Wednesday, November 21, 2012

Roti Mendhol Tempe by Mei Djeng Kamto


Lihat judulnya jangan ketawa gede yaaaa hi hihi hi...Ibu Ibu Host yang baik hati, semua ini saya lakukan demi menghilangkan rasa penasaran saya...dan sekali lagi cinta saya kepada Indonesia...Aku cinta Indonesia Raya: ): )

Ide mengisi roti dengan tempe sejujurnya bukan ide saya, tapi saya baca di buku Sang Jin Kho yang menceritakan bahwa di Korea roti diisi dengan tempe bukanlah sesuatu yang aneh.
Nha kenapa saya berikan judul Roti Indonesia Raya   (Roti Isi Mendol Tempe)? Karena isian roti ini adalah Mendhol, dan bukan tempe biasa ..jiaaaaahhhh
 
 
Mendhol ini he he mudah ditemukan di warung makan rakyat yang murah meriah terutama di Jawa Timur dan sebagian Jawa Tengah. Mendhol ini biasanya disajikan sebagai lauk pauk nasi campur. Ada juga yang menyebut Mendhol ini sebagai Trasi Dele (padahal bumbunya sendiri tidak mengandung terasi). Penasaran yukkk kita bikin isiannya dulu yaa...sambil menyiapkan bahan biang tentunya
Bahan isian  & Cara Pembuatan Mendhol Tempe
Bahan Mendhol dibawah ini semua dihaluskan secara bertahap (tempe dan kelapa masuk belakangan)  Bawang Putih 3 siung
Kencur seujung kelingking
Daun jeruk purut di iris halus
Cabe rawit 5 biji
Garam dan gula secukupnya
Kelapa parut (muda sedang) 1 sendok makan
Tempe semangit/tempe kemarin ( yang dikukus)  sekitar 100 gram

Setelah semua halus, dan tercampur bentuk bulatan bulatan kecil, dan goreng didalam minyak kemudian tiriskan  serta siap diisikan didalam roti. 
O iya isian ini nggak tahan lama yaa, karena mengandung tempe..kira kira 2 harian maksimal.
Sekarang kita buat rotinya yaaa...hi hi  hi...pokoknya semangat 45 dhuehhhh ...jangan lupa yaaa siapkan LG nya  (Lengan Guedhueeee)
Bahan I (Biang – siapkan kira kira 4  jam sebelumnya ) :
50 gram terigu protein tinggi
60 cc air
Ragi instant ½ sendok teh

Cara Pembuatan Biang :
Uleni dengan tangan  semua bahan didalam baskom, dan sisihkan / tutup dengan serbet
Bahan ke II :
Terigu protein tinggi kurang lebih 200 gram (tergantung cuaca)
Garam ¼ sendok teh
1 Kuning telur (ukuran besar)
Margarin 50 gram
Gula pasir 40 gram
Cara Pembuatan :
  1. Uleni semua bahan II dengan tangan  dan campurkan kedalam bahan I (bahan biang)
  2. Aduk semua hingga rata dan taburi terigu sedikit demi sedikit hingga kalis (diatas meja/marmer)
  3. Bulatkan adonan menyerupai kubah besar letakkan diatas loyang, dan biarkan mengembang beberapa saat (sekitar 30 menit)
  4. Kempiskan adonan dengan menggunakan rolling kayu
  5. Bagi adonan menjadi 4 bagian, kira kira @ 100 gram
  6. Isi dengan Mendhol Tempe, dan bulatkan kembali
  7. Masukkan kedalam cup paper, serta gunting bagian atas roti untuk mempercantik penampilan,  kembangkan lagi sekitar 20 menit
  8. Oven dengan suhu sekitar 190 – 200 C, sampai matang
  9. Roti siap disajikan
Roti ini boleh disajikan sebagai kudapan disiang hari, pedas pedas gurih aroma daun jeruk purut.....teman ngobrol sambil minum kopi hitamm...hmmmmm west meet east jadinya, nggak apa apa yaachh...merdeka, boleh boleh saja kapan mau menyantapnya...ngga pake aturan apakah roti ini untuk sarapan, brunch  atau makan siang he he he he ...merdeka
Salam Roti Indonesia Raya
Mei Djeng Kamto (Kediri)


Roti Rendang Kepang by Mei Djeng Kamto

Dear Ibu ibu Host Roti selamat siang...

Rasanya sah sah saja yaa kalau saya berikan judul Roti Indonesia Raya (Roti Kepang Rendang) he heh eh ...semoga nggak ada yang protes apalagi demo demo sampai turun ke jalanan he heh e
Pemberian judul ini semata mata karena cintaku  kepada negeri ini, Indonesia Raya (dan memuaskan rasa penasaran saya he he  he he kayak apasihh kalau roti dipadukan dengan rendang)
Memang roti sendiri bukan aseli berasal dari Indonesia, tapi isian berupa rendang boleh dong kita bilang sebagai masakan aseli Indonesia  : )
Resep roti nya seperti biasa pakai ilmu kira kira, sedangkan resep isiannya berupa rendang juga menggunakan versi saya. Mungkin resepnya tidak seenak resep buatan orang Padang aseli he hehe...(dan rendangnya tidak dimasak lamaaaa sampai berjam jam seperti resep rendang yang versi original) yaaa...he he yang penting  enakkk (dan he he tidak begitu pedas – maklum lidah Jawa:)  : ) jadi rendang saya agak manis),...yuk kita coba
Resep Rendangnya :
250 gram  daging rebus yang telah dipotong kecil kecil/cincang
Santan kental sekitar 400 cc
Bumbu yang dihaluskan :
Cabe rawit 15 biji
Cabe merah 5 biji
Bawang merah  3 siung
Bawang putih 5 siung
Merica dan ketumbar kira kira ½ sdt
Kunyit 1 ruas (1 lembar daun kunyit bila ada)
Asam kandis sedikit
Kelapa parut 1 sendok makan
Garam dan gula secukupnya sesuai selera
Sereh 1 batang & laos 1 ruas (geprak)
Daun salam 2 lembar
Cara :
  1. Tumis semua bumbu yang telah dihaluskan hingga harum
  2. Masukkan daging rebus yang telah dipotong potong  dan kelapa parut,  aduk dan biarkan sejenak
  3. Masukkan santan,  tunggu hingga santan mendidih jaga apinya agar santan tidak pecah
  4. Kecilkan api dan tunggu hingga santan meresap dan berkurang (agak kering)
Nhaa setelah isiannya siap kita buat roti nya yaaaa ini dia resepnya :
Bahan I (Biang – siapkan kira kira 4  jam sebelumnya ) :
50 gram terigu protein tinggi
60 cc air
Ragi instant ½ sendok teh

Cara Pembuatan Biang :
Uleni dengan tangan  semua bahan didalam baskom, dan sisihkan / tutup dengan serbet
 
Bahan ke II :
Terigu protein tinggi kurang lebih 200 gram (tergantung cuaca)
Garam ¼ sendok teh
1 Kuning telur (ukuran besar)
Mentega 20 gram
Margarin 30 gram
Gula pasir 40 gram
Cara Pembuatan :
  1. Uleni semua bahan II dengan tangan  dan campurkan kedalam bahan I (bahan biang)
  2. Aduk semua hingga rata dan taburi terigu sedikit demi sedikit hingga kalis (diatas meja/marmer)
  3. Bulatkan adonan menyerupai kubah besar letakkan diatas loyang, dan biarkan mengembang beberapa saat (sekitar 30 menit)
  4. Kempiskan adonan dengan menggunakan rolling kayu – lebarkan
  5. Bagi adonan menjadi 4 bagian, bentuk memanjang  dengan menggunakan pisau/pizza cutter
  6. Letakkan isian/rendang (tanpa kuahnya) diatas 2 bagian roti, dan tutup dengan 2 bagian yang lain. Jadi nanti cuma ada 2 bagian panjang berisi rendang
  7. Kepang/jalin roti dengan isian rendang
  8. Biarkan adonan mengembang kembali beberapa saat sebelum di oven
  9. Oven dengan suhu sekitar 190 – 200 C, sampai matang
  10. Setelah matang , panas panas olesi dengan mentega
  11. Siap disajikan begitu saja, atau boleh juga disiram kuah rendangnya
Rasanya onde mandeee rancak banaaa......:))
Salam Roti Indonesia
Mei Djeng Kamto

Oat and Apricot Bread by Rosdaniar


Selamat Siang...
Dihari kamis, hari promo, laporan lagi ya ...
Kemarin hujan seharian, tiba2 saja pingin ngeroti lagi, melihat stock berbagai macam tepung untuk roti dikulkas, pingin ngurangin stock tepung kebetulan 2 bulan ini suami ngga banyak makan roti, jadi stock tepung pun ga banyak berkurang,  melihat oatmeal nangkring disudut  kukas, terpikir ngeroti oat dulu dech,  nyari resepnya terdampar disini ,untuk glasurnya kuganti dengan putih telur dan gula halus, menyesuaikan bahan yang ada, bikin setengah resep dari resep asli, dan sudah ku ganti ke gram. Dengan cara seperti biasa, bahan diukur pake cup sesuai dalam resep, kemudian  kutimbang lagi.
Roti nya jenis padat tapi lembut saat dikunyah, dengan manis yg samar dan rasa  segar apricot. Dan rasanya aku jatuh cinta dengan  roti ini, terbukti 3 iris menemaniku di sore yg mendung kemarin, dan 2 iris saat ini, padahal tadi pagi sarapan chapathi lagiii....  ada alasan usaha menaikkan berat badan heheh
 


125 ml air
50 gr oatmeal
50 gr apricot kering dipotong kecill
25 gr butter suhu ruang
1/2 sdt garam
2 sdm madu
250 gram tepung protein tinggi { diresep asli tepung serbaguna }
1 butir telur
6 gram yeast
50 ml air hangat

