Sunday, November 18, 2012

Donat Kentang by Nia Srijadhie


Dear host ncc bread week, saya mau laporan nih.... :D

Laporan pertama, aku mau laporan donat kentang. Menurut http://id.wikipedia.org/wiki/DonatDonat (doughnuts atau donut) adalah penganan yang digoreng, dibuat dari adonantepung terigugulatelur dan mentega. Donat yang paling umum adalah donat berbentukcincin dengan lubang di tengah dan donat berbentuk bundar dengan isi yang rasanya manis, seperti berbagai jenis selaijellykrim, dan custard.
Asal-usul donat sering menjadi sumber perdebatan. Salah satu teori mengatakan donat dibawa ke Amerika Utara oleh imigran dariBelanda yang juga memopulerkan hidangan penutup lain, seperti: kue keringpai krim (cream pie) dan pai buah (cobbler).
Cerita lain mengatakan donat berbentuk cincin diciptakan kapten kapal asal Denmark bernama Hanson Gregory. Sang kapten sering harus menyetir kapal dengan kedua belah tangan karena kapal sering dilanda badai. Kue gorengan yang dimakan ketika sedang menyetir ditusukkan ke roda kemudi kapal, sehingga kue menjadi bolong. Kebetulan bagian tengah kue juga sering belum matang, sehingga donat sengaja dibuat berlubang di tengah agar permukaan donat yang terkena minyak bertambah dan donat cepat matang.
Di Indonesia sendiri, pada tahun 1968, stan American Donut di Djakarta Fair (sekarang disebut Pekan Raya Jakarta) merupakan perintis donat yang digoreng dengan mesin otomatis. Sejak itu, American Donut memiliki tradisi tahunan membuka stan di Pekan Raya Jakarta hingga sekarang. 

Pertama kali nyoba resep donat... ya resepnya bu fatmah. donat kentangnya enak bangettt.... empukkkk...
trus, dapat masukan pas latbar roti di ncc bogor, kata mba sylvie, donatnya setelah dikukus, langsung diblender. dijamin halussss banget dan gak bergerindil.... apa yah bahasa indonesianya?




resep aslinya ada disini yahhhh: http://www.ncc-indonesia.com/detail.php?aid=280

oh iya, bu fat, punten yahhh... resepnya ada yg aku modif.... dikit ajah....

Donat Kentang
by Fatmah Bahalwan

Bahan:500 gr   tepung terigu protein tinggi -> aku 450 gr tp terigu protein tinggi + 50 gr whip cream bubuk
50 gr     susu bubuk
11 gr     ragi instant
200 gr   kentang, kukus, haluskan dan dinginkan -> aku, setelah dikukus, langsung blender. dinginkan
100 gr   gula psir
75 gr     mentega
½ sdt    garam
4 btr      kuning telur
100 ml   air dingin -> aku ganti sama susu cair

Cara membuatnya:
  1. Dalam wadah, campur tepung terigu, whip cream bubuk, gula, susu bubuk, ragi instant, aduk rata, masukkan kentang halus ,tuang telur dan susu, uleni hingga rata dan setengah kalis.
  2. Beri mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Istirahatkan 15 menit.
  3. Bagi adonan, masing-masing 30 gr, bulatkan. Diamkan 20 menit, hingga mengembang.
  4. Lubangi tengahnya, menjadi bentuk donat, segera goreng sampai kuning kecoklatan.
  5. Angkat, tiriskan. Taburi gula donat.

Kalau aku, suka di frozen sebagian. jadi setelah dibagi adonan seberat yang diinginkan, dibentuk bulat, langsung disimpan di freezer. oh iya, kalau bisa, satu sama lain tidak menempel. dipisahin yaaa. bisa juga tiap donat dipisahkan oleh plastik. biar aman sentosa.... hahahaha.... tips ini aku dapet dari milis ncc.

tapiiii, biasanya 3 hari juga udah abis tuh donat. gak bertahan lama deh :P. eh iya, kebetulan, kemarin mama sama papa main ke rumah. sisa 6 donat frozen. aku keluarin, didiamkan sampai suhu ruang trus goreng deh. kata mama, enakkkk dan walaupun di frozen tidak merubah rasa donatnya. yayyyy....
makasih ya bu fat buat resepnya...

Demikian laporannya....
makasih untuk host2 yang udah mau nerima laporan akyuuu...
salam,

Nia-Bogor

No comments:

Post a Comment