Monday, November 26, 2012

Roti Sisir Kentang by Lisa Donna





Dear host nccbreadweek…

Izinkan saya ikutan nccbreadweek dengan menyetorkan Roti Sisir Kentang buatan saya.  Warga NCC sudah pada tau kan gimana enaknya donat kentang?  Nah…roti sisir yang saya buat ini ada penambahan kentang juga pada adonannya dan yang bikin istimewa adalah cairan yang dipakai bukan air atau susu cair biasa, tapi susu evaporated.  Kebayangkan gimana gurih dan wanginya roti yang satu ini.  Pada saat roti ini dipanggang harumnya kemana-mana dan rumah saya jadi seharum pabrik roti…. :-) Meski tanpa bread improver, bread softener….dll, roti ini sudah lembut kok....  Ini resepnya…



Roti Sisir Kentang
Sumber : Variasi Roti Lezat Dan Cantik 2 by Sedap

Bahan
400 gr tepung terigu protein tingi
200 gr kentang kukus, haluskan
2 sdt (6 gr) ragi instan
75 gr gula pasir
2 kuning telur
150 ml susu evaporated
75 gr margarine
1 sdt garam (saya pake cuma ½ sdt)
2 sdm susu evaporated untuk olesan
25 gr gula pasir kasar untuk taburan

Cara membuat:
1.    Campur tepung terigu, kentang, ragi dan gula pasir sampai rata.
2.    Tambahkan kuning telur dan susu evaporated sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis.
3.    Masukkan margarine dan garam.  Uleni sampai elastic.  Diamkan 30 menit.
4.    Kempiskan adonan.  Timbang masing-masing 25 gr.  Bulatkan.  Diamkan 10 menit.  Pipihkan, bentuk oval.
5.    Letakkan di loyang roti sisir (saya pake loyang brownies) yang sudah dioles dengan margarine.  Diamkan 90 menit sampai mengembang.  Oles dengan susu evaporated lalu taburi dengan gula pasir kasar.
6.    Oven 25 menit dengan suhu 190°C.


Saran pakar (dari buku)
Menuang susu ke dalam adonan roti sebaiknya sedikit-sedikitkarena kandungan air pada kentang berbeda-beda.  Bila menggunakan kentang yang kandungan airnya banyak, susu yang dibutuhkan tidak banyak (kurang dari 150 ml).

Salam,

Lisa Donna

No comments:

Post a Comment