Tuesday, November 27, 2012

Roll Bread by Iin Sidharta

Dear Hosts & all..

mau ikutan setor yaa....
Aku dilanda baking blue yg lumayan panjang nih ceritanya, ditambah
lagi kebetulan kok event nya roti, yang aku belum dalami ilmunya,
makin jadi deh blue nya.... sampe sekitar minggu lalu kali yaa... baca
status mbak Vita di FB tentang cinnamon roll yang entah kenapa
'nyangkut' terus di kepala, sampe kebawa2 mimpi... hihihi.... jadi
pengen buat juga ceritanyaa...

Sempet browsing cari resep yang kira2 ok buat diicip, tapi ujung2nya
mentok di pernyataan "bisa pake resep roti manis apa aja", kalo gak
salah di blognya mbak Rosdaniar, jadi aku pake resep yg udah pernah
sukses kubuat aja deh... aku pake resep roti kasurnya mbak Fat.
Daan... mengingat anak2ku kayaknya gak bakal tertarik sama yg
cinnamon, jadi selain isian cinnamon, aku juga bikin varian isi keju &
coklat. Hasilnya... ini pendapat pribadi aja siih... kayaknya agak
terlalu 'enteng' yaa.. gak kayak cinnamon roll yg biasa di hotel2 buat
sarapan itu loohh.... dan terus terang aku gak tau kesalahannya di
mana... mohon masukan deh yaa... ini event ajang belajar bersama
kaan?? hehehe....

Ini resepnya yaa....


Resep Roll Bread
(originally Resep Roti Kasur by Fatmah Bahalwan)

Bahan:
500 gr terigu protein tinggi
100 gr gula
30 gr susu bubuk
11 gr ragi instan
3 kuning telur
250 ml air (aku pake susu cair, suhu ruang)
5 gr garam
100 gr margarin (aku pake butter)
1/2 sdt bread improver (aku skip)

Filling: susu kental manis, cinnamon bubuk, keju cheddar parut, mesyes coklat
Bahan olesan: 1 butir telur kocok lepas, 1 sdm air, 1/2 sdt garam

Cara:
1. Campur terigu, susu bubuk, gula, dan ragi instan, aduk rata
2. Tambahkan kuning telur & susu cair, uleni hingga rata & setengah kalis
3. Tambahkan garam & mentega, uleni hingga kalis elastis (aku pake
mixer bosch +/- 45 menit di tahap ini)
4. Bagi 3 adonan, bulatkan. Biarkan mengembang +/-15 menit
5. Gilas tipis masing2 adonan, olesi dengan susu kental manis, taburi
cinnamon bubuk/mesyes/keju parut, gulung, potong2 2cm, letakkan di
loyang yang sudah dipoles margarin. Biarkan mengembang +/- 30 menit
6. Olesi permukaan roti dengan bahan olesan, taburi lagi dengan bahan
isi yg sesuai
7. Panggang di oven 180oC hingga matang, +/- 20 menit
8. Olesi permukaan roti yg baru matang dengan butter, dinginkan,
simpan di wadah tertutup.

Semoga cukup layak buat dapet badge... hihihi.... makasih banyaaakk.... :)

No comments:

Post a Comment