Sunday, December 2, 2012

Cinnamon Roll by Nia Srijadhie

Laporan yang kedua di event ncc bread week.
aku buat cinnamon roll ini gara - gara banyak hal. loh kok??? hihihihihi....
awalnya liat pp-nya mba arum, trus mba ratri... trussss pas kamis kemarin ke plaza senayan. ndilalah, ngeliat booth-nya saint cinnamon. wahhhh, langsung ngacay deh.... mau beli tapi kok sayang... hahahahha... pelitttt...
malemnya, begitu sampai rumah, browsing resep. dapat resepnya mba ine dw, anggota milis ncc. mba ine dw, ijin sharing resep-nya ya mba....


eh iya, sebelumnya, menurut http://en.wikipedia.org/wiki/Cinnamon_roll, A cinnamon roll (also cinnamon bun, cinnamon swirl and cinnamon snail[citation needed]) is a sweet roll served commonly in Northern Europe and North America. It consists of a rolled sheet of yeast-leavened dough onto which a cinnamonand sugar mixture (and raisins or chopped grapes in some cases) is sprinkled over a thin coat of butter. The dough is then rolled, cut into individual portions, and baked. This construction method is used because it would be impossible to mix in cinnamon flavor into the dough, as it would kill the yeast. In North America, cinnamon rolls are frequently topped with icing (often confectioner's sugar based) or glaze of some sort. In northern Europe, nib sugar is often used instead of icing.

In Sweden, the country of its presumed origin, the cinnamon roll takes the name ofkanelbulle (literally: "cinnamon bun") and October 4 has more recently started to be promoted as "kanelbullens dag" (Cinnamon roll day).[1] [2] A German variety originating in Hamburg and its surroundings is the Franzbrötchen.The size of a cinnamon roll varies from place to place, but many vendors supply a smaller size about 5 centimetres (2.0 in) in diameter and a larger size about 10 centimetres (3.9 in) to a side. The largest variety can be found in Finland, calledKorvapuusti, where it can be up to 20 centimetres (7.9 in) in diameter and weighing 200 grams (7.1 oz)



Kalau ngeliat gambarnya, yang aku buat mirip seperti A Norwegian skillingsbolle. cmiiw yaaa
ini dia resepnya...


Cinnamon Roll
by Ine DW


Bahan :
300 gr Tepung Terigu -> aku pakai terigu all purpose aka segitiga biru. adonan agak lengket jadi, sambil diadonin pakai tangan, aku tabur tepung di tempat aku ngadonin.
1 butir telur
100 cc susu cair dan 50 air hangat
50 gr gula pasir
50 gr margarine+butter -> aku margarin aja
1 bungkus Fermipan
1/4 sdt bread improver -> aku skip
garam -> aku 1/4 sdt


Bahan isi:
50 gr margarine
50 gr gula palem
100 gr kismis -> aku ganti sama choco chip dan meises
50 gr kenari cincang -> aku skip
1 st kayu manis bubuk


Cara Membuat:
1. Campurkan terigu, garam dan Fermipan
2. Tuang air dan susu sedikit sedikit, lalu tuang gula pasir dan telur
3. Terakhir margarine
4. Uleni sampai adonan tidak melekat di tangan, diamkan selama 1 jam
5. Sementara itu, adonan isi di buat, yaitu kocok margarine dan gula palem sampai rata.
6. Gilas adonan setebal 1/2 cm. Olesi dengan margarine kocok tsb, sampai seluruh permukaan tertutup rata.
7. Taburi dengan 100 gr kismis dan 50 gr kenari, terakhir taburi dengan bubuk kayu manis, gulung padat padat, lalu potongi 1 1/2 cm.
8. taruh di atas loyang dengan jarak 1 cm. Biarkan mengembang dan saling rapat. (versiku, taruh di loyang beri jarak spy tidak berdempetan atau malah di taruh di loyang muffin)
9. olesi dengan telur, panggang selama 20-30 menit. -> aku lupaaaaa


Begitu mateng, aku langsung nyoba. enakkkk... lembut banget. enakkkkk.... oh iya, sebagian adonan aku masukin freezer. Kebetulan, malam ini anak2 sama suamiku bulu tangkis. pulang bulu tangkis, aku oven sebagian. dan langsung abis dalam sekejap....
oh iya, percobaan kedua, aku buat roti ini, aku ubah terigunya. terigunya aku pakai 1/2 terigu protein tinggi dan 1/2 lagi aku pakai terigu serbaguna. dan hasilnya..... lebih empukkkkk....

No comments:

Post a Comment