep Soft Dough Pizza yang ada di blognya mbak Rina Rinso salah satu member NCC juga. Jadilah 18 Mini Pizza untuk teman ngopi Tukang Bangunan yang sedang merenovasi gudang saya dan cemilan anak-anak sekaligus sisanya saya cetak di loyang Pizza diameter 22cm sebagai hantaran guru/staff di lembaga Bimbel yang diikuti anak saya di Sabtu sore itu. Hujan deras dibawakan Pizza hangat? Dapat diduga langsung ludes dalam sekejap. Hehehe... 

Soft Dough Pizza 
(ala Rina Rinso/Dapurnya Rina)
Bahan :
350 gr terigu protein tinggi (saya pakai Cakra Kembar)
15 gr gula pasir
5 gr ragi instan (Fermipan)
20 gr susu bubuk (Dancow Bubuk Fullcream)
200 ml air es
50 gr mentega putih (saya pakai blueband margarin)
1 sdt garam
Cara membuat :
1. Campur semua bahan kecuali air dan garam. Kemudian masukkan air
sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis.
2. Setelah kalis siamkan sampai adonan mengembang 2 kali. 
(waktu itu saya pakai Breadmaker, percobaan cara mbak Maria yang posting slow proofing di milis NCC, saya mengadon sambil ditinggal 4jam jadi hanya pakai ragi 2 gram saja, bahan disusun dari bahan cair dibagian bawah sampai terakhir margarin di paling atas, sssttt... Jadi irit ragi lho.... Hahaha....)
3. Setelah mengembang kempiskan adonan, kemudian bagi adonan menjadi
3 bagian. Bulatkan adonan dan diamkan 10 menit. (yang 2 bagian saya bagi 30 gram dapat 18 bulatan)
4. Setelah didiamkan 10 menit tipiskan adonan dengan cara digiling.
Kemudian tusuk-tusuk dengan garpu. Seharusnya bagian tepi adonan
lebih tebal, tetapi saya kemarin rata aja semuanya.
5. Setelah itu diamkan 30 menit sampai mengembang.
6. Oven dengan api bawah suhu 190 derajat selama 8 menit sampai roti
setengah matang.
7. Oleskan bagian atas roti dengan saus pizza (saya pakai saus
bolognaise dengan komposisi Bawang Bombay, Daging Giling, Jagung manis pipil, Jamur Kancing, Pure Tomat, Saus Tomat, Oregano Bubuk dan Bay Leaves), taburi dengan topping sesuka hati
(kemarin saya pakai bawang Bombay cincang, Nanas cincang, irisan tipis Sosis Ayam dan Keju Mozarella parut).
8. Oven lagi selama 10menit sampai matang.

Ani

Amy Pangestu's Sourdough Spiced Fruit Loaf

Selamat malam, lapor roti sebentar ya mumpung ingat.
Pas hari ini mau kasi makan Bonnie, sekalian buat roti deh:) Bonnie adalah nama sordough starter saya hehee.. kenapa dikasi nama ? Tentu dong, karena seperti halnya binatang peliharaan, sourdough starter perlu terus diberi makan kalau tidak bisa mati.

Resep ini saya pilih karena kami suka banget dengan roti yang di tiap gigitannya bukan hanya tergigit 1 kismis, tapi beberapa. Yum. Maunya pesta buah kering di dalam mulut. Roti ini empuk di dalam dan luar biasa garing di luar. Itulah resep dari Bourke Street Bakery. Resep dari bakery yang nge-tren di Sydney ini banyak wira-wiri di internet. Resepnya tidak saya ubah kecuali mengurangi jumlah garamnya karena bapakku tak boleh terlalu banyak mengkonsumsi garam.

Untuk 2 loaf
Resep:
320 gr tepung cakra
48 gr tepung whole wheat
14 gr wheat bran
220 gr air
5 gr garam (resep asli 10 gr)
1 tsp kayumanis bubuk
¼  tsp pala bubuk
¼ tsp cengkeh bubuk
50 gr cranberry kering
50 gr kismis
50 gr kismis golden
200 g Sourdough starter (100% hydration, fed active starter)

Cara membuat:
-Campur rata tepung cakra, tepung whole wheat, wheat bran, starter, air.
-Biarkan 30 menit
-taburi garam dan uleni hingga cukup kalis (kira-kira 3-4 menit dengan tangan). Jangan terlalu kalis juga.
-taburkan rempah dan buah kering. Uleni hingga semua tercampur rata
-Masukkan dalam wadah yang telah diminyaki tipis-tipis.
-Biarkan mengembang 2.5 jam dan pada jam pertama lakukan stretch and fold
-Bagi adonan jadi 2, bentuk bulat dan istirahatkan 30 menit.
-Bentuk adonan menjadi batard (oval) dan biarkan mengembang 2 jam
-buat potongan yang menarik.
-Bakar dengan uap 30 menit pd suhu 225C
Jadi deh!

Note:
-Refresh (beri makan) starter, baru digunakan. Jangan gunakan starter dingin yg baru keluar dari lemari es.
-Jumlah buah keing bisa ditambah lagi 50gr bila suka atau mungkin bisa masukkan kacang2an dalam jumlah yang sama
-Bila tidak ada wheat bran bisa diganti tepung cakra.
-Kenali startermu dan suhu lingkungan. Bisa jadi starternya kuat sekali maka adonan dapat mengembang lebih cepat jadi harus dioven lebih dulu. Bila tidak adonan akan over-proofed.

Yang benar-benar saya suka dari sourdough baking adalah rasa bersih dan alami. Mengapa? Ya karena bahkan tidak menggunakan ragi pak-pakan. Semuanya bantuan bakteri baik hasil dari fermentasi alami yang metodenya dipakai sejak ratusan tahun lalu.

Mari makaaan!
@amypangestu

Roti Manis Coklat by Wiwid

Dear peri-peri roti yg cantiiiik...
Sorry dorry ya aku tadi keburu kekirim gambar rotinya doang, tanpa resep & tanpa watermark :)
Sekarang udah di edit niiiii....
Ciyus deh NCCBW ini bikin aku takjub sm resep2 roti yg bertaburan & kabita-bita mau bikin roti. At least buat dijadiin cemilan sm bekal anak2 sekolah. Yg sekarang ini (pengennya besok bikin lagi sih, ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ ) aku buat roti manis coklat pake resep roti coklatnya NCC. Tapi krn males pake LG (takut tambah gedhe lengannya) aku ngadoninnya pake mixer philips aja & buat 1/2 resep ajah.

Berikut resepnya:

Bahan A:
250 gr terigu protein tinggi (aku 140gr komachi, 110gr cakra)
50 gr gula pasir
2 btr kuning telur
6 gr ragi instant (aku cuma 4gr, sisa bkn roti kmrn)
1/2 sdt bread improver (aku gak pake)
200ml air es (aku 100ml susu dingin)

Bahan B:

50gr mentega (aku pake blueband)
2,5 gr garam (aku cuma 1gr kaya'nya, habisnya jarum timbangannya gak gerak2 hahaha)

Bahan Isi:

4 sdt selai coklat

Bahan olesan:

Campur 1/2 sachet skm putih & 1sdm margarine

How to:

1. Aduk bahan A, uleni hingga bergumpal-gumpal, masukkan bahan B, uleni terus hingga kalis elastis. (Aku handmixer phillips sktr 15mnt) Istirahatkan 20 menit (aku tadi sktr 90mnt krn ngembangnya lama, mgkn krn raginya kurang ya?)
2. Kempiskan adonan, potong timbang 35 gr, bulatkan. Istirahatkan 10 menit (aku 30mnt)
3. Ambil satu bulatan adonan, beri isi (sebagian aku isi juga dgn bahan olesan & ternyata enaaaaakk) lalu bentuk bulat. Diamkan 30 s/d 60 menit, tergantung kehangatan udara.
4. Setelah terlihat mengembang ringan, poles atasnya bahan olesan (sebagian aku kasih toping buttercream yg dicampur kopi, wanginya euiiiiyyy), panggang selama 20 menit, suhu 180 C hingga terlihat keemasan. Angkat. Oles lagi dgn bahan olesan.

Alhamdulillah empuuukkk....


Salam roti.... :)


Regards, WD

Bapao Isi Rendang a la Tuti

Dear Mod n Peri NCC Bread Week..
mau ikut setor Laporan ya...supaya tambah koleksi  Bagde yg cantiik...
dalam rangka bikin makanan utk bekal Samuel ke Sekolah Minggu n
sekalian setor laporan maka bikin Bakpau yg diisi rendang kacang
merah(memanfaatkan makanan yg ada dirumah...)
Bakpau nya pakai resep NCC n utk isian rendang pakai resep rendang Uni
Dewi Anwar yg ditambah kacang merah...
berikut resep Bakpaunya

Bakpaow Mini

:: Penulis : Fatmah Bahalwan

Bahan A:

400 gr    tepung terigu protein rendah
100 gr    tepung Tang Mien
11 gr      ragi instan
25 gr      susu bubuk
100 gr    gula halus
5 gr       Baking Powder

Bahan B:

275 cc    air dingin

Bahan C :

70 gr     mentega putih(aku pakai butter krn ga ada mentega putih dirumah)
5 gr       garam halus


Cara membuat:

    Campur bahan A, aduk rata. Tuangi Bahan B, uleni hingga
bergumpal-gumpal. Beri bahan C, uleni terus hingga kalis elastis.
    Timbang adonan 30gr, bulatkan hingga licin. Istirahatkan selama 30 menit.
    Tipiskan adonan, beri bahan isi, bulatkan atau bentuk sesuai
selera. Istirahatkan lagi selama lk. 20 menit hingga mengembang
ringan.
    Kukus Bakpaow  20 menit hingga matang.

Satu resep jadi 32 pcs hasilnya bakpau yg  empukkk banget n gurih enak deh!!...


demikian laporannya Peri Roti


salam manis

Tuti

Kugelhopf by Rosdaniar


Selamat Malam ....
Masih tentang roti, Kugelhopf atau gugelhupt  roti yang aslinya dari Jerman, yang dicetak dalam loyang bulat, yang  dibuat kemarin malam  sekalian bikin scones, karena kebetulan hari ini ada  teman yg datang untuk aftrenoon tea, masih memanfaatkan bahan yg ada, dan kebetulan juga bikinnya ga banyak cuma setengah resep saja dari resep yg terlampir dibawah ini, roti ini memang kaya rasa dengan campuran buah kering,  parutan kulit orange dan kayu manis bubuk yg berpadu jadi satu.

Kugelhopf
by Sara Lewis
150  gram mixed dried fruit
400 gram tepung protein tinggi
75 gram caster sugar
1/2 sdt garam
1/2 sdt kayu manis bubuk
Kulit orange yg diparut ( 1 biji )
2 sdt instant yeast
75 gram butter
3 butir telur
150 ml susu cair
Minyak goreng untuk olesan loyang
Tepung semolina atau tepung roti untuk taburan loyang
Loyang cincin atau tulban yg tinggi, aku pake loyang yg kecil2 yg silicone isi 6, pas banget untuk 1/2 adonan.

Cara Membuat :
1. Hangatkan susu cair dalam panci kecil, masukkan butter aduk rata sampai butter cair. Sisihkan.
2.  Dalam mangkuk mikser campur tepung terigu,gula pasir, garam, kayu manis bubuk dan yeast aduk rata rata, tambahkan  campuran susu dan butter,terakhir masukkan telur, aduk terus sampai adonan kalis, tutup adonan dengan serbet basah/ clingwrap selama satu jam sampai adonan naik.
3. Siapkan loyang, oles dengan minyak goreng, taburi tepung semolina/tepung terigu atau tepung roti
4. Kempiskan adonan yg sudah mengembang, baluri tangan dengan tepung,  bagi adonan sesuai ukuran loyang, bulatkan adonan, gulung panjang, masukkan ke loyang sampai 3/4 tinggi loyang.

5. Biarkan adonan mengembang kembali sampai batas loyang.
6. Oven adonan dalam suhu 190 derajat sampai kuning kecoklatan.
7. Biarkan dalam loyang sampai agak dingin.
8. Keluarkan roti dalam loyang, taburi gula halus, sajikan.


