Wednesday, November 28, 2012

Roti Sobek 3 Rasa by Nurul Alamiah

Dear peri roti
 
mau ikutan laporan roti demi badge yang keren punya.
ngga ada yang istimewa sih dari roti  ini.aku pakai resepnya mba Rieni
yang udah banyak diuji coba didapur teman teman NCC.Tapi ini pertama
kalinya aku bikin roti pakai tepung protein tinggi.biasanya cuma pakai
tepung serbaguna curah.harap maklum ya,soalnya aku tinggal
didusun,yang namanya tepung bermerek itu jarang ada.ternyata memang
lebih cepat elastis dan hasilnya lebih bagus seratnya.o iya,waktu
menguleni nya agak sedikit error.aku lupa masukin telurnya.pas udah
difermentasikan baru deh liat telur tiga biji ketutupan serbet.pantas
aja kok adonan ku kayak kekurangan air.berhubung adonan sudah kutambah
air jadi kumasukkan dua kuning telur aja.modal nekat diuleni lagi
sebentar,baru di fermentasi lagi.untung nya hasil nya tetap oke dan
rasanya enak banget.isiannya pakai mcc cincang,keju parut dan selai
blueberry.
 Berikut resepnya Mba Rieni


Bahan :


500 gr terigu cakra

3 btr kuning telur(aku pakai 2)
100 gr gula pasir
100 gr butter/margarine
250 cc susu cair(aku jadi sekitar 300 cc)
1 bks ragi instant (11 gr)
1 sdm susu bubuk
1/2 sdt garam

Caranya :


larutkan ragi dengan 2 sdm air hangat, tunggu sampai ragi mengembang

lk 10 menit (cara ampuh untuk menghilangkan bau asem ragi pada roti).
bahan kering campur jadi satu kecuali garam, tambahkan bahan cair dan
ragi yang sudah dilarutkan, uleni sampai kalis
masukkan butter dan garam, uleni sampai elastis.
diamkan kurleb 30 menit.
potong/bagi adonan @ 30 gr (kalo aku lebih besar @ 50gr)
giling tipis, isi dengan filling keju, coklat atau apa aja deh sesuka
hati, gulung, letakkan diloyang muffin/cupcake yang sudah dioles
margarine, diamkan 60 menit (kalo aku, langsung aja aku di loyang
tulban disusun).
oles dengan campuran kuning telur + susu cair.(aku pakai susu evaporated aja)
panggang dengan suhu 180 (oven panasin dulu ya..), 10 menit rak bawah,
5 menit rak atas (aku nggak dipindah).
angkat, panas2 oles butter/margarine

Terima kasih

No comments:

Post a Comment