Saturday, November 10, 2012

Soft Pretzel by Aisyah Velany

Soft Pretzels



Tadi malam, sambil baca email di milist NCC, nyari-nyari ide mau bikin apa untuk event NCC Bread Week =). Jadi inget waktu berkunjung ke rumah kakak di Bandung kami jalan-jalan ke Paris Van Java. Setelah cape window shopping jadi laper, bingung mau makan apa, liat toko Pretzel, wah, makan camilan dulu kali ya biar ga bingung lagi dan beneran loh jadi ga bingung lagi, hehehehehe.. Icip-icip rasa almond, ehhhh enak ya, manis, lembut, dan kenyal, keponakan juga suka banget =). Sambil nungguin Pretzel-nya selesai dipanggang, bisa liat cara ngebentuk Pretzel-nya, kayaknya siy gampang, hehehehehe..



Akhirnya diputuskan bikin Pretzel. Langsung semangat cari-cari resep dan ketemu yang ini http://www.cdkitchen.com/recipes/recs/352/Aunt_Annies_Soft_Pretzels13849.shtml. Penasaran, Aunt Annie siapa ya, hehehehehe.. Cari-cari lagi, tapi ketemunya Auntie Anne’s Pretzel yang ternyata adalah toko yang di Paris Van Java Bandung waktu itu, ada juga di beberapa mall di Jakarta. Terkenal juga ternyata di Amerika, wah, lumayan nambah informasi =)



Dari semalem mulai siap-siapin bahan, tadi pagi langsung bikin dengan riang gembira, ehhhh, ternyata setelah dicelup air hangat baking soda, bentuknya malah jadi berantakan leyot-leyot padahal tadinya bentuknya cantik-cantik, huhuhuhuhu… Akhirnya, caranya jadi tidak sesuai arahan resep, di buat panjang dulu, celup, baru dibentuk langsung di atas loyang yang sudah dialas kertas roti, cakep deh bentuknya =). Saya buat setengah resep, jadinya 7 buah @ 50gr. Berikut ini resepnya ya..






INGREDIENTS:

1 1/2 cup warm water (airnya tidak digunakan semuanya, disisain kurang dari ¼ cup, dan ternyata memang lembek adonannya. Jadi air tidak dihabiskan)

1 1/8 teaspoon active dry yeast

2 tablespoons brown sugar (saya pakai 25 gram brown sugar untuk ½ resep supaya manis, hasilnya juga jadi brown dan tidak putih)

1 1/8 teaspoon salt (saya pakai dikit aja, sejumput)

1 cup bread flour

3 cups regular flour

2 cups warm water

2 tablespoons baking soda

to taste coarse salt (tidak pakai, sebagai gantinya pakai gula pasir dan almond bubuk untuk taburan di atasnya)

4 tablespoons butter (melted, untuk olesan akhir setelah matang)



DIRECTIONS:

Sprinkle yeast on lukewarm water in mixing bowl; stir to dissolve. Add sugar, salt (saya masukkan bersamaan dengan terigu) and stir to dissolve; add flour and knead dough until smooth and elastic. Let rise at least 1/2 hour (karena pagi ini udara lumayan dingin habis hujan semalam, bowl-nya ditutup plastic wrap lalu ditutup lagi dengan bed cover agar hangat, hehehehehe).



While dough is rising, prepare a baking soda water bath with 2 cups warm water and 2 Tbsp baking soda. Be certain to stir often. After dough has risen, pinch off bits of dough and roll into a long rope* (about 1/2 inch or less thick) and shape. Dip pretzel in soda solution and place on greased baking sheet. Allow pretzels to rise again. Bake in 450 degrees F oven for about 10 minutes or until golden. Brush with melted butter and enjoy!. Nah ini dia, karena adonan saya coba bentuk dulu baru dicelup malah jadi berantakan leyot-leyot. Akhirnya dibentuk panjang dulu, baru dicelup, kemudian dibentuk langsung di atas loyang alas kertas roti, baru jadinya bagus. Setelah itu langsung ditaburi dengan gula pasir dan bubuk almond, baru kemudian dipanggang. Setelah matang, dioles dengan butter, yummmyyy, ga kalah rasanya sama yang di Bandung waktu itu =)

Terima kasih para host =)

1 comment:

  1. bukan terkenal di amrik kaka. tp emg store Auntie Annie dr sono

    ReplyDelete