Wednesday, November 28, 2012

Indonesian Sweet Spicy Herbed Grissini by Trinitati Saragih

Hello again NCC Breadweek Hosts,
Hello NCCers,

Senang sekali bisa share lagi di ajang breadweek ini. 

Resep ini muncul dari pencerahan setelah selesai eksekusi resep Spicy Herbed Bread Stick dari The Bread Bible. Saya terpikir, Grissini ala Indonesia? Kenapa ngga ya? Pasalnya, sewaktu saya eksekusi resep Grissini-nya Rose Levi Beranbaum itu, saya perhatikan bentuk dan hasil akhirnya. Saya pikir resep ini bisa dimodif dan aplikasi ke kue bawangnya Indonesia. Secara setelah makan Grissini dengan bumbu-bumbu khas Itali, saya pikir, lha pake herbalnya orang Indonesia aja, yang sudah sangat membudaya di setiap dapur kita, seperti cabe merah, bawang merah, bawang putih, daun seledri dan daun bawang. So, setelah selesai laporan grissini ke NCC BW, langsung deh saya eksekusi kedua dengan modifikasi resep Spicy Herbed Bread Stick-nya Rose Levi B. 

Hasilnya? Very nice. Kita punya grissini juga loh ternyata hehehe. Kue Bawang satu ini sudah diimprove menjadi grissini (bread stick), namun dengan selera cas (lebih ketara maksudnya:-) Indonesia. Semua proses pembuatannya sama dengan grissini yang saya eksekusi sebelumnya. Yang berbeda hanya herbal dan pembuatan biangnya. It tastes so much better and healthier.  Makanya saya mau bilang ini namanya Grissini-nya orang Indonesia.  Rasanya enak sekali, kriuk bangat, gurih, manis dan wadeuh pedessssnya kerasa bangat. Makannya itu bervolume jadi ga melempem di mulut. Karena itu sensasinya beda dengan makan kue bawang biasa yang digoreng. Oya, saya eksperimen juga, sebagian stick jg saya goreng. Hasilnya yang panggang memang lebih unggul. Plus lg krn no oily taste-nya itu, jd ga akan ada bau tengik dari minyak goreng yang mengendap seperti yang sering terjadi kalo bikin kue bawang. Less greasy, more healthy:-)

Bagi yang doyan kue bawang, resep ini boleh bangat loh. Saya jamin bakal ga mau lagi ngegoreng tu si kue bawang tapi panggang aja. Lebih sehat lagi. Saya unjukin foto si Grissini pedes manis ini ke temen, eh dia langsung order buat Jumat:-) Yaah tambah seneng deh. 

Indonesian Sweet Spicy Herbed Grissini (Modified from Rose Levi Beranbaum's The Bread Bible "Spicy Herbed Bread Stick")

Resep:
Biang Kue Bawang

Bawang  merah 200 gr
Bawang putih 70 gr
Cabe merah keriting 100 gr. Mau pake cabe rawit juga boleh loh.
Daun seledri 1/2 gr
Daun bawang 200 gr
Garam 1 sdm
Royco sapi 2 sachet (optional)
Gula pasir 250 gr
Margarine 2 sdm
Minyak goreng untuk menumis 250 gr

Cara membuat biang:
1. Iris-iris halus daun seledri dan daun bawang lalu sisihkan.
2. Haluskan bawang merah, bawang putih dan cabe merah. 
3. Panaskan wajan dan masukkan minyak goreng dan tambahkan 2 sdm margarine, setelah cukup panas, masukkan campuran bumbu cabe, bawang merah dan bawang putih. 
3. Setelah wangi, masukkan irisan seledri dan daun bawang. 
4. Terakhir masukkan gula, garam dan royco.
5. Aduk rata, kecilkan api kompor lalu biarkan bumbu mendidih. Setelah itu turunkan dan dinginkan.
Modifikasi resep dari Spicy Herbed Bread Stick 
Bahan:
Terigu protein tinggi 700 gr
Ragi instant 1sdt 
Air suhu ruang 1/2 cangkir 
Biang kue bawang 250 gr (biang kue bawang tidak semua dipakai, jadi bisa disimpan untuk pembuatan grissini selanjutnya)

Caranya: 
1. Campur tepung dengan ragi, lalu masukkan biang kue bawang. Campur tepung dengan sendok kayu. Saat mencampur, tambahkan air sedikit demi sedikit. Stop air ketika adonan sudah menyatu baik. Keluarkan adonan dari wadah, lalu uleni sehingga terbentuk sedikit gluten. Lakukan pengulenan selama 5 menit hingga adonan tercampur rata. 

2. Masukkan adonan ke dalam wadah trasparan yang punya tutup yang sudah dioles margarine dan diberi sedikit tepung agar adonan tidak lengket. Tutup dan biarkan di kulkas selama 6-12 jam. Setiap 2 jam saya kempiskan adonan.

3. Setelah 6-12 jam, keluarkan adonan, biarkan sejam disuhu ruang lalu giling dan bentuk stick panjang dengan memakai ampia. Bisa digiling sendiri dan dipotong tipis memanjang sesuai selera.

4. Letakkan stick di atas loyang yang sudah dialasi kertas roti.

5. Panggang dalam oven dengan suhu 225'C selama 12-16 menit. Stick matang setelah ujung-ujung stick terlihat terangkat dari alasnya. Keluarkan dari oven dan biarkan stick mengeras dan dingin di dalam loyang. Ingat jangan memanggang kelamaan, stick akan pahit.

6. Setelah selesai memanggang, matikan api. Tunggu suhu oven menurun di bawah 100' C lalu masukkan kembali stick tadi dan biarkan hingga benar-benar dingin.

7. Keluarkan dan masukkan dalam toples ato wadah kedap udara.

8. Grissini ala Indonesia siap disajikan. Pas banget untuk temen nonton TV or bersantai saat ngumpul bersama keluarga. 

Selamat mencoba.

Salam Grissini Enak,

Tati

No comments:

Post a Comment