Monday, November 26, 2012

Donat kentang Gondrong by Elis Muchlisah

Met Malem Minggu peri rutiiiii....

Sore-sore dingin abis ujan seharian, si sulung merengek minta dibikinin donat kentang kesukaannya plus request donatnya pake meisis yang buanyaaaak katanya...haduh...untungnya cek persediaan masih banyak, bahan-bahan juga lengkap semua, kentang kukus masih ada di freezer...mulailah mengeksekusi ditemani dua bidadari kecilku...


Resepnya aku ambil dari resep donat kentang bu Fat cuma aku modif sedikit disesuaikan sama persediaan di dapur karena ujan jadi gak bisa keluar rumah.


Ini nih resepnya yang udah kemashur itu aku copas lagi yaaa...


Donat Kentang

Sumber : NCC
Little modify by me

Bahan:

500 gr   tepung terigu protein tinggi
50 gr     susu bubuk
11 gr     ragi instant
200 gr   kentang, kukus, haluskan dan dinginkan
100 gr   gula pasir (aku pake gula halus)
75 gr     mentega (aku pake blueband cake n cookies)
½ sdt    garam
4 btr      kuning telur
100 ml   air dingin(aku pake susu dingin)

Cara membuatnya:


Dalam wadah, campur tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instant, aduk rata, masukkan kentang halus ,tuang telur dan air dingin, uleni hingga rata dan setengah kalis.

Beri mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Istirahatkan 15 menit.
Bagi adonan, masing-masing 20 gr, bulatkan. Diamkan 20 menit, hingga mengembang.
segera goreng sampai kuning kecoklatan.
Angkat, tiriskan.hias dengan coklat (aku pake whipcream yang dikocok, donat yang sudah didinginkan di celupkan ke dlm whipcream kemudian digulingkan diatas meisis).

Aku sengaja ngulenin donat ini pake LG itung-itung nostalgia deh jadi sementara BM nya istirahat dulu....Oiya..kenapa resep ini aku namain donat kentang gondrong karena permintaan anak-anak meisis yang hampir-hampir menuhin donatnya makanya mereka namain donat gondrong...ada-ada aja deh..





Resep ini sudah teruji deh pokoknya, lembut dan empuuuuuk banget walaupun bikinnya tadi siang sampe malem gini masih uenak. Thanks to bu fat atas resepnya. Makin sayang deh sama milis ini.

Peyuuuuuk...peyuuuuuk...

elis

No comments:

Post a Comment