Wednesday, November 21, 2012

Homemade Pizza by Wind

Dear host..

Akhirnya, ikutan juga deh dalam sebuah week-week an. Iyak betul memang tidak pernah ikut sama sekali. Bener-bener tidak mau ketinggalan setelah kemarin Rainbow Week sempet bikin tapi nggak sempet nyetor.. :(

Pas banget sama pengen nge-roti, ada breadweek. Akhirnya liburan long weekend kemarin menyempatkan mengeksekusi beberapa resep dan salah satunya adalah Pizza ini, yang berkiblat pada resep mba Rina Rinso di sini. 
Berikut resep lengkapnya : 

Soft Dough Pizza


Bahan :
350 gr terigu protein tinggi - Cakra kembar Bogasari misalnya.
15 gr gula pasir
5 gr ragi instan
20 gr susu bubuk
200 ml air es
50 gr mentega putih - aku  pake blueband tetep
1 sdt garam.

Cara membuat :

  1. Campur semua bahan kecuali air dan garam. Kemudian masukkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis.
  2. Setelah kalis siamkan sampai adonan mengembang 2 kali.
  3. Setelah mengembang kempiskan adonan, kemudian bagi adonan menjadi 3 bagian. Bulatkan adonan dan diamkan 10 menit. - aku : windy- bagi jadi 4 bagian adonan.
  4. Setelah didiamkan 10 menit tipiskan adonan dengan cara digiling. Kemudian tusuk-tusuk dengan garpu. Seharusnya bagian tepi adonan lebih tebal, tetapi aku kemarin rata aja semuanya.- yang ini sama deh. hihih..
  5. Setelah itu diamkan 30 menit sampai mengembang.
  6. Oven dengan api bawah suhu 190 derajat selama 8 menit sampai roti setengah matang.
  7. Oleskan bagian atas roti dengan saus pizza (aku kemarin pakai aus bolognaise sisa saus spaghetti), -windy pake saos bolognaise - taburi dengan topping sesuka hati (kemarin aku pakai bawang bombay, paprika hijau,, merah, kuning, jagung  manis, dan jamur serta tuna kaleng) dan taburi dengan keju mozzarela iris dan ditaburi lagi sama keju cheddar parut biar tambah mangstab.
  8. Oven lagi selama 10 menit sampai matang.

Dan Alhamdulillah.. disukai anak-anak.. lenyap dalam sekejab dan hanya tersisa 3 piece saja, sengaja disita emaknya untuk korban pemotretan...  Oiya yang ini nguleninya pake LG aja.. 

Fotonya terlampir, smuga tidak overkuota yak.
Terima kasih, sekian laporan dari saya.. 
selamat malaam...

wind

No comments:

Post a Comment