Thursday, November 15, 2012

Danish Jeruk Kapulaga by Amy Pangestu

Weekend ini sangat spesial bagi kami. Bukan karena mau pergi liburan, sih.. Namun karena suami saya ulang tahun *yay* Musim hujan begini kami malas keluar, jadilah nyetok makanan dan dvd untuk hibernasi.

Ulang tahun itu identik dengan cake. Sayangnya butuh waktu lama bagi kami bertiga untuk menghabiskan 1 loyang cake. Akhirnya mikir-mikir mau buat apa yang spesial untuk suami tapi bisa habis cepat tapi yang saya dan anak saya juga doyan. Hahaha… ini niat ga sih mau kasi makanan ultah:p

Karena mau bikin taco sama chilli untuk weekend, saya browsinglah resep2 makanan meksiko. Eh, malah ketemu resep Danish yang lain dari biasanya di : http://whatscookingmexico.com/2008/06/29/danish-braid/
Sebenarnya saya agak ragu untuk bikin danish sendiri karena banyaknya butter yang digunakan, namun bahan2nya menarik sekali. Ya udah deh secara bahannya ada semua di dapur, melengganglah ke dapur.  Nah, dari dulu saya selalu penasaran dengan adonan pastry yang tepungnya dicampur tepung whole wheat. Ada kesempatan juga nih untuk mencobanya. Fillingnya boleh sesuka hati. Saya pakai filling pastry cream ekspress andalan yang cepat dan tak butuh butter *thank God* dari app The Video Cooking di iTunes serta ceri hitam.

Yuk, tengok resepnya :

I.Untuk adonan
2 1/4 cup tepung segitiga
1 cup tepung whole wheat

2 ½ tsp instant yeast
½  cup low fat milk
1/3  cup gula
Zest dari 1 jeruk
5 kapulaga putih, kupas dan tumbuk halus bijinya

1 ½ teaspoons vanilla extract
1 vanilla bean, belah dan ambil bijinya
2 telur
¼ cup air jeruk peras; jangan diberi gula
1 tsp garam

II. Untuk butter block 

230 gr unsalted butter
1/4 cup tepung segitiga

III. Untuk Pastry Cream
300ml susu low fat
2 kuning telur
75gr gula
½ tsp vanilla extract
30 gr tepung

I. Cara membuat adonan
-Campur telur, air jeruk, susu, vanilla, kapulaga, gula, aduk rata.
-Di tempat terpisah campurkan tepung, ragi, garam
-Pelan2 campurkan cairan dengan bahan kering, adul, uleni dengan tangan kurang lebih 5-7 menit. Bila masih terasa agak lengket silahkan tambahkan tepung namun tidak terlalu banyak atau adonan akan keras.
-Taruh adonan di Loyang yang telah ditabur tepung dan tutp dengan plastic. Masukkan lemari es selama 30 menit.
II. Cara membuat butter block
-Campur semua bahan dan kocok hingga tak ada gumpalan tepung. Simpan dalam suhu ruang namun jaga agar tidak cair.

***Cara menggabungkan adonan dan butter block
-taburi tepung alas/meja yang akan digunakan untuk menggilas adonan. Gilas adonan hingga ukuran 18 x 13 inches. Sebaiknya sediakan penggaris.
-Ratakan butter block pada 2/3 bagian yang lebar dari adonan yang telah digilas. Lipat seperti melipat amplop dan semua bagian terkena butter. Masukkan lemari es 30 menit.
-Setelah 30 menit, keluarkan adonan. Putar adonan sehingga bagian yang terbuka ada di kiri dan kanan kita. Ulangi lipatan ala amplop seperti sebelumnya dan masukkan dalam lemari es 30 menit lagi
-Setelah 30 menit, Ulangi langkah lipat amplop hingga 3 kali lagi. Sesudah itu isirahatkan dalam lemari es semalaman.

III. Cara membuat Pastry Cream
-Panaskan susu dengan api kecil.
-Aduk gula dan kuning telur hinga rata, tambahkan tepung sedikit demi sedikit dan aduk hingga rata.
-Ambil sedikit susu dan aduk rata dengan campuran telur.
-Masukkan campuran telur susu ke dalam panci susu.
-Aduk hingga kental. Simpan dalam lemari es. Jangan lupa tekan plastic di atas pastry cream agar tidak terbentuk lapisan “kulit”

***Pada hari baking:
-Gilas adonan hingga ukuran 15x20 inch. Pada bagian yang lebar (yang 15 inch) bagi tiga bagian dengan penggaris, yakni 5-5-5. Buat sayatan pada kiri dan kanan selebar 1 inch.
-Oleskan bagian tengah dengan pastry cream dan taburi ceri hitam.
-Bentuk kepang dengan “menjalin” bagian kanan dan kiri,
-Biarkan adonan mengembang selama 1 jam
-Oleskan kocokan telur diatas Danish dan panggan dalam oven 200C selama 10 menit dan kurangi suhu hingga 175C kemudian panggang lagi selama 20 menit.

Duh Duh Duh..
Wanginyaaa......

Sesaat setelah Danishnya keluar langsung ambil gula halus, campur dengan sisa air jeruk untuk glazing si Danish. 

Heaven!

Memang adonannya agak susah di-handle karena efek ketemunya si susu dengan air jeruk kan jadi buttermilk. Tapi ini benar2 pastry yang amat-amat super duper spesial. Mungkin bila akan buat lagi, saya akan balik jumlah tepung segitiganya sama si whole wheat. Saran saya cuma satu; Gunakan bahan-bahan asli. Tumbuk kapulaganya sendiri, peras jeruknya, gunakan vanilla bean, dan gunakan butter. Bukan mentega atau korsvet dll. Karena gabungan bahan-bahan alami tersebut akan menghasilkan citarasa dan aroma yang benar-benar luar biasa. Bahkan warna hasil akhirnya pun kuning cantik dengan bintik2 vanilla bean dimana-mana. 

Salam Danish,
@amypangestu

No comments:

Post a Comment