Wednesday, November 21, 2012

White Bread alias Roti Tawar by Tati


Selamat Siang Para Host NCC Breadweek,
Selamat Siang Semua...:-)

Dear All, 
Tahun lalu bernatal di tempat mertua sungguh suatu sukacita. Walo uda gