Thursday, November 15, 2012

Roti Manis a la Lelly

Selamat malaaamm ibu2 host..

Mo laporan nehh..


Sbenernya ini nggak ada istimewanya buat di laporin, karena resep yang aku gunain juga resepnya mbak rieni yang kmrn sempet heboh diomongin di milis sebelum event bread week dipukul gongnya, penasaran juga pengen nyoba...


Tapi sekarang lagi narsis tingkat tinggi, karena di adonan rotinya bisa ditulisin apa aja yg kita mau, jadi beneran keliatan kalo itu buatan tangan kita.. Kmrn sempet buat untuk isian goodiebags anakku ultah, jd supaya lebih personalized diatasnya ditulis nama anakku yang ulang tahun, lumayan bs buat alternatif isian selain cupcakes atau cookies.


Nahh.. Skrg krn sepupuku mau martupol (acara adat batak sebelum pernikahan) besok di Bandung, roti ini aku buat untuk bekal kita sarapan di jalan pas berangkat ke Bandung. Sekalian tulis aja diatasnya ucapan selamat. Hehehe...


Adonan buat tulisan diatasnya juga aku dapet hasil googling, punteenn yang ngerasa punya resep, tp maaff bgt, kelupaan itu blog nya siapa.. Tapi sekalian juga mau bilang makasih buat yang punya, karena akhirnya aku nemuin caranya gimana supaya bisa nulis diatasnya roti, soalnya kalo pake coklat, coklatnya jadi nempel kemana2 pas rotinya udah mateng.


aku cantumin lagi resep mbak rieni yaa (sekalian ijin nyontek ya mbak) Sekaligus resep adonan untuk tulisan diatasnya..


Maaf kalo laporannya kepanjangan...



Resep Roti Manis


Bahan :

500 gr terigu cakra
3 btr kuning telur
100 gr gula pasir
100 gr butter/margarine
250 cc susu cair
1 bks ragi instant (11 gr)
1 sdm susu bubuk
1/2 sdt garam

Caranya :

larutkan ragi dengan 2 sdm air hangat, tunggu sampai ragi mengembang lk 10 menit (cara ampuh untuk menghilangkan bau asem ragi pada roti).
bahan kering campur jadi satu kecuali garam, tambahkan bahan cair dan ragi yang sudah dilarutkan, uleni sampai kalis (pake mixer)
masukkan butter dan garam, uleni sampai elastis.
diamkan kurleb 30 menit.
potong/bagi adonan @ 30 gr (kalo aku lebih besar @ 50gr)
giling tipis, isi dengan filling keju, coklat atau apa aja deh sesuka hati, gulung, letakkan diloyang muffin/cupcake yang sudah dioles margarine, diamkan 60 menit (kalo aku, langsung aja aku taro di loyang bulat disusun).
oles dengan campuran kuning telur + susu cair.
panggang dengan suhu 180 (oven panasin dulu ya..), 10 menit rak bawah, 5 menit rak atas (aku nggak pake di rak atas).
angkat, panas2 oles butter/margarine (aku nggak oles butter/margarine lg).

Adonan untuk tulisan (diaplikasikan setelah roti dioles kuning telur+susu).


- 20 gr butter

- 20 gr gula halus
- 20 gr telur
- 20 gr terigu protein sedang/rendah
- 5 gr coklat bubuk
- vanilla essence (boleh di skip)

Langsung masukin ke plastik segitiga, potong sedikit ujung plastiknya untuk menulis, jgn terlalu banyak, krn nantinya adonan bisa jadi tebal dan mengakibatkan tulisan bleber ketika dioven.


Sekian dan terima kasih..


Lelly

No comments:

Post a Comment