Monday, November 26, 2012

Bakpao Ayam Jamur by Odilia Teresa

Dear Ibu-ibu host NCCBW,
berikut ini laporan saya yang ke-2 ya.
Kali ini saya laporan roti kukus yang asalnya dari negeri Cina, yaitu
bakpao ( steamed bun ).
Resep dough saya ambil dari buku resep Sedap yang berjudul Aneka Roti
Mancanegara.
Karena baru pertama kali praktek bikin bakpao, jadinya saya praktekkan
hanya setengah resep saja.  Ada bahan yang tidak tersedia di rumah,
jadi terpaksa saya modifikasi sedikit saja dengan mengganti tepung
tang mien menjadi terigu, mentega putih menjadi margarin, dan baking
powder tidak saya gunakan sama sekali.

Bahan kulitnya:

250 gr tepung terigu
50 gr tepung tang mien
35 gr gula halus
20 gr susu bubuk
1 1/2 sdt ragi instan
1/2 sdt baking powder
160 ml air es
30 gr mentega putih
1/2 sdt garam

Untuk bahan isi, saya buat sesuai bahan yang tersedia di rumah saja:

100 gr daging dada ayam, potong kotak kecil
2 buah jamur shiitake kering, rendam dan potong kotak kecil
1/4 buah bawang bombay cincang halus
2 sdm saos tiram
1/4 sdt garam
3 sdt gula
1/2 sdm kecap asin
1 sdm kecap manis
1/4 sdt merica bubuk
1 sdt tepung maizena dilarutkan dengan 3sdm air

Cara membuat:

1. Isi: rendam daging ayam dengan saos tiram dan gula pasir 1 sdt
semalaman. Tumis bawang bombay sampai layu, kemudian masukkan daging
ayam dan saos rendaman. Masak sampai ayam berubah warna. Masukkan
kecap manis dan asin, beri garam, gula, dan merica. Beri sedikit air
dan aduk rata. Masukkan jamur dan masak sebentar sampai meresap. Tuang
larutan maizena dan masak sampai kental.
2. Kulit bakpao: campur dan aduk rata terigu, gula halus, ragi, baking
powder ( saya tidak pake ), dan susu bubuk. Masukkan air dingin dan
ulen sampai kalis.
3. Masukkan mentega dan garam, ulen sampai elastis.
4. Bulatkan adonan dan diamkan selama 30 menit.
5. Kempiskan adonan, timbang adonan masing-masing 20 gr ( kalo saya 30
gr ) dan diamkan selama 10 menit.
6. Pipihkan adonan kulit bakpao, beri isi, bulatkan, dan letakkan di
atas kertas roti. Kalo saya pake paper case yang untuk kue.
7. Diamkan selama 45 menit sampai mengembang.
8. Kukus dalam kukusan yang sudah dipanaskan sebelumnya selama 10
menit atau sampai matang.

Proses pengerjaannya dari persiapan bahan sampai matang kira-kira 2,5

jam dan tetep tanpa mikser dong..
Hasilnya, bakpao ini lembut sekali meskipun tanpa bahan pelembut.
Cocok untuk para ibu yang ingin memberikan makanan sehat untuk keluarga.




Demikian laporan saya ya ibu-ibu host sekalian.. Semoga diterima..


Salam roti.. We love bread!


Pengirim : Teresa

No comments:

Post a Comment