Wednesday, November 28, 2012

Homemade Pizza by Juliana


Hai trio peri roti ;)
Saya mau laporan yang ke-2 (yang pertama Roti Sosis). Hari ini anak saya ribut "mami mami, bikin pizza ya hari ini..." Jadi ingat dengan homemade pizzanya mbak Rina Rinso yang seliweran di laporan breadweek, akhirnya saya coba d untuk pertama kalinya bikin dough pizza sendiri (biasanya beli yang siap pakai di supermarket. Hehehe..).
Setelah jadi, wow tenyata tidak susah ya bikin pizza. Dan roti pizzanya lebih enak dibanding yang siap pakai. Anak saya (3 tahun) makan sendiri pizzanya dengan lahap. Hihi..


Berikut resepnya :

Soft Dough Pizza (Rina Rinso)
Bahan :
350 gr terigu protein tinggi (saya pakai tepung K2)
15 gr gula pasir
5 gr ragi instan
20 gr susu bubuk
200 ml air es
50 gr mentega putih (saya pakai Blueband)
1 sdt garam

Cara membuat :
- Campur semua bahan kecuali air dan garam. Kemudian masukkan air sedikit demi   sedikit sambil diuleni sampai kalis. Setelah kalis diamkan sampai adonan mengembang 2 kali.
- Setelah mengembang kempiskan adonan, kemudian bagi adonan menjadi 3 bagian. Bulatkan adonan dan diamkan 10 menit.
- Setelah didiamkan 10 menit tipiskan adonan dengan cara digiling. Kemudian tusuk-tusuk dengan garpu.
- Setelah itu diamkan 30 menit sampai mengembang.
- Oven dengan api bawah suhu 190 derajat selama 8 menit sampai roti setengah matang.
- Oleskan bagian atas roti dengan saus pizza (saya pakai saus tomat + daun oregano), taburi topping (pizza yang satu saya pakai sosis dan smoked beef, pizza satu lagi pakai sosis, smoked beef, chicken stick, dan paprika hijau) dan taburi dengan keju mozzarela parut (saya pakai quick melt + parutan cheddar).
- Oven lagi selama 10 menit sampai matang.

Salam Pizza,
Juliana

No comments:

Post a Comment