Sunday, December 2, 2012

Donat Tape by Jenie Tjahja

Membuat donat tape resep dari Bu Fat ini membuka kenangan lama. *lebay.com* hihihi... Waktu Bu Fat baru posting resep ini, sbg penggemar berat tape lgs kesengsem pengeeeen banget makannya. (Makasiih Bu Fat)
Saat itu belum punya BM, tambah lagi sedang hamil 7 bulan. Hadeuuh.. Setelah mencoba untuk tidak memikirkan si resep donat tape itu tapi akhirnya nekad juga buat donat ini dengan LG. Alamaaak , keringat bercucuran, dengan pelbagai gaya nguleni adonan. Dari dibanting dari atas kursi ke lantai, pukul2, gilas2, akhirnya perut kram. Terpaksa sebelum kalis udahan aja deh. Tetep jadi juga waktu itu cuma bentuknya ga keruan krn lengket. Tapi tetep maknyuss!! Empuk, kalau menurut saya lbh empuuuk drpd donat kentang lhoo
Akhirnya keesokannya karena suami kesiaan liat bumil nguleni adonan donat, dibeliinlah BM-ku yg pertama. Biarpun yg ekonomis tapi merupakan harta karun kesayanganku diantara tumpukan peralatan perang didapur. Hehehe ..sekian curhatnyaa.. Yuk diliat lagi resepnya..

Donat Tape
Resep: Ibu Fatmah Bahalwan

Bahan A:
400 gr    tepung terigu protein tinggi
100 gr    tepung terigu protein sedang
11 gr      ragi instan
40 gr      gula pasir
20 gr      susu bubuk
½ sdt     baking powder double acting

Bahan B:
200 gr    tape singkong, haluskan
1 btr       telur
175 ml   air dingin

Bahan C:
40 gr      mentega/margarin
1 sdt      garam

Bahan lain:
1 kg       untuk menggoreng
250 gr    gula donat untuk taburan

Cara membuatnya:
1.      Campur semua bahan A, aduk rata, masukkan bahan B, uleni hingga rata bergumpal-gumpal. Beri bahan C, uleni terus hingga kalis elastis.2.      Potong dan timbang adonan masing-masing 40gr, bulatkan. Diamkan selama 40 menit.3.      Panaskan minyak dalam wajan dengan api kecil. Lubangi bagian tengah tiap bulatan, goreng hingga berwarna kuning kecoklatan. Angkat, dinginkan.4.      Taburi dengan gula donat, atau beri topping sesuai selera.



Jen's corner

No comments:

Post a Comment