Kugelhopf Breakfast Rolls by Dwi Puspa

Hola Bread Weeks Host dan semua penggemar roti….  
Setor lagi ya…. Kali ini aku coba buat roti bule ceritanya, Kugelhopf Breakfast Rolls (KBR). Apaan tuh? Kugelhopf berasal dari dua suku kata yaitu Gugel (Kugel) yang berarti hood/tudung dan hopf (Hefe) yang berarti yeast/ragi. Bagi warga Jerman bagian selatan, Austria, Swiss dan Alsace (Perancis), kugelhopf merupakan sebutan bagi cake marmer atau Bundt cake. Sedangkan warga Polandia mengenal kugelhopf sebagai babka. Kugelhopf memiliki tekstur seperti roti dan cake. Proses pembuatan kugelhopf mirip dengan brioche. (Sumber: Wikipedia dan www.leitesculinaria.com).  
Enough with the history, let's bake it gals. Resepnya dicontek dari The Kitchn. Langsung semangat 45 untuk buat, karena kesengsem berat dengan tampilannya. Dibuat dalam cetakan muffin dan nge-roll dengan cantiknya dibagian atasnya. Bisakah aku membuatnya? Harus bisa doooong…(NCC's spirit…). Agak dag-dig-dug juga sewaktu membuatnya, karena baru sekali ini buat roti dengan metode yang menggunakan starter dan proses fermentasinya semalaman di kulkas. Menurut Emma Christensen, sang associate recipe editor The Kitchn, resep KBR ini diadaptasi dari resep kugelhopf tradisional yang ditulis oleh Dorie Greenspan (penulis resep Kugelhopf tradisional yang paling direkomendasikan). Tekstur KBR ini lembut banget karena si adonan melalui proses fermentasinya di kulkas semalaman. Makin penasaran? Yuk dicoba…..  
Kugelhopf Breakfast Rolls
Resep dicontek dari http://www.thekitchn.com/good-morning-kugelhopf-breakfa-119237

Adonan Kugelhopf
2 sdm air hangat
1½ sdt ragi instan
⅓ cup susu cair hangat
1¾ cup tepung terigu cakra (dibagi 2 bagian: ¾ cup dan 1 cup)
1 sdt ekstrak almond -----> aku ganti pasta vanili
2 btr telur
1 btr kuning telur
3 sdm gula pasir
¼ sdt garam
8 sdm mentega tawar -----> aku pake Hollman Butter  

Bahan Isi:
2 sdm mentega tawar, lelehkan -----> aku pake Hollman Butter
1 sdm gula pasir
Keping cokelat secukupnya -------> ini tambahan aku sendiri  

Sugar Coating:
¼ cup mentega tawar-----> aku pake Hollman Butter
1 sdt kayu manis bubuk -------> aku tidak pakai
½ cup gula pasir -----> aku tidak pakai, takut kemanisan rotinya  


Cara Membuat:
1. Adonan starter: campurkan air hangat dan ragi, aduk hingga ragi larut. Kemudian masukkan susu cair, aduk rata. Masukkan ¾ cup tepung terigu. Aduk hingga rata. Tutup wadah dengan plastik atau kain lembab. Istirahatkan adonan starter selama 20-60 menit. Setelah diistirahatkan, volume adonan starter akan mengembang dua kali lipat dan terlihat gelembung-gelembung kecil dipermukaannya.
2. Dalam mangkuk lainnya, campurkan telur, kuning telur dan ekstrak almond. Aduk hingga rata. Masukkan ke dalam adonan starter.
3. Campurkan sisa tepung terigu, gula pasir dan garam dalam mangkuk standing mixer. Masukkan adonan starter yang telah dicampur telur dan aduk hingga rata. Uleni dengan mikser, dengan kecepatan sedang selama kurang lebih 5 menit, hingga adonan menyatu dan terlihat licin (tekstur adonan lembek dan cenderung lengket).
4. Kurangi kecepatan mikser, masukkan mentega sedikit demi sedikit. Uleni terus hingga tercampur rata. Setelah semua mentega masuk, naikkan kembali kecepatan mikser, dan uleni hingga 10 menit (jika adonan masih terlihat lengket, tambahkan terigu sedikit saja ya. Setelah diuleni 10 menit, walaupun terlihat lengket, tapi sudah kalis lho).
5. Bulatkan adonan. Tutup wadah dengan plastik/kain lembab dan istirahatkan adonan selama 1,5 jam atau hingga mengembang dua kali lipat (kemarin aku istirahatkan satu jam saja karena sudah mengembang dua kali lipat). Tinju adonan untuk mengeluarkan udara didalamnya. Bulatkan kembali. Tutup kembali dengan plastik/kain lembab kemudian istirahatkan adonan semalaman dalam kulkas (katanya sih bisa sampai dua hari lho).
6. Keesokan harinya, keluarkan adonan dari kulkas. Tinju adonan dan siapkan talenan/meja yang telah ditabur tepung terigu. Gilas adonan roti hingga ketebalan yang diinginkan. Oleskan mentega leleh, sisakan sedikit bagian adonan polos saja. Taburi bagian adonan yang telah disemir mentega leleh dengan gula pasir dan keping cokelat.
7. Gulung adonan dan cubit-cubit ujungnya untuk mengunci agar bahan isian tidak mbleber. Potong-potong adonan sesuai dengan cetakan muffin yang akan digunakan (aku potong jadi 16 bagian).
8. Letakkan potongan adonan dalam cetakan muffin yang telah disemir margarin/mentega tipis-tipis. Istirahatkan kembali adonan sekitar 30-60 menit, hingga adonan mengembang mencapai bibir cetakan muffin (tadi 30 menit saja, adonanku sudah naik dengan cantiknya). Setelah mengembang, aku oles permukaannya dengan kuning telur plus susu cair (yang ini ngarang sendiri..hehehehe…)
9. Panggang dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya, dengan suhu 180ºC selama 25 menit atau hingga matang.
10. Setelah roti matang, olesi permukaannya dengan mentega leleh. Taburkan gula pasir dan kayu manis bubuk bila suka (aku cuma oles mentega ajah….).  

