Monday, November 26, 2012

Hokkaido Bread Wanna Be by Yuli Nur Elia

Ibu2 host yang baik....
Aku mau setor foto roti tawar bikinan sore ini...

Resep dapat dr Evy Fitriany NCC Palembang, tp krn di desa Tapos sini gak nemu susu segar dan whipped cream jadinya aku ganti semua pake susu UHT low fat, terus krn Keiko pengen bantu mami, dia yg nimbang, jd kayaknya ada sempet salah neken timbangan, soalnya nimbang 600gr terigu sesendok2 sampe pegel nunggu nya. Ga boleh tumpah katanya.
Ngulenin sampai manggangnya pake Bread Maker, jd modalnya cuma telunjuk aja... hehehhe dikomporin sama Elsa Aurell and Jenny Tjahja buat ngambil BM...

Hasilnya :
1. Ternyata kebanyakan permifan tu bikin roti teksturnya bolong2... (Tadi sih pikirku sayang permifan jd aku semua in 1 bungkus... Salah ternyata). Evy dan Elsa yg bake resep yg sama pakai BM yg sama hasilnya pori2nya bagus, halus dan lembut.... Lain kali permifan jgn kebanyakan.

2. Baca instruction manual suatu gadget itu harus menyeluruh, aku baru tau kalau ada menu pilihan warna kulit di BMnya...tp taunya setelah matang...ya kadung salah pilih.

3. Walaupun pakai BM yg mana dipetunjuknya sih cukup nyampurin semua bahan sekaligus diawal, ternyata tips bu Fatmah untuk tdk mencampurkan garam lebih dulu msh bisa dijalan kan. Hanya saja aku taunya sesudah adonan kalis, itu juga setelah baca komen Bernadetta Yuni di FB aku... Jd BM itu aman dibuka tutup selama proses, asal jgn pas proses ngoven. Panas...
Bs dicampur keju, kacang, coklat, selai, ditengah2 proses proofing...

Hokkaido Bread Wanna Be
(Takaran aku sesuaikan dgn kondisi kapasitas BM ya, resep aslinya luber, jd bentuk roti kurang cantik) :

Bahan:
400 gr terigu protein tinggi
45 gr terigu protein sedang
7 gr yeast instant
25 gr milk powder
60 gr gula
7 gr garam
1 butir telur buang dikit putihnya
185 gr susu segar
135 gr whip cream
(Aku tadi pakai susu UHT semua)

Cara Membuat :
Pakai Bread Maker, semua bahan dimasukkan dalam wadahnya, diawali dengan bahan cair. Setelah 3 jam, matang deh...




PS : resep asli dapat dr Evy Fitriany NCC Palembang dengan catatan judul resep aslinya : Hokkaido Milky Bread
Sumber : angela's kitchen

Terimakasih Ibu2 Host yang baik... Kunanti dengan sangat Badge NCCBW nya...

Yuli Nur Elia
Yg bangga sdh bisa berpartisipasi di 3 event NCCW : NCCBW, NCCCW, NCCDW (di NCCDW menang looooh)

Yuli Nur Elia - Kue Rumahan - 08567601610

No comments:

Post a Comment