Tuesday, November 27, 2012

Soboro a la Mei Djeng Kamto

Dear Host,
Selamat pagii...pagi yang indah dan cerah ceria...
Pagi ini saya kirimkan Soboro . Roti Soboro ini sangat terkenal di Korea. Soboro sendiri artinya adalah jelek, diberi nama begitu karena memang roti ini memiliki tampilan yang jelek heh eh ..tidak mulus seperti roti roti lain.
Roti ini cocok buat bekal sekolah atau bekal piknik, ataupun sebagai isian snack box. 
Resep roti nya saya saya pakai masih dengan menggunakan  resep roti ala saya he he dengan metode biang, sesuai kapasitas LG yang saya miliki.
Sedangkan toppingnya mencontek resep Sang Jin Ko dalam buku Rahasia Membuat Roti Sehat dan Lezat dengan Ragi Alami . Disini saya pakai ragi instant yaaa...he he .
Baru mau kirim posting ini ternyata sudah ada yang lain duluan yang posting Soboro heh e tapi nggak pa pa yaachh...udah kadung dibuat ini , dan versi saya ada tambahan serbuk kacang mete diatasnya 

O iya topping nya kita buat terlebih dahulu yaa...setelah itu baru buat biangnya ...percayalah nggak sulit kok.. Ini dia resep nya :
Topping Soboro ala Sang Jin Ko(Korea) :
25 gram margarin (saya pakai mentega/butter biar aroma nya lebih harummm)
75 gram gula pasir
½ butir telur (saya pakai 1 butir kuning telur ukuran kecil)
120 gram terigu protein sedang
1 gram garam
15 gram selai kacang (saya tambahkan kacang mete sangrai yang dihaluskan kira kira 1 sendok makan )
Bahan Roti :
Bahan I (Biang – siapkan kira kira 4  jam sebelumnya ) :
50 gram terigu protein tinggi
60 cc air
Ragi instant 1 sendok teh

Cara Pembuatan Biang :
Uleni dengan tangan  semua bahan didalam baskom, dan sisihkan / tutup dengan serbet
Bahan ke II :
Terigu protein tinggi kurang lebih 210 gram (tergantung cuaca)
Garam ¼ sendok teh
1 Kuning telur (ukuran besar)
Mentega 50 gram
Gula pasir 50 gram
Cara Pembuatan Roti  :
  1. Uleni semua bahan II dengan tangan  dan campurkan kedalam bahan I (bahan biang)
  2. Aduk semua hingga rata dan taburi terigu sedikit demi sedikit hingga kalis (diatas meja/marmer)
  3. Bulatkan adonan menyerupai kubah besar letakkan diatas loyang, dan biarkan mengembang beberapa saat (sekitar 30 menit)
  4. Kempiskan adonan dengan menggunakan rolling kayu
  5. Bagi adonan menjadi 8 bagian (kira kira beratnya masing masing sekitar 50 gram)
  6. Bulatkan adonan dan olesi bagian atasnya  dengan air matang
  7. Cocolkan pelan pelan bulatan roti pada topping yang telah dipersiapkan, rapikan agar tidak terlalu banyak topping yang tertinggal/jatuh di baskom
  8. Kembangkan lagi kira kira 20 menit
  9. Siap di oven dengan suhu sekitar 190 derajad celcius hingga matang (sektiar 25 menit)
  10. Panas panas olesi permukaan samping roti dengan mentega, dan siap disajikan
Rasanya uenakkkk banget ngett he he ...dari delapan roti yang jadi..hi hi dalam hitungan menit tinggal 1 biji  saja.....so buruannn cobain yaa resep ini dirumah masing masing biar gak ncesssss he hehe
Salam Soboro
Mei Djeng Kamto (Kediri)

No comments:

Post a Comment