Hasilnya beneran lembut lho. Rasanya pas di lidah saya, yang tidak terlalu suka manis. Dan saya sangat terpesona dengan serat roti yang terbentuk sempurna (buat saya lho….). Padahal membuat roti ini hanya mengandalkan handmixer, ga pakai acara banting membanting. Tidak perlu khawatir mikser jebol juga, karena adonannya memang cenderung lembut.  
Demikian laporan dari dapur saya. Selamat menikmati roti hangat….:-)  
Dwi Puspa

Roti Manis a la Indriaty

Hi Ibu Host Bread Week yang makin kece n para NCC-er,

Saya abg mau ikutan lapor nih di acara Bread Week kali ini. Setelah mengikuti beberapa event-event yang ada, ternyata seru juga yahh dan pastinya bisa menambah semangat banget, khususnya buat seorang abg seperti aku yang mood-nya kadang naek-turun nih..hehehe. Tentunya juga mau menambah koleksi badge-nya dari NCC yang ciamik bowwwkkk... Maklum penyakit “M” alias malasnya masih belum sembuh-sembuh habis belum ditemukan sih obatnya (hehehe…), selain motivasi dari diri sendiri dan pastinya dari mama dan para teman-teman NCC yang ada disini (salam hormat para suhu)…

Ok Kali ini saya mencoba buat roti manis, buatnya sebenarnya uda dari minggu lalu tapi baru bisa laporan nih. Cara buatnya dengan cara manual yaitu yang dibanting2 itu adonannya. Hebat ya si roti itu, dibanting-banting malah jadi makin bagus, coba kalo orang pasti uda bengep-bengep dah tuh mukanya (hahaha). Lumayan capek juga sih, apalagi buatnya abis kerja. Tapi tetep usaha buat biar makin pinter kayak para suhu yang ada disini. Resepnya saya ambil dari mamakencakery.blogspot.com. Berikut resepnya:

Bahan :
500 gr tep terigu cakra
3 btr kuning telur
100 gr gula pasir
100 gr butter / margarine
250 cc susu cair
1 bks ragi instan ( 11 gr )
1 sdm susu bubuk
1/2 sdt garam
Cara membuat :
* Larutkan ragi dengan 2 sdm air hangat, tunggu sampai ragi mengembang lk 10 menit (cara ampuh untuk menghilangkan bau asam ragi pada roti)
* Campur bahan kering jadi satu kecuali garam, tambahkan bahan cair dan ragiyang sudah dilarutkan, uleni sampai kalis
* Masukkan butter dan garam, uleni sampai elastis. diamkan kurleb 30 menit.
* potong / bagi adonan @ 30 gram.
* gilas tipis, isi dengan filling keju, coklat atau apa saja sesuka hati, gulung. letakkan diloyang muffin / cupcake yang sudah diles margarine, diamkan 60 menit
* oles dengan campuran kuning telur + susu.
* panggang dengan suhu 180 derajat celsius (oven sebelumnya dipanaskan dulu), 10 menit rak bawah, 5 menit rak atas. angkat, panas2 oleskan dengan buttermargarine
Setelah matang, langsung deh narsis dipoto-poto itu roti. Pastinya juga dimakan, dan ternyata uenyakkk bowww n lembut banget lohh, dan buat besokannya juga masih empuk dan lembut… Yey berhasil berhasil berhasil (goyang-goyang ala dora dan buds)…

Donat Kentang NCC a la Fitriana Sri Pudji

Halooo... host NCCBW yang keren dan cantik-cantik...

Mau ikutan laporan ah...
Biarpun sudah banyak yang posting si donat kentang ini, tapi aku sendiri baru kali ini nyoba bikin si donat empyuk ini. Ngadoninnya pake mikser bosch pinjeman qeqeqe
Resepnya diambil dari resepnya Bu Fat. Si kecil bantuin mbentuk adonannya ... jadi lebih banyak yang benjol dari pada yang mulus ditambah lagi banyak bentuk-bentuk aneh sesuai khayalan si kecil hehehe.
Tapi tetep semangat, dan yang penting yang di photo yang mulus ajah qiqiqiqi..
Hasil akhirnya enak banget...empyuuukkk. Mumpung dirumah lagi banyak anak-anak yang lagi main. langsung aja teriak.. Donaaaatttt!!! alhasil donat langsung laris manis hehehe...

Begini resepnya :

Donat Kentang

Sumber : 60 Resep Snack Manis dan Gurih Anti Gagal
               Fatmah Bahalwan & Tim NCC


Bahan :
500  g tepung terigu protein tinggi, misal cakra
50    g susu bubuk
11    g ragi instan
200  g kentang, kukus, haluskan, dan dinginkan.. (aku di alusin pake grainer)
100  g gula pasir
75    g mentega
1/2   sdt garam
4      kuning telur
100   ml air dingin (karena ngak punya aku ganti pake susu cair, kebetulan sudah masuk kulkas)

Cara Membuat,
1. Dalam wadah, campur tepung terigu, gula , susu bubuk dan ragi instan, aduk rata. Masukkan kentang halus , tuang telur dan air dingin, uleni hingga rata dan setengah kalis.
2. Beri mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Istirahatkan 15 menit.
3. Bagi adonan. masing-masing 50 gram, bulatkan. Diamkan 20 menit hingga mengembang
4. Lubangi tengahnya menjadi bentuk donat, segera goreng hingga berwarna kuning kecokelatan.
5. Angkat dan tiriskan. Taburi gula donat atau bisa dengan cokelat leleh.
6. Hidangkan.

Selesai....

Salam Donat
Pietree

Roti Keju Yoghurt a la Bu Uban

Halooooooooo..........mau menuntaskan hutang ah!
Hihihiii hutang setoran event Bread Week.....gara-gara yang kemarin salah setoran.
Kalo nggak ikutan kan berasaaaaa gitu ya ada yang kurang.

Tiap kali liat roti-roti eropa nan sekseh berseliweran di milis, rasanya mupeng. Tapinyaaa tapi tapi tapi, kalo diwujudkan juga belum tentu kemakan ama yang di rumah. Soalnya, taunya bukan roti sekseh siiihh....taunya yang lidahnya bisa nerima....parahhhh !!

Baiklaaahhh, dapat juga resep dari Sajian Sedap dan seperti biasa dibuat dengan tenaga mixer LGGL alias Lengan Gue Gitu Loh. Mixer mahal yang tidak mau dipinjamkan kemana-mana *melotot*
Teteeeppp hasilnya bisa empuuuukkkk menuuuuulll .....nguleninya aja hampir satu jam. 

Ini dia resepnya :
ROTI KEJU YOGHURT
Sumber: Sajian Sedap

300 gram tepung terigu protein tinggi ( tadi saya pakai 400gr sekalian ngabisin tepung )
100 gram tepung terigu protein sedang 
20 gram susu bubuk 
75 gram gula pasir 
8 gram ragi instan 
1 butir telur, dikocok lepas
50 gram yoghurt 
125 ml air es ( tambahin dikit jadi 175gr )
75 gram margarin 
1 sendok teh garam 

Bahan Isi:
150 ml susu cair 
50 gram gula pasir 
2 sendok makan maizena 
1/4 sendok teh garam 
50 ml yoghurt plain 
75 gram keju parut 

Bahan Olesan:
2 sendok makan susu cair 

Cara membuat:

Isi, rebus susu, gula pasir, maizena, dan garam sambil diaduk sampai meletup-letup. Masukkan yoghurt dan keju parut. Aduk rata. Dinginkan.
Campur tepung terigu protein tinggi, tepung terigu protein sedang, susu bubuk, gula pasir, dan ragi instan. Aduk rata.
Masukkan telur, yoghurt, dan air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. Masukkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 30 menit.
Kempiskan adonan.Timbang adonan masing-masing 20 gram ( atau sesuai selera besarnya ). Bentuk bulat adonan. Diamkan 10 menit.
Pipihkan adonan. Beri isi. Bulatkan. Letakkan tiga buat bulatan di dalam cup kertas cokelat oval. Diamkan 60 menit sampai mengembang. Oleskan permukaan roti dengan susu cair.
Oven dengan api bawah suhu 190 derajat Celcius 12 menit ( atau sampai matang tergantung panas oven masing-masing )

Hasilnya? Saya nggak bohong demi anak cucu tujuh turunan yang belum ada............enaaakkkk, lembut dan tekstur pori-porinya udah kayak roti bakery. Tentu saja disuapkan pada pak Boss yang lagi asik mainan mesin las, bikin dia berhenti kerja dan pilih duduk makan. Pak Boss ini jarang komentar tentang suatu makanan, jadi kalo dia sudah keliatan sangat menikmati, artinya ya di atas rata-rata.
Udah yaaaa............jangan tanya-tanya lagi. Langsung aja bikin !!


Salam,
Endang Uban

No knead Cinnamon Rolls by Dyas Sari

Hai Trio Breadweeks,
Mau ikutan lapor, oya roti ini dibuat sm KURCACI dirmh, yg kebetulan cara buatnya hanya menggunakan sendok kayu  trs untuk isian ada sebagian yg minta di isi keju melted, coklat, selai strawberry sisanya br di bkn cinnamon roll.
Oya tuk roti yg ada isinya saya pakai olesan "susu uht n margarin " hbs gak sempet n gak mau di bkn pake hiasan kuning telor yo wes yg penting dimkn pas udara disore hari HUJAN deras



Master Dough - http://steamykitchen.com/248-caramelroll.html

from Artisan Bread in Five Minutes a Day
The book contains several master dough recipes, and this is an enriched, sweet dough, perfect for a loaf of Challah (the braided dough) and the Sticky Rolls. You start by mixing the master dough first, Let that rest overnight in the refrigerator, then the next day, pinch off a cantaloupe sized hunk-o-dough to make your Sticky Pecan Caramel Cinnamon Rolls! Return the rest to the refrigerator to use for another day.
1 3/4 cups lukewarm water
1 1/2 tbl instant yeast
1 1/2 tbl kosher salt (or 1 1/2 tsp table salt)
4 lg eggs, slightly beaten
1/2 cup honey
1/2 cup unsalted butter, melted
7 cups unbleached all-purpose flour

In a large bowl, mix together the eggs, water, honey, melted butter, yeast and salt. Stir well with a wooden spoon. Add in the flour. STIR, BABY STIR!!! Stir until you don’t see any more dry bits of flour (about a minute). Cover (not airtight) and stick it in the refrigerator overnight, or up to 4 days. The longer you let it fart around in the refrigerator (literally!), the better tasting the dough will be.
pssst….if you want, you can let it rise for 2 hours on the counter, pinch off the dough that you need to make your rolls. However, I’ve found that with only a 2-hour rise, the bread isn’t very flavorful. Still good, but definitely  not as good as if you had let it sit 1-4 days in the refrigerator.


Sticky Pecan Caramel Cinnamon Rolls

adapted from Artisan Bread in Five Minutes a Day
The photos I have on this post was the book’s recipe followed exactly. However, the recipe below is modified it a bit, increasing the amount of caramel and amount of filling, as I like my rolls to be oozing, dripping of the sweet cinnamon butter and sugar. Due to popular demand, I’m cutting back on the butter!  The recipe is as-is from the book!
Think of Cinnabon, that chain store found in every American mall, except EVEN BETTER.
The Dough
A cantaloupe sized chunk of the Master Dough (about 1.5 lbs)

The Gooey Sticky Caramel Topping
6 tbl unsalted butter, softened
1/2 tsp salt
1/2 cup brown sugar
30 pecan halves

The Heavenly Sweet Cinnamon Butter Filling
4 tbl unsalted butter, softened
1/4 cup sugar
1 tsp ground cinnamon
1/4 tsp freshly grated nutmeg
1/2 cup chopped and toasted pecans
pinch of freshly ground black pepper

9″ square or round cake pan
The first thing you need to do is take that master dough out of the refrigerator, grab a small cantalope sized chunk of dough. Return the rest of it to the refrigerator to use another time (psst…get the book for all the other recipes using this dough!). Generously flour your hands and the dough. Shape the dough into a ball by stretching the surface of the dough and tucking it to the bottom all around, rotating hte ball a quarter-turn as you go. This creates a taut, smooth surface. Let the dough rest, covered with a towel to take the chill off while you prepare rest of ingredients.

Niken's Tiger Bread

Halooo...trio peri roti. Saya boleh laporan lagi ya. Gara-gara ada NCC Bread Week yang sebelumnya malas buat roti sekarang jadi semangat. Ini laporan ketiga saya. Kali ini buat Tiger Bread, resep saya ambil dari buku Variasi Roti dari Sedap Sekejap. Walaupun bahannya kurang satu tetap lanjut buatnya. Resepnya sebagai berikut:

Bahan:
500 gr tepung terigu protein tinggi. 

25 gr susu bubuk. 
50 gr gula pasir. 
5 gr ragi instan. 
300 ml air es. 
7,5 gr garam. 
50 gr mentega putih

Bahan olesan I:
25 gr tepung terigu beras (saya ganti tepung terigu biasa). 

2 gr ragi instan 
50 ml air. 
15 gr tepung roti. 
1/4 sdm gula pasir

Bahan olesan II:
1/4 sdm gula pasir. 

