Wednesday, November 21, 2012

Oat and Apricot Bread by Rosdaniar


Selamat Siang...
Dihari kamis, hari promo, laporan lagi ya ...
Kemarin hujan seharian, tiba2 saja pingin ngeroti lagi, melihat stock berbagai macam tepung untuk roti dikulkas, pingin ngurangin stock tepung kebetulan 2 bulan ini suami ngga banyak makan roti, jadi stock tepung pun ga banyak berkurang,  melihat oatmeal nangkring disudut  kukas, terpikir ngeroti oat dulu dech,  nyari resepnya terdampar disini ,untuk glasurnya kuganti dengan putih telur dan gula halus, menyesuaikan bahan yang ada, bikin setengah resep dari resep asli, dan sudah ku ganti ke gram. Dengan cara seperti biasa, bahan diukur pake cup sesuai dalam resep, kemudian  kutimbang lagi.
Roti nya jenis padat tapi lembut saat dikunyah, dengan manis yg samar dan rasa  segar apricot. Dan rasanya aku jatuh cinta dengan  roti ini, terbukti 3 iris menemaniku di sore yg mendung kemarin, dan 2 iris saat ini, padahal tadi pagi sarapan chapathi lagiii....  ada alasan usaha menaikkan berat badan heheh
 


125 ml air
50 gr oatmeal
50 gr apricot kering dipotong kecill
25 gr butter suhu ruang
1/2 sdt garam
2 sdm madu
250 gram tepung protein tinggi { diresep asli tepung serbaguna }
1 butir telur
6 gram yeast
50 ml air hangat

1. Didihkan 125 ml air, matikan api, masukkan oat aduk rata, masukkan  butter aduk rata, tambahkan  apricot, madu dan garam. sisihkan.
2. Dalam mangkuk kecil campur 50 ml air hangat dengan yeast, aduk sampai yeast larut dan berbuih.
3. Siapkan mangkuk mikser, masukkan campuran oat kedalam mangkuk mikser, tambahkan sebagian tepung, telur dan yeast, aduk dengan kecepatan rendah, sampai tercampur rata selama 5 menit, keuarkan adonan dari mangkuk, campur dengan sisa tepung, uleni adonan sampai kalis.
4. Bulatkan adonan, masukkan dalam mangkuk, tutup mangkuk adonan dengan clingwrap atau serbet. Biarkan adonan mengembang selama 1 jam.
5. Setelah mengembang kempiskan adonan bentuk seukuran loaf , siapkan loyang loaf oles dengan margarine, masukkan adonan dalam loyang, biarkan kembali mengembang setengah jam.
6. Bakar dalam oven dengan suhu 180 derajat sampai bagian atas terlihat kecoklatan. Keluarkan dari oven, Biarkan dingin.
Topping :
30 gr putih telur di kocok dengan 4 sdm gula tepung, ditambah 1 sdt lemon, siramkan diatas roti, taburi dengan potongan apricot dan almond, oven selama 5 menit.

Salam Roti

No comments:

Post a Comment