Monday, November 12, 2012

Roti Kepang a la Mr. Icho

Hi Partners dan para host NCCBW yang terhormat:),

Akhirnya kesampaian juga praktek buat roti walau 2 hari belakangan PAM di daerah perumahan kami mati air dan menyusahkan hidup ribuan warga:( Thanks to PAM the major problems ya:(hiks..

Cerita dibalik layar:

Bermula dari penasaran cerita orang pembuat roti yang sering galau karena harus menguleni adonan dengan lengan kuat, maka aku jadi tertantang untuk mencobanya:) Apalagi pas ada event Bread Week NCC yang keren banget :) Searching berbagai resep roti mulai dari yang normal sampai abnormal, maka terpilih inspirasi dari blogspot budiboga (thanks ya Mas Budi). Dasar resep adalah roti sosisnya, tetapi akhir karyaku ya dari imajinasi nakal sang Icho sendiri:)hehe. SIlahkan dilihat resepnya ya dan semoga bisa jadi inspirasi juga buat teman2.




Roti Kepang Mr Icho
Bahan:
500 g tepung terigu tinggi protein
100 gula pasir
12 g ragi instan
100 g mentega/margarin
150 ml susu tawar cair
1 sdt bread improver/pengempuk roti/baker bonus
4 butir kuning
1 sdt garam halus
Olesan, aduk rata:
4 butir kuning telur
4 sdm susu tawar cair


Cara Membuat:
1. Campur tepung terigu dengan ragi instan, gula pasir, bread improver, kuning telur dan garam di dalam mangkuk mixer roti/mangkuk adonan. Jalankan mixer kecepatan 1 selama 2 menit. Tuang  susu tawar cair. Jalankan 2 menit, hentikan pengadukan dan tambahkan margarin/mentega. Aduk kembali selama 10 menit atau hingga terbentuk adonan yang kalis dan elastis.
2. Bulatkan adonan, letakan di dalam tempat tertutup dan hangat. Fermentasikan/diamkan selama 60 menit atau hingga adonan mengembang dua kali lipat. Kempeskan adonan, bagi masing-masing adonan menjadi potongan seberat 20 g. Bulat pipihkan memanjang, pasangkan per-tiga rangkaian untuk dibuat kepangan dan diamkan selama 10 menit.
3. Letakan adonan yang sudah dibentuk di atas loyang beroles margarin.  Fermentasikan kembali selama 45 menit. Olesi permukaanya dengan bahan olesan.
5. Panggang adonan di dalam oven bertemperatur 200 derajat celsius selama 25 menit atau hingga roti matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, dinginkan.
Untuk 10 buah 

Tip: 
Step 1 (pengadukan dengan mixer roti) bisa diganti dengan cara mengaduk dengan tangan. Metodenya diuleni dan dibanting-banting hingga adonan kalis.

salam roti,
Mr Icho

No comments:

Post a Comment