Thursday, November 15, 2012

Assorted Puff Pastry by Guntur Suradjie

Kepada : Ibu2 Host NCCBW & Handai Taulan NCCers sekalian ..
Ceritanya ingin menghabiskan stock pastry margarine - korsvet & terigu 'komachi' yang dulu sy bawa dari Jakarta jauh2 kan bawanya (sedang saya tinggal di Sumatra)  yang ada.. dan pas dengan acara week2 an yang lagi digelar.. :) jadi deehhh sekalian coba membuat 'pastry2-an' sendiri maklum selama ini jarang makan yang beginian, dikarenakan memang tempat tinggal saya tidak ada yang menjual kue macam begini... sekalian untuk 'ambil hati mertua' ,,,, hahaha .. karena mertua saya sangat suka kue jenis ini .. begitu selesai, sesi foto dan kirim deeh ke mertua.. begitu dibuka katanya 'waaahh... ini kue yang ibu suka..' haha ... sedikit terobati rasa capek menggiling adonan pastry ini .. terlebih sikecil juga menyukai nya ... :)
Langsung saja sy tuliskan resepnya disini .. Kali ini sy mencoba menggunakan resep dari Mbak Lucky.. thx to Mbak Lucky yang sudah banyak memberi saya masukan dan memberi pengarahan dalam belajar membuat Puff Pastry ini .. (ijin Copas resep nya ya Mbak.. hehehe...)
Bahan :
- 550 gr Terigu Protein Tinggi (sy pakai Komachi)
-  50 gr Gula Pasir
-  10 gr Garam
-  11 gr Ragi Instant
-   1 btr Telur Utuh
- 200 cc Air + Es Batu
-  50 gr Mentega

- 250 gr Korsvet (Sy pakai merk Danish, MurMer)
Cara :
1. Campur terigu, gula, garam, dan ragi instant jadi satu, aduk rata. masukkan telur dan tuangi air sedikit demi sedikit sampai menjadi adonan yang kalis (masuk air jangan sekaligus, karena masing2 terigu berbeda tingkat kelembabannya).
2. Tambahkan mentega, aduk sampai kalis - halus.
3. Setelah adonan licin, simpan sebentar dalam freazer +/- 15 menit.
4. Giling tipis adonan, beri korsvet. lipat 3x single. setiap kali habis melipat adonan diistirahatkan terlebih dahulu di dalam freazer.
5.Potong dan bentuk adonan sesuai selera. Tunda sampai mengembang (+/- 35 menit, tergantung cuaca juga).
6. Sebelum dipanggang, adonan disemprot air terlebih dahulu dan dipoles dengan telur+1sm susu cair. beri isian vla (pakai vla instant) dan buah kaleng (untuk danish) untuk model 'Keong' tidak usah (saya tabur gula saja).
7. Panggang dengan panas api 180 C sampai matang (besar kecil adonan juga mempengaruhi lama waktu yang dibutuhkan untuk memanggang).
8. Setelah matang, poles dengan Jelly Glaze supaya mengkilap (yang biasa digunakan untuk moles buah itu) karena dirumah tidak ada jelly glaze, sy pakai madu sajah..(hasil kurang mengkilap dan keenceran -mohon dimaafken..)
Salam,
Gunz
Note : kalo fotonya kurang bagus mohon dimaklumin ya.. karena belom sempet belajar motret ama Mbak Riana..motonya juga pakai HP dengan peralatan yg sederhana.. ga ada perabotan yg mendukung... (sedihnyaaa... sapa yg mau nyumbangin sy perabotan-perlengkapan untuk motoooo..Japri Yaaa... Hihihi...)

No comments:

Post a Comment