1/4 sdm tepung terigu. 
1/4 sdm susu bubuk. 
1/2 sdm minyak goreng

Cara membuat:
1. Aduk terigu, susu bubuk, gula pasir, dan ragi instan. Tambahkan air es sedikit-sedikit lalu uleni sampai kalis.
2. Masukkan garam dan mentega putih. Uleni lagi sampai elastis, diamkan 30 menit.
3. Aduk bahan olesan I. Diamkan 20 menit.
4. Bagi 2 adonan roti. Giling tiap adonan. Gulung hingga berbentuk oval. Sisihkan.
5. Aduk bahan olesan I dan II lalu oles ke atas roti. Diamkan adonan 60 menit.
6. Oven 30 menit dengan suhu 190 derajat celcius.

Walaupun roti ini dibuat tanpa telur dan mentega/margarin rasanya lumayan enak.

Salam roti 
Niken

Roti Goreng Abon by Rini A

Halo Bread Lovers,

Mau laporan lagi nih, ini laporan keduaku, kali ini bikin roti goreng, benar-benar senang deh karena event ini aku jadi suka bikin roti, padahal dulu rasanya ogah banget deh capek ngulenin roti, tapi sekarang biar keringatan dan tangan pegel-pegel, eh malah ketagihan hehe. Kemarin hari hujan seharian dari siang sampai malam, lagi dingin gini paling enak makan yang hangat, buka-buka buku resep eh ketemu deh resep ini. Resep dapat dari tabloid Saji Edisi Januari 2009. Resep asli adalah Roti goreng Jamur tapi aku kebutulan adanya abon jadilah Roti Goreng Abon. Setelah jadi rotinya langsung habis dalam hitungan detik sama suami dan anakku, ah senangnya kalau memasak untuk orang yang kita cintai :D

Ini resepnya : 
250 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr tepung terigu protein sedang
1 sdt ragi instan
25 gr gula pasir 
1/2 sdt baking powder
1 butir telur
150 ml air es
1 sdt garam
30 gr margarin
Minyak untuk menggoreng

Bahan Isi
Abon secukupnya

Cara Membuat :
1. Campur tepung terigu, ragi, gula pasir dan baking powder. aduk rata.
2. Tambahkan telur dan air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis.
3. Masukkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 15 menit.
4. Kempiskan adonan. timbang masing-masing 30 gr. Diamkan 10 menit.
5. Pipihkan. beri isi. bulatkan. letakan di loyang yang ditaburi tepung terigu. diamkan 45 menit sampai mengembang. 
6. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai matang.
7. Angkat dan sajikan, enak dimakan hangat dengan sambal saos :).
   
cookingcakesmynewhobby.blogspot.com
FB: Angel Cakes Corner

Chocolate Cinnamon with Ganache by Hikma

Selamat pagi semuanya..
Mau laporan lagi ya..boleh kan?
Karena saya lagi menyusui jadi inginnya ngemil terus..hehehe.
Pengen bikin roti,tapi roti yg beda dari biasanya, karena saya suka coklat, coba bereksperimen bikin roti serba coklat dan biar wangi diberi kayu manis.
Akhirnya jam 9 malem langsung naro tepung di mikser, di uleni sampai kalis,lalu profing. Setelah profing pertama langsung di bentuk, tapi ko ya ngantuk,akhirnya masuk kulkas deh.
Pagi2 langsung keluarkan dari kulkas, diamkan di suhu ruang sampe mengembang, lalu panggang.hasilnya roti yg lembut dengan wangi coklat dan kayu manis, enak bgt.




Ini resepnya:
Bahan:
250 g terigu cakra
10g coklat bubuk
50g gula pasir
2sdm susu bubuk
1 kuning telur
1sdt fermipan
1/2sdt coklat pasta
50g dcc diparut
50g mentega
1/2sdt garam
+_100ml susu cair dingin (menyesuaikan)


Filling:
Gula palem, kayu manis bubuk secukupnya
Mentega cair


Toping:
Dcc dicairkan beri susu cair sedikit,aduk sampai agak encer(g pake ukuran hehehe)
Almond panggang


Cara membuat:
Campur semua bahan kecuali mentega,susu cair dan garam. Aduk rata sambil ditambahi susu sedikit, uleni.masukan mentega dan garam.uleni sampai kalis elastis.
Bentuk bulat adonan, diamkan selama 45 menit.
Setelah mengembang,kempiskan adonan,lalu giling bentuk kotak.olesi dengan mentega cair,taburi gula palem dan kayu manis bubuk.gulung seperti bolu gulung. Potong2. Tata di loyang yg udah dioles mentega,diamkan 30 menit/sampai mengembang.
Panggang di oven suhu 180, sampai matang. Setelah matang,olesi dengan buter cair, lalu siram dengan ganache dan taburi almond.
Enak disajikan dengan kopi sambil baca buku dan memandangi hujan rintik2.


Salam
Hikma

Rye Bread by Daniar

Selamat Pagi ...
Masih seputar roti.
Rye Bread, roti yg padat nyaris tanpa rasa, di tempat asal suamiku Denmark, rye bread ini memang dimaksudkan sebagai hidangan utama umumnya saat makan siang,seperti halnya nasi, dimana saat dihidangkan bisa disajikan dengan olesan butter, smoked salmon dan telur rebus, sardines , keju juga disajikan  dengan salad atau sup.
Roti ini menjadi sajian wajib tiap hari dirumah, kalau mengingat ke masa lalu, awal2 menikah  jungkir balik menaklukan si Rye ini sampai akhirnya menemukan formula yg pas untuk saya sebagai pembuat roti dan suami sang penikmat roti :-)
Palingan saya mencoba seiris pake olesan butter yg asin, cukup sampai disitu, tapi kemarin penasaran juga rotinya ku oles cream cheese tambahkan smoked salmon dan taburan black pepper, segigit masih penasaran, 2 gigit enak mulai dirasakan dan akhirnya jadi lah 2 iris kuhabiskan ternyata mengenyangkan, sampai ngakak sendiri. Suami ku aja sampai takjub melihatnya :-) 

Tapi jujur tongseng kambing dan nasi  masih tetap favoritku hihihi

Rye Bread

Bahan A / Biang  :
100 gr Rye
1/2 sdt yeast
100 ml air hangat
Campur semua jadi satu dalam mangkuk, tutup dengan clingwrap biarkan sehari semalam, adonan akan terlihat berbuih.

Setelah adonan biang jadi keesokan hari nya, siapkan :

Bahan B :
175 gr rye
1 sdt  muncung yeast
200 ml air hangat.

Bahan C
500 gr tepung protein tinggi
1/2 sdm garam 
Olesan :
1 putih telur dicampur dengan 1 sdm air kocok  rata.

Cara Membuat :
1. Campur bahan  B  jadi satu dalam mangkuk adunan, aduk rata. kemudian tambahkan adonan biang aduk rata. 
2.  Pindahkan kedalam mangkuk adonan Bread Maker,  tambahkan bahan C, set mesin dengan memilih tombol Dought
Biarkan mesin bekerja sampai adonan siap, ditandai dengan bunyi beep2, mengambil waktu 1.5 jam.

*  kalau menggunakan tangan tambahkan  bahan C uleni adonan sampai kalis elastis, bulatkan adonan, pindahkan kedalam
Mangkuk, tutup dengan clingwrap atau serbet biarkan mengembang 1.5  jam *

3.Angkat adonan dari mangkuk BM,  kempiskan adonan, bagi jadi 2 bulatan, biarkan kembali mengembang selama 30 menit.

4.Panaskan oven 190 derajat.Olesi adonan roti dengan campuran putel dan air, Oven selama 3O menit atau sampai bagian atas terlihat gelap.


Salam
daniar

Hokkaido Bread Wanna Be by Yuli Nur Elia

Ibu2 host yang baik....
Aku mau setor foto roti tawar bikinan sore ini...

Resep dapat dr Evy Fitriany NCC Palembang, tp krn di desa Tapos sini gak nemu susu segar dan whipped cream jadinya aku ganti semua pake susu UHT low fat, terus krn Keiko pengen bantu mami, dia yg nimbang, jd kayaknya ada sempet salah neken timbangan, soalnya nimbang 600gr terigu sesendok2 sampe pegel nunggu nya. Ga boleh tumpah katanya.
Ngulenin sampai manggangnya pake Bread Maker, jd modalnya cuma telunjuk aja... hehehhe dikomporin sama Elsa Aurell and Jenny Tjahja buat ngambil BM...

Hasilnya :
1. Ternyata kebanyakan permifan tu bikin roti teksturnya bolong2... (Tadi sih pikirku sayang permifan jd aku semua in 1 bungkus... Salah ternyata). Evy dan Elsa yg bake resep yg sama pakai BM yg sama hasilnya pori2nya bagus, halus dan lembut.... Lain kali permifan jgn kebanyakan.

2. Baca instruction manual suatu gadget itu harus menyeluruh, aku baru tau kalau ada menu pilihan warna kulit di BMnya...tp taunya setelah matang...ya kadung salah pilih.

3. Walaupun pakai BM yg mana dipetunjuknya sih cukup nyampurin semua bahan sekaligus diawal, ternyata tips bu Fatmah untuk tdk mencampurkan garam lebih dulu msh bisa dijalan kan. Hanya saja aku taunya sesudah adonan kalis, itu juga setelah baca komen Bernadetta Yuni di FB aku... Jd BM itu aman dibuka tutup selama proses, asal jgn pas proses ngoven. Panas...
Bs dicampur keju, kacang, coklat, selai, ditengah2 proses proofing...

Hokkaido Bread Wanna Be
(Takaran aku sesuaikan dgn kondisi kapasitas BM ya, resep aslinya luber, jd bentuk roti kurang cantik) :

Bahan:
400 gr terigu protein tinggi
45 gr terigu protein sedang
7 gr yeast instant
25 gr milk powder
60 gr gula
7 gr garam
1 butir telur buang dikit putihnya
185 gr susu segar
135 gr whip cream
(Aku tadi pakai susu UHT semua)

Cara Membuat :
Pakai Bread Maker, semua bahan dimasukkan dalam wadahnya, diawali dengan bahan cair. Setelah 3 jam, matang deh...




PS : resep asli dapat dr Evy Fitriany NCC Palembang dengan catatan judul resep aslinya : Hokkaido Milky Bread
Sumber : angela's kitchen

Terimakasih Ibu2 Host yang baik... Kunanti dengan sangat Badge NCCBW nya...

Yuli Nur Elia
Yg bangga sdh bisa berpartisipasi di 3 event NCCW : NCCBW, NCCCW, NCCDW (di NCCDW menang looooh)

Yuli Nur Elia - Kue Rumahan - 08567601610

Cheese Straw Puff Pastry by Anastasia Krisnawati

Setelah danish pastry, untuk NCCBW, aku coba yang puff pastry.
Meski ragu-ragu ini masuk ke kriteria bread, karena teksturnya tidak seperti roti dan tidak menggunakan ragi.
Semoga saja masih masuk ke kriteria :-)

Cara membuat puff pastry-nya sama dengan saat membuat danish pastry.  Hanya tidak menggunakan ragi.

Resep puff pastry saya ambil dari : www.earlly.com

Bahan:


500 gr tepung protein tinggi

1 butir telur
garam secukupnya
200-250 ml air es (aslinya hanya 200 ml)
50 gr butter
250 gr shortening pastry

Cara membuat:


1. Campur bahan kering, dan masukkan telur dan air. Mixer hingga setengah kalis

2. Masukkan buter dan mixer kembali hingga rata.
3. Seperti yang aku lihat di You Tube , adonan saya masukkan ke lemari es selama 15 menit
4. Adonan diroll melebar, dan masukkan shortening pastry. Caranya sama seperti di resep danish yang sudah dikirim ke NCCBW juga. Lengkapnya di sini.  http://www.krista-mocafkitchen.blogspot.com/2012/11/fruit-danish-pastry-not-gluten-free.html
5. Untuk puff pastry lipatan single ini diulang hingga 4 kali, kalau di danish kan hanya 3 kali
6. Setelah lipatan terakhir keluar dari lemari es, tipiskan lebih kurang 4 mm, lalu oles dengan susu, dan taburi dengan keju (aku campur dengan edam supaya krenyes). Supaya keju melekat, lalu digilas sedikit
7. Lalu potong memanjang ( 1 x 15 cm) dan diplintir dan diletakkan di atas loyang
8. Oven 20 menit dengan suhu 190 C





Rasanya chrunchy dan ngeju ^_^.

Terimakasih

Anastasia
www.krista-mocafkitchen.blogspot.com

Bakpao Ayam Jamur by Odilia Teresa

Dear Ibu-ibu host NCCBW,
berikut ini laporan saya yang ke-2 ya.
Kali ini saya laporan roti kukus yang asalnya dari negeri Cina, yaitu
bakpao ( steamed bun ).
Resep dough saya ambil dari buku resep Sedap yang berjudul Aneka Roti
Mancanegara.
Karena baru pertama kali praktek bikin bakpao, jadinya saya praktekkan
hanya setengah resep saja.  Ada bahan yang tidak tersedia di rumah,
jadi terpaksa saya modifikasi sedikit saja dengan mengganti tepung
tang mien menjadi terigu, mentega putih menjadi margarin, dan baking
powder tidak saya gunakan sama sekali.

Bahan kulitnya:

250 gr tepung terigu
50 gr tepung tang mien
35 gr gula halus
20 gr susu bubuk
1 1/2 sdt ragi instan
1/2 sdt baking powder
160 ml air es
30 gr mentega putih
1/2 sdt garam

Untuk bahan isi, saya buat sesuai bahan yang tersedia di rumah saja:

100 gr daging dada ayam, potong kotak kecil
2 buah jamur shiitake kering, rendam dan potong kotak kecil
1/4 buah bawang bombay cincang halus
2 sdm saos tiram
1/4 sdt garam
3 sdt gula
1/2 sdm kecap asin
1 sdm kecap manis
1/4 sdt merica bubuk
1 sdt tepung maizena dilarutkan dengan 3sdm air

Cara membuat:

1. Isi: rendam daging ayam dengan saos tiram dan gula pasir 1 sdt
semalaman. Tumis bawang bombay sampai layu, kemudian masukkan daging
ayam dan saos rendaman. Masak sampai ayam berubah warna. Masukkan
kecap manis dan asin, beri garam, gula, dan merica. Beri sedikit air
dan aduk rata. Masukkan jamur dan masak sebentar sampai meresap. Tuang
larutan maizena dan masak sampai kental.
2. Kulit bakpao: campur dan aduk rata terigu, gula halus, ragi, baking
powder ( saya tidak pake ), dan susu bubuk. Masukkan air dingin dan
ulen sampai kalis.
3. Masukkan mentega dan garam, ulen sampai elastis.
4. Bulatkan adonan dan diamkan selama 30 menit.
5. Kempiskan adonan, timbang adonan masing-masing 20 gr ( kalo saya 30
gr ) dan diamkan selama 10 menit.
6. Pipihkan adonan kulit bakpao, beri isi, bulatkan, dan letakkan di
atas kertas roti. Kalo saya pake paper case yang untuk kue.
7. Diamkan selama 45 menit sampai mengembang.
8. Kukus dalam kukusan yang sudah dipanaskan sebelumnya selama 10
menit atau sampai matang.

Proses pengerjaannya dari persiapan bahan sampai matang kira-kira 2,5

jam dan tetep tanpa mikser dong..
Hasilnya, bakpao ini lembut sekali meskipun tanpa bahan pelembut.
Cocok untuk para ibu yang ingin memberikan makanan sehat untuk keluarga.




Demikian laporan saya ya ibu-ibu host sekalian.. Semoga diterima..


Salam roti.. We love bread!


Pengirim : Teresa

Soboro Custard Bread by Anastasia Krisnawati

Masih semangat dengan NCCBW. Setelah mencoba soft bread dengan metode water roux, sekarang ingin mencoba soft bread dengan resep mb Rieni.

Yang membuat beda adalah topping dan fillingnya.

Toppingnya aku ambil dari Korean Soboro bread yang aku ambil dari buku Roti Sehat dan Lezat karangan Sangjin Ko.
Arti dari soboro adalah jelek ... mungkin karena bentuk rotinya tidak manis ya. Tapi rasanya enak, crunchy seperti kukis, manis karena gula dan gurih karena selai kacang.
Tetapi sepertinya yang aku buat masih belum sempurna, karena adonan toppingnya sepertinya kurang keset, harus dicoba lagi lain kali.


Kalau dari resep roti Soboro, sepertinya tidak ada fillingnya.

Supaya tidak polos, aku ambil resep dari buku yang sama, yakni filling dari roti Custard Korea (Syukrim Ppang).

Untuk adonan rotinya, karena jadinya banyak, maka seperti biasa, sebagian aku pergunakan untuk roti Amris, kesukaan si bontot. Dan jadi bekal si sulung belajar bareng dengan teman-temannya.


Resep soft bread mba Rieni, enak dan lembut. Teksturnya berbeda dengan yang metode water roux. Sama-sama enak, tergantung selera.




Ini dia resep soft bread mbak Rieni.


Bahan:


500 gr tepung terigu protein tinggi

3 kuning telur
100 gr gula pasir
100 gr butter
250 cc susu cair
1 bks ragi instant (11 gr)
1 sdm susu bubuk
1/2 sdt garam

Cara membuat :


1. Larutkan ragi dengan 2 sdm air hangat (aku tadi 3 sdm air hangat), tunggu 10 menit-an sampai ragi mengembang

2. Campur bahan kering, tambahkan bahan cair dan ragi yang sudah dilarutkan, mixer hingga kalis
3. Masukkan butter dan garam, mixer lagi sampai elastis
4. Diamkan selama 30 menit (aku tadi 45 menit)
5. Potong adonan 30 gr (aku 40 gr, karena akan diisi dan diamkan selama 30 menit sebelum diisi)
6. Giling tipis, isi dengan 1 sdm custard (resep di bawah)
7. Oles dengan campuran kuning telur dan susu, lalu tutup dengan adonan soboro
8. Diamkan lagi selama 60 menit (aku 30 menit)
9. Aku panggang dengan api atas dan bawah dengan 180C selama 15 menit

Resep topping soboro


Bahan:


25 gr margarin

75 gr gula pasir
1/2 butir telur
120 gr tepung terigu protein sedang
1 gr garam
15 gr selai kacang

Cara membuat:


1. Campur margarin dan gula dalam mangkuk, mixer sampai putih.

2. Tambahkan telur, lalu masukkan tepung yang sudah diayak, dan aduk dengan tangan
3. Lalu masukkan selai kacang dan garam


Resep filling custard


Bahan:


250 ml susu segar

3 kuning telur
75 gr gula
5 gr tepung terigu tepung protein rendah
10 gr mentega

Cara membuat:


1. Didihkan susu

2. Kocok telur, gula dan tepung terigu sampai putih lalu masukkan perlahan ke susu, rebus dengan api sedang selama 3 menit. Lalu masukkan margarin
Hanya saja, sepertinya hasilnya kelembekan, sepertinya harus dicoba lagi lain kali. Yang penting semangat ^_^


Salam

Anastasia
www.krista-mocafkitchen.blogspot.com