1. Didihkan 125 ml air, matikan api, masukkan oat aduk rata, masukkan  butter aduk rata, tambahkan  apricot, madu dan garam. sisihkan.
2. Dalam mangkuk kecil campur 50 ml air hangat dengan yeast, aduk sampai yeast larut dan berbuih.
3. Siapkan mangkuk mikser, masukkan campuran oat kedalam mangkuk mikser, tambahkan sebagian tepung, telur dan yeast, aduk dengan kecepatan rendah, sampai tercampur rata selama 5 menit, keuarkan adonan dari mangkuk, campur dengan sisa tepung, uleni adonan sampai kalis.
4. Bulatkan adonan, masukkan dalam mangkuk, tutup mangkuk adonan dengan clingwrap atau serbet. Biarkan adonan mengembang selama 1 jam.
5. Setelah mengembang kempiskan adonan bentuk seukuran loaf , siapkan loyang loaf oles dengan margarine, masukkan adonan dalam loyang, biarkan kembali mengembang setengah jam.
6. Bakar dalam oven dengan suhu 180 derajat sampai bagian atas terlihat kecoklatan. Keluarkan dari oven, Biarkan dingin.
Topping :
30 gr putih telur di kocok dengan 4 sdm gula tepung, ditambah 1 sdt lemon, siramkan diatas roti, taburi dengan potongan apricot dan almond, oven selama 5 menit.

Salam Roti

Roti Yoghurt Keju by Felcia

Horeeee...!!!
dapet resep roti lagi.... jadinya bisa setoran deh ke NCC BW.. uhuuuiiiyyy... hehehe..

resep ini dapet dari buku resep Oma..
ceritanya kemaren abis beli oven, langsung nodong oma minta copy buku resep nya... xixixii..
nah... karna judulnya aja dah bikin ngelirik dua kali, cek milis nccbw belom ada, langsung deh dibikin... cuss...


Roti Yogurt Keju
sumber : buku resep Oma


Bahan:
300 gr terigu protein tinggi (aku pakai cakra)
100 gr terigu protein sedang (aku pakai segitiga biru)
20 gr susu bubuk
75 gr gula pasir
8 gr ragi instan
1 butir telur, kocok lepas
50 gr yoghurt (aku pakai yogurt homemade stoberi)
125 ml air es (aku cuma pakai 100ml)
75 gr margarin (aku pakai butter)
1 sdt garam

Isi:
150 ml susu cair (aku pakai susu bubuk dicairkan)
50 gr gula pasir
2 sdm maizena
1/4 sdt garam
50 ml yoghurt plain (aku pakai yogurt homemade stoberi)
75 gr keju parut (aku pakai kraft)

Bahan Olesan:
2 sdm susu kental manis cair

Cara membuat:
  1. Buat isi,campur susu, gula pasir, maizena, dan garam, rebus sampai meletup-letup. Masukkan yoghurt dan keju parut. Aduk hingga rata. Dinginkan.
  2. Campur tepung, susu bubuk, gula pasir, dan ragi instan. Aduk rata.
  3. Masukkan telur, yoghurt, dan air es sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis. Masukkan margarin & garam. Uleni lagi sampai elastis. Diamkan di suhu ruang sampai mengembang 2kali lipat.
  4. Kempiskan adonan.Timbang adonan @30 gr. Bentuk bulat. Diamkan 10 menit.
  5. Pipihkan adonan. Beri isi sekitar 1/2 sdt. Bulatkan. Letakkan bulatan di dalam loyang bulat 20cm yang sdh dilapis mentega. Diamkan 60 menit sampai mengembang. Oleskan permukaan roti dengan susu manis cair.
  6. Oven dengan suhu kurang dari 190 derajat Celcius 10 menit, angkat, oles mentega.
Untuk 2 loyang


rasa nya unik... gurih, asem,manis,asin campur jadi satu..
cocok banget ditemenin sama kopi / teh manis hangat. apalagi cuaca lagi mendung mulu nih...

selamat mencoba! 
;) mengerlingkan mata

salam roti,
Felcia_Ip

Pizza Roti Kentang By Felcia

halo peri roti..
ABG iri banget liat senior-senior yg pada ikutan BW.. resepnya manteb2 bok!
kebetulan lagi hamil n ngidam pizza, biar bisa setoran bikinnya dari adonan roti kentang deh... hehe..
resep nya adonan pizza nya boleh nyontek dari majalah sedap *lupa edisi berapa*
dengan topping & saus modifiasi sendiri.. hehe..

adonan pizza nya karna pake kentang, empuk deh!
jadi meski keburu dingin, masi empyuukkk bgt..
kalo mao maem nya panas2, tinggal microwave in lagi aja...

yuk di intipp... ^^



Pizza Roti Kentang
sumber : majalah sedap

Bahan:
350 gram tepung terigu protein tinggi
100 gram tepung terigu protein sedang
200 gram kentang kukus , panas2 haluskan, dinginkan (dari 220 gram kentang mentah)
1 bungkus ragi instan (11gr -Fermipan)
75 gram gula pasir (aku pakai 60gr aja, karna pakai kentang kuning sudah gurih)
2 sdt oregano
1 butir telur
150 ml susu cair (aku pakai 1 1/2 sdm susu bubuk dilarutkan dlm 145ml air)
50 gram margarin (aku pakai butter)
1/2 sdt garam
50 gram keju cheddar parut

Topping:
1/2 buah bawang bombay, iris memanjang
1/4 buah paprika merah , potong kotak

1/4 buah paprika hijau , potong kotak
1 buah tomat merah, iris tipis
1 buah jagung manis, pipil
2 pcs sosis, iris melintang
30gr keju parut 

Saus Tomat :
1/8 sdt mix herbs (italian seasoning)
1 sdt gula pasir
1 sdm saus tomat botolan
1 sdm saus sambal botolan (optional)



Cara Pengolahan :
  1. Campur rata tepung terigu, kentang, ragi, gula, dan oregano. Tambahkan telur dan susu sedikit – sedikit sambil diuleni sampai kalis.
  2. Masukkan margarin, garam, dan keju parut. Uleni sampai elastis. Diamkan 30 menit.
  3. Kempiskan adonan. Giling setebal 1 cm. Letakkan di 2 buah loyang 26 x 26 x 4 cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti.
  4. Tusuk-tusuk dengan garpu. Diamkan 30 menit. Oven 20 menit dengan suhu 190 derajat Celsius.
  5. Oles saus tomat. Tabur topping. Oven 10 menit sampai keju meleleh. Potong-potong dan sajikan.

Untuk 36 potong



selamat mencoba! 

salam roti,
Felcia_Ip

Donat Panggang Kentang a la Amanda Fitriasari

Pagiii NCCers,

Jangan bosen yaa sama Donat Kentang, krn dirumah banyak kentang, n memang anak2 suka donat, jadi saya buat jg donut ini.


Klo menurut ABG susah banget buatnya, selain menggunakan LG, saya blm pernah bisa sampe kalis bikin adonannya, padahal keringat sudah ngucur, tangan pegel blm lg lebam pada pergelangan tangan krn terkena baskom (ga punya tmpt luas buat banting adonan).


Krn Adonan tidak kalis, saya menggunakan sendok tuk membulatkan adonan (seperti bakso) n mengoles minyak pada tatakan buat taro adonan yg sudah dibulatkan,agar tidak lengket saat mengambil adonan yg akan di goreng, celakanya setelah di goreng donatnya berminya didalamnya, krn saya buat banyak 1 resep,akhirnya sisanya saya panggang tanpa minyak menggunakan double Pan, hasil Akhir not to bad, jadilah donat sehat.. Hehe

Saya beri toping mentega+ meses ato keju saja..

Dan yg terpenting anak2 senang (yippiiii)


Tp pengen banget saya tanyakan, apa krn tangan saya berkeringat, maka adonan tidak pernah kalis?atau krn tuk resep ini saya ganti air dingin dgn susu dingin?mohon petunjuknya




Bahan:

500 gr   tepung terigu protein tinggi
50 gr     susu bubuk , saya ganti susu 27gr n tpg protein rendah 23gr
11 gr     ragi instant
200 gr   kentang, kukus, haluskan dan dinginkan
100 gr   gula psir
75 gr     mentega
½ sdt    garam
4 btr      kuning telur
100 ml   air dingin(susu dingin)

Cara membuatnya:


Dalam wadah, campur tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instant, aduk rata, masukkan kentang halus ,tuang telur dan air dingin, uleni hingga rata dan setengah kalis.

Beri mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Istirahatkan 15 menit.
Bagi adonan, masing-masing 50 gr, bulatkan. Diamkan 20 menit, hingga mengembang.
Lubangi tengahnya, menjadi bentuk donat, segera goreng sampai kuning kecoklatan.
Angkat, tiriskan. Taburi gula donat, atau hias dengan coklat.
Supaya lebih makjosss, simak tips Sukses Membuat Donat Kentang

Tips:


Membuat donat sesungguhnya sangat mengasyikkan! Asalkan kita memberi perhatian khusus pada beberapa hal, Insya Allah, donat akan bundar cantik, dan lezaaat....


Siapkan semua bahan terlebih dahulu tanpa ada yg boleh ketinggalan satupun, meski garam sekalipun.

Ingat aturan bikin roti, ragi gak boleh ketemu garam dan atau mentega ya. Nanti raginya mati, gak mau mengembangkan adonan. Garam dan mentega masuknya setelah adonan setengah kalis.
Haluskan kentang sampai benar-benar halus, kalau perlu pake blender, supaya adonan bisa licin dan gak gradakan :)
Setelah Halus Dinginkan kentang sebelum dibuat Donat.  Terus kalau tidak dalam keadaan dingiiiinnn...waaa.., raginya langsung mati jeh.
 
Buat adonan hingga kalis elastis, ikuti step by step pada resep, hingga ketika dibulatkan permukaannya halus licin. Bulatan yang halus dan licin akan membentuk donat yang bulat cantik ketika digoreng/merekah.

Istirahatkan adonan lk. 20 s/d 30 menit (tergantung cuaca), tutup dengan plastik spy permukaannya tidak kering.

Lubangi bagian tengahnya, goreng dengan panas sedang (supaya donat matang sempurna sampai kebagian dalam).


Menggunakan sumpit, buat gerakan memutar pada lubang donat ketika donat mulai digoreng dan merekah, agar bentuknya membundar cantik. Gerakan memutar (sentrifugal) akan membantu terbentuknya donat yang bundar.

Bila salah satu sisi sudah kuning kecoklatan, segera balik, teruskan menggoreng sampai kedua sisi coklat. Angkat. Tiriskan
@Zazara Zan

Zucchini Bread Rolls by Jenie Tjahja

Bagi teman-teman ncc yg sudah memiliki anak, tentu pernah merasakan peningnya kepala saat anak susah makan.
Baby 17 bulan saya susah banget makan nasi, dari bubur nasi, nasi tim, nasi lunak, dia menolak. Tapi kalau sudah melihat roti, dr soft bread sampai pretzel yg alot dia langsung menunjuk2. Waduh..
Jangan2 gara2 mamanya ikutan breadweek...

Sebelumnya, saya pernah buat roti labu kuning dia suka. Kali ini roti zucchini ternyata suka juga. Sepertinya asal judulnya roti dan bukan nasi, baby saya tidak keberatan. Hikss cukup curhatnyaa yuk lgs dicek saja resepnya...


Zucchini Bread Roll

Source: tasteofhome.com


Bahan:

1 cup zucchini dikupas, parut
1 sdt garam
3-1/2 cups terigu serba guna
7 gram ragi instan
5 sdm keju parmesan diparut
1 sdt gula
1 cup air hangat
50 gram mentega tawar

Cara:

Kupas dan parut zucchini, tabur ½ sdt garam, tiriskan
Diamkan 5 menit

Di wadah lain, aduk rata terigu, ragi,2 sdm keju, gula dan sisa garam. Masukkan zucchini yg sudah agak diperas agar airnya tidak terlalu banyak. Masukkan air dan mentega. Uleni hingga kalis dan elastis.

Tutup dengan plastik dan diamkan 1 jam.

Kempiskan, dan bulatkan adonan sekitar 60 gram. Taro di loyang dan ditempat hangat . Diamkan kembali sekitar 45 menit . Olesi dengan eggwash, tabur dengan sisa parutan keju kalau suka.


Panggang 20-25 menit.


Zucchini??? Zucchini apanyaa.. Hehehe soalnya tidak terasa ada zucchini, cocok buat anak yang tidak doyan sayur. Makan 1 aja rasanya mengenyangkan sekali karena roti ini agak padat.


Jen's corner

Roti Isi Daging by Bunda Raihan

Dear NCC-ers dan peri roti,

Mau laporan kedua di even NCCBW. Lagi suka eksperimen roti dengan isi daging yang halal dan dicoba jual untuk temen2 disini. 
Resepnya dari home baking net. Pake resep dasar Buns (Starter type).

Bahan:

Bun dough
150 gr terigu protein tinggi
30 gr gula pasir
4 gr garam
60 gr air hangat
30 gr margarin
30 gr telur (saya pake 1 telur ukuran L)


*starter dough
150 gr terigu
90 gr air hangat
6 gr yeast

Isian:
200 gr daging cincang
1/4 siung bawang bombay besar
2 sdm kecap
Lada
Garam
Air secukupnya

Cara membuat Isian:
1. Tumis bawang bombay sampai harum
2. Masukkan daging cincang dan aduk sampai berubah warna
3. Tambahkan kecap, bumbu dan air secukupnya.
4. Masak sampai daging matang dan air habis. Sisihkan

Cara membuat roti:
1. Pertama membuat starter dough. Larutkan yeast ke dalam air hangat. Masukkan ke dalam adonan tepung dan uleni sampai kalis. Di sini saya masukkan adonan ke dalam BM dengan mode pizza. Diamkan selama satu jam atau sampai adonan mengembang.
2. Masih di dalam BM, langsung masukkan semua adonan bun dough, dan setting dengan mode pizza.
3. Setelah selesai diuleni, diamkan selama 1 jam.
4. Setelah adonan mengembang, kempiskan dan bagi2 adonan setiap 35 gr.
5. Diamkan selama 40 menit. Setelah itu beri adonan isian.
6. Bentuk sesuai selera dan diamkan selama 1 jam.
7. Beri olesan 1 kuning telur dan 1 sdm susu cair, panggang dalam oven 190 dercel selama 15 menit.

Rotinya lebih empuk dibandingkan dengan resep yang langsung diaduk satu waktu. 

Salam homemade bread,
Ari Dwi - Nara

Roti Keju a la Anna Yelita

ROTI KEJU BY ANNA YELLITA
Dear Host...
Newbie mau ikut ngeramein NCC Breadweek,boleh ya he...
senangnya kali ini bisa ikut NCCWeek padahal dari dulu ingin sekali gabung tapi ga tahu gimana caranya (he dasar katro)...akhirnya kesampaian juga.
nah NccWeek kali ini tentang roti waaawww Roti?suka banget dan sering juga beli kalau bikin ohhh belum pernah...kebetulan nich tantangan buatku yang sama sekali belum pernah buat roti,mulai dech cari-cari resep tanpa pikir panjang lagi aku pilih resep keju NCC bu Fatmah Bahalwan....
siap tempur menggunakan kekuatan samson hehehe pengel-pegel juga nih tangan...sempat pesimis juga sich berhasil ga ya roti ku ini tapi dengan kekuatan samson dan doa akhirnya taaarraaaaa horeee-horeee(Dora mode on) berhasil mengembang sempurna (menurutku lo ya,yang baru pertama kali buat roti) lumayanlah buat newbiew seperti ku rasanyapun enak karena ada kejunya (keju lovers hihihikkk)
yang mau buat silakan untuk resepnya aku modif sedikit aku ga pake bread improver karena cari-cari di TBK ga ada kejunya aku pake keju quickmelt trus bentuknya aku bentuk bulat...yuks buat nih resepnya:

ROTI KEJU
Ncc Fatmah Bahalwan

Bahan A:
500 gr  tepung terigu protein tinggi
100 gr  gula
11 gr   ragi instan
1/2 sdt    bread improver(aku ga pake)
4 btr     kuning telor
200 ml  air Es
Bahan B:
100 gr  mentega/margarine
5 gr      garam
Bahan C:
100 gr  keju cheddar parut (aku pake keju quickmelt)
100 gr  mentega

Cara membuat:
  1. Aduk bahan A, uleni hingga bergumpal-gumpal, masukkan bahan
    B, uleni terus hingga kalis elastis. Istitirahatkan 20 menit.
  2. Kempiskan adonan, potong timbang 40 gr, bulatkan. Istirahatkan 10 menit.
  3. Aduk rata bahan C.
  4. Ambil satu bulatan adonan, beri isi bahan C, bentuk bulat.Lakukan untuk semua bulatan.
  5. Diamkan 30 s/d 60 menit, tergantung kehangatan udara. Setelah terlihat mengembang ringan, poles atasnya dengan kuning telur kocok, panggang selama 20 menit, suhu 180 hingga terlihat keemasan. Angkat.

Roti Labu Kuning alias Kürbisbrot by Reni Jujun

Dear Ibu-Ibu Host,

Membuat roti-rotian sebenarnya bukan kesukaan saya. Apalagi semenjak tinggal di negara yang menyediakan berbagai pilihan roti yang beragam, tentunya dengan harga yang murah. Jadi untuk apa repot-repot bikin. Selain belum tentu selalu jadi, rasanya juga belum dijamin enak.:)
Namun jujur saja, kalau disuruh memilih, saya lebih suka roti yang dijual di Indonesia daripada di sini. Roti Indonesia jelas lebih lembut. Saking lembutnya, bila dimakan kadang sampai menempel di langit-langit mulut. Bahkan suami saya menyebutnya sebagai roti kopong alias roti bolong + berangin.
Selera suami dan anak saya memang berbeda. Mereka berdua lebih suka roti keras bin alot seperti sendal. Itu juga sebabnya, jika saya membuat roti ala Indonesia, pasti saya yang harus menghabiskan sendiri.

Kenapa sekarang membuat roti lagi? Ya tentu saja karena termotivasi untuk ikutan ajang NCC Bread Week. Ajang NCC Week terakhir yang berhubungan dengan Rainbow, saya tak bisa berpatisipasi. Belakangan ini memang saya agak sibuk, bahkan sampai jarang menengok milis NCC dan menulis di blog saya.
Awalnya sempat bingung juga menentukan roti apa yang akan dibuat. Kebetulan di musim gugur ini memang sedang musim labu.  Di Supermarket sedang banyak sekali dijual labu (Kürbis) beraneka ragam (misalnya Hokkaido, Butternuß) dan ukuran. Lagipula selama ini saya belum pernah membeli labu. ‘Repot’ adalah hal yang terpikir setiap kali mau membelinya. Katanya harus dioven dulu sebelum bisa dipotong dan diolah. Tapi untuk kali ini, semangat untuk berpartisipasi benar-benar mengalahkan pikiran itu.

Resep roti labu (Kürbisbrot) saya ambil dari buku dr Oetker: Backen von A-Z (von Aachener Printen bis Zwiebelkuchen). Di buku tersebut sebenarnya disebutkan cara menyiapkan ‚daging’ labunya, yaitu dengan cara dipotong2, lalu direbus dengan 2-3 sdm air, lalu dihaluskan. Berhubung saya lebih suka dengan cara dikukus, akhirnya ya labunya saya kukus saja. Oiya, catatan lain di buku tersebut untuk resep ini adalah harganya murah. 
Hasilnya, roti yang berwarna kuning, dengan kelembutan cukup, rasanya ya standar saja seperti roti tawar. :)


Roti Labu Kuning (Kürbisbrot)

Bahan:
300g labu kuning (Hokkaido), sudah dikukus dan dihaluskan
500g tepung terigu protein sedang / tinggi (tipe 550)
1 sachet ragi instan
2 sdm madu cair
3 sdm susu hangat
100ml minyak sayur
1 sdt peres garam

Cara:
  1. ayak tepung terigu, campur dengan ragi. Aduk rata. Masukkan madu, susu, minyak, garam dan labu kuning.
  2. Uleni sampai kalis. Bila menggunakan standing mixer, aduk dengan alat berbentuk kait, pada kecepatan terendah sampai tercampur rata. Tingkatkan kecepatan mixer (saya pakai speed 2), biarkan adonan teraduk selama 5 menit, sampai menjadi adonan yang kalis. Tutup adonan dengan lap, diamkan di tempat hangat sampai adonan mengembang. Di buku tidak disebutkan berapa lama, saya melakukannya selama 30 menit.
  3. ambil adonan, uleni sebentar, bentuk lonjong sesuai ukuran loyang (30x11 cm). Masukkan di loyang yang telah diolesi mentega/margarin. Diamkan adonan di tempat hangat, sampai adonan mengembang. Saya melakukannya selama 60 menit.
  4. Iris bagian permukaan tengah memanjang, sedalam 1 cm.
  5. Panggang dioven yang telah dipanaskan sebelumnya, selama 25-30 menit, 200 derajat Celcius sampai matang.
  6. Setelah matang, keluarkan dari loyang. Dinginkan di atas rak kawat.

Chapati dan Gule Sapi Sayuran by Dewi Permanik

Selamat malam para Host NCCBW,

Dalam rangka ikutan memeriahkan event NCC kali ini dan sekaligus untuk mendapatkan badge cantiknya, Dewi menyetor Chapathi yaa...

Chapathi ini merupakan salah satu jenis roti flat yang berasal dari daerah India dan Pakistan. Naaahhh... biasanya kan chapathi ini terbuat dari Tepung Gandum, tapi berhubung belom sempat beli and nyari tepung tersebut jadi nggak ada salahnya kalo dicoba menggunakan stock tepung serbaguna yang kabetulan ada di rumah.

Ternyataaa... hasil akhirnya nggak terlalu mengecewakan loh.., bahkan rasa rindu menyantap chapathi ini jadi terobati deh.. #ssssttt.. mau cerita sedikit.. dulu kan waktu liburan ke KL tuh, setiap paginya pasti Dewi sarapan Chapathi ini dengan cocolan Kare kentang loh. Sampai2 suami cuma bisa geleng2 kepala dan resto yang sering dikunjungi kalo mau sarapan itu sampai hapal dengan menu yang mau Dewi santap... kikikikik..


Anyway, berikut ini resep yang dipraktekkan yaa... Oiya, resepnya itu dari postingan teh Rosdaniar yang dimodifikasi sedikit oleh Dewi. (nuhun yaa teteh Ros #kecupmesra)


Chapathi  ala DewiNikOriginal recipe by Rosdaniar


Bahan :

  • 200 gr Tepung Atta (tepung Gandum) ==> 1 cangkir Tepung Terigu serbaguna (mis: Jade)         
  • 100 ml air hangat ==> 12 sdm air hangat
  • ½ sdt garam ==> ½ sdt bumbu kaldu bubuk (mis: Royco)
  • 1 sdm cooking oil ==> 2 sdm Minyak sayur (mis: Bimoli/Sanco)

Cara pembuatan :

  1. Campur tepung dan bumbu, lalu tambahkan air sedikit demi sedikit. Lalu aduk hingga tercampur rata dan uleni hingga adonan tidak melengket ditangan (kalis).
  2. Masukkan cairan minyak, lalu uleni kembali hingga lembut.
  3. Tutup adonan dengan serbet dan biarkan selama 15 menit, sisihkan. Sementara adonan diistirahatkan, masak sayuran atau kuah cocolan (mis: Kare atau Gule).
  4. Bagi adonan chapathi menjadi 6 bulatan atau sesuai ukuran yang dikehendaki (disini saya membagi adonan menjadi 8 bulatan).
  5. Panaskan wajan datar. Sementara itu, ambil satu bulatan adonan dan gilas membentuk bulatan tipis.
  6. Letakkan ke dalam wajan yang telah panas tadi menggunakan api cenderung besar hingga muncul gelembung-gelembung. Balikkan adonan lalu kecilkan apinya dan biarkan hingga matang.
  7. Angkat chapathi yang telah masak tadi dari wajan dan siap dihidangkan dengan kuah atau cocolan.

Selamat Mencoba.

Salam Manis
Dewi 'Nik' Permanik

Caterpillar bread by Nova Susanti


Hallo ibu ibu host NCCBW dan temen temen tercwintah.. 
Udah banyak yang laporan, dan banyak resep yang bertebaran di event ncc kali ini,foto-fotonya juga bikin ngilerrrr euy....,aku juga ga mau ketinggalan  nih..,Kali ini aku bikin Cartepillar Bread dengan water roux paste hasil dari ngintip di blognya bunda nadifa dan resep aslinya dari corner cafe . Ijin ngintip ya mba...
Berhubung belum punya BM jadinya nguleni adonannya hanya pake LG (lengan gue ) hihihi, tapi hasilnya maknyoss lho..
Smoga laporanku ini bisa jadi penyemangat buat yang belum bikin yaaa...ayo semangatttt...
.
psstt.. ini photonya pas rotinya  belum terlalu coklat  yakk, soalnya klo matengnya udah ada yang ga sabaran  nungguin ...

Cartepillar Bread

Water Roux paste :
25 gram terigu protein tinggi
125 ml air

Cara membuat water roux paste :
Campur terigu dan air hingga rata.,panaskan di api kecil hingga mengental hingga membentuk paste.Sebentar saja sampai tercampur sempurna sampai berbentuk putih susu. 
Angkat diaduk-aduk sampai agak hangat, kemudian ditutup dengan plastik wrap dan biarkan dingin sampai saatnya di pakai.

Dough/ adonan Roti :
375  gram terigu protein tinggi (bread flour)
100  gram terigu protein sedang (all purpose )
35 gram susu bubuk
1 sdt bubuk vanilla susu
75 gram gula kastor
1 sdt garam (peres)
1 sachet ragi instant (11 gram)
2 kuning telur kocok lepas
150 ml air es (resep aslinya air hangat) 
50 gram butter potong potong suhu ruang

Egg wash/ bahan polesan :
1 kuning telur kcok lepas
2 sdm susu cair
butter, untuk memoles setelah matang agar permukaan menjadi shiny/mengkilap

Topping :
Sosis,saus tomat,keju mozarella,origano bubuk,daun bawang iris halus,mayonaise

Cara membuat :

1.Ayak terigu dan susu bubuk ke dalam baskom besar atau bowl mixer.
Tambahkan gula kastor dan bubuk vanilla susu,aduk rata.masukkan ragi instant.aduk rata.

2.Masukkan water roux paste dan kuning telur.aduk hingga rata.

3.Secara bertahap sedikit demi sedikit masukkan air es sambil diuleni hingga adonan kalis.Perhatikan adonannya ,jika sudah kalis tapi airnya masih bersisa tidak perlu ditambahkan lagi.

4.Masukkan garam dan butter.Lanjutkan menguleni sampai seluruh butter tercampur merata pada adonan dan licin, kalis dan elastis.

5.Bulatkan adonan dan taruh diwadah yang telah dolesi minyak goreng ,tutup dengan serbet lembab atau plastk wrap.Damkan untuk proses proofng sektar 1 jam atau sampa mengembang 2x lipat.

6.Kempesi adonan,uleni lagi sebentar,setelah itu potong dan timbang 60 gram dan bentuk cartepillar..
Diamkan 10 menit.

7.Setelah ditata diloyang tutup dengan plastik wrap,diamkan kembali untuk proofing selama 30 menit,poles dengan egg wash danpanggang di oven suhu 180-200'C sampai matang kecoklatan.

8.Keluar oven, panas ,poles dengan butter permukaannya.

Selamat mencoba yahhh..

Pumpkin bread and Choco pumpkin bread by Citra Kusuma

Dear host, ikutan rame- rame ya :D

Sehubungan dengan NCC bread week ini , aku posting hal pe-ROTI-an di blog ku.  Yaitu Cerita Roti - 1 dan Cerita Roti  -2

Kalau di sebelumnya Cerita Roti - 1 dan Cerita Roti - 2 kita membahas tentang bahan - bahan pembuat roti, tahap pembuatan juga masalah yang biasa terjadi saat pembuatan roti, di bagian ke - 3 ini aku tampilkan roti yang kubuat untuk event Bread Week NCC.

Nggak bisa lihat labu parang kuning lagi nganggur, ndilalah nya ada event Bread Week ini langsung deh di eksekusi. Dari resep ini bisa dibuat menjadi 2 macam roti dengan tampilan yang berbeda.

resep dasar dari : Sajian Sedap

400 gram tepung terigu protein tinggi 
1 buah (200 gram) labu kuning kukus, dihaluskan
20 gram susu bubuk 
1 1/2 sendok teh (6 gram) ragi instan 
75 gram gula pasir 
1 butir telur 
1 kuning telur 
100 ml air es 
75 gram margarin 
1 sendok teh garam 

Bahan Olesan (aduk Rata):
1 kuning telur 
1 sendok makan susu cair 

Cara Pengolahan  

  • Campur tepung terigu, labu, susu bubuk, ragi instan, dan gula pasir. Aduk rata.
  • Tambahkan telur dan air es sedikit - sedikit sambil diuleni sampai kalis.
  • Masukkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 30 menit. Kempiskan adonan.
  • Timbang masing-masing 30 gram. Bulatkan. Diamkan 10 menit.


Untuk Roti Sobek
  • Giling adonan. Gulung dan bentuk oval. 
  • Letakkan di loyang roti sisir yang dioles margarin dan dialas kertas roti sebanyak 12 buah adonan. Diamkan 75 menit sampai mengembang. Oles dengan bahan olesan. 
  • Oven 25 menit dengan suhu 190 derajat Celsius.


Untuk Roti Labu gulung isi coklat:
  • Giling adonan berbentuk persegi panjang, oles permukan atasnya dengan air, taburi dengan gula palm.
  • letakkan beberapa butir choco chips, lipat dua memanjang, lalu gulung
  • susun gulungan adonan di pinggan tahan panas, diamkan 75 menit, oles dengan bahan olesan.
  • oven 25 menit dengan suhu 190 'C

Roti sobek labu kuningChoco Pumpkin roll breadRoti gulung Labu Kuning isi coklat

Resep asli menggunakan kentang, sementara aku menggantinya dengan labu . karena kulihat tekstur daging labu setelah dikukus lebih jemek alias berair dibanding kentang kukus, maka pada saat pemberian air aku hanya pakai sedikit saja, kurang lebih setengah dari takaran asli. Kuanjurkan untuk memasukkan sepertiga bagian air terlebih dahulu, karena kalau kita menggunakan telur dan kebetulan berukuran besar, bisa jadi cairannya akan terlalu banyak. Adonan bisa jadi sangat lembek. Jika sepertiga air sudah dimasukkan tapi adonan belum cukup lemas, baru bisa ditambahkan air lagi.

Roti ini jadinya sangat lembut membelai lidah. Labu membuat warnanya jadi kuning menggoda. Dihidangkan saat hangat ataupun dingin, sama nikmatnya. Roti apa yang kamu buat?