Thursday, November 15, 2012

Pao Burger Ebi Katsu by Irma Ramli

Dear peri host NCCBW & all NCCers dimanapun berada :
Perkenankan saya untuk laporan lagi.

Gara-gara beberapa hari kemarin yang bersiliweran di milis ini untuk dilaporin di NCCBW itu adalah bakpao bakpao menul nan montok yang menggemaskan laksana pantat bayi, hadeuuhhh jadi akhirnya pengen bikin si pantat bayi itu juga ... upsss bakpao maksudnya.
Walaupun saya ngga temukan tepung khusus pao namun ngga bole ngga jadi bikin dong :p

Bolak balik arsip, buku resep, dan googling…. ‘n akhirnya memutuskan untuk bikin pao burger ini karena kesannya lucu hehehe ^_^

Untuk isiannya, saya mengambil versi gampil alias gampang ajah yaitu menggoreng  ebi katsu yang ada di lemari es karena ngebayangin isian burger-nya KFC yang kres kres dan renyah.
Ngga ada stok chicken katsu di rumah jadi yahh ebi katsu pun jadi.
Dan ternyata enakkk lohhh, recommended lah menurut yang ikut mencoba.

Dan againnn,  sekiranya tertarik untuk menengok maka ada beberapa photo yang sempat aku jepret saat bikin si pao dan post di blog aku di sini yaaa :
http://irmaramli.blogspot.com/2012/11/ncc-breadweekpart-2-pao-burgerebi-katsu.html
(hhhmmm...terjadi insiden kecil saat spiral mixer lepas dari body mixer saat mesin masih nyala hahaha padahal ngulenin-nya dikit doang ini karena ngga bikin satu resep full)
Nahhh hayuuuukkkk mari bikin teman-teman …

Berikut ini resepnya, semoga bermanfaat
J
Pao Burger
Sumber : 51 Resep Pilihan Roti & Pao by Team Sedap
Bahan Biang :
350 grm terigu protein rendah
1 ½ sdt (5 grm) ragi instant
10 grm gula pasir halus
200 grm air (saya pake air es)

Bahan :
200 grm terigu protein rendah
50 grm gula pasir halus
1 sdt (5 grm) baking powder
80 grm air
50 grm mentega putih (saya ngga ada mentega putih, saya ganti ama minyak goreng kelapa karena kalo margarine atau mentega akan buat warna pao jadi kuning)
½ sdt garam
1 sdm wijen hitam, yang sudah disangrai
Bahan Pelengkap :
Ebi Katsu (bole juga pake daging burger beli jadi atau bikin sendiri)
Keju Lembaran & Mayonnaise
Daun Selada, Tomat iris, & Timun iris

Cara Membuat :
1) Biang : Campur terigu, ragi, gula. Aduk rata.
2) Masukkan air sedikit sedikit. Uleni hingga kalis. Diamkan 1 jam sampai mengembang dua kali.
3) Setelah mengembang, campur biang dengan terigu, baking powder, gula, & sebagian air. Uleni hingga rata. Masukkan sisa air dan uleni hingga kalis.
4) Tambahkan mentega putih (saya pake minyak goreng), garam, & wijen hitam. Uleni hingga adonan elastis dan wijen tersebar merata.
5) Timbang adonan sesuai selera 9kalau di resep aslinya 30 gram), bentuk bulat, pipihkan sedikit. Letakkan diatas kertas pao. Diamkan 40 menit.
6) Kukus dengan api sedang selama 10 menit hingga matang.
7) Penyelesaian : belah  dua si pao (gunakan pisau bergerigi yaaa), lapisi dengan daun selada. Letakkan ebi katsu, keju lembaran, mayo, tomat, dan timun.
Siap disantap…. nyam nyam nyammm

Salam pao nan montok,
irma ramli

No comments:

Post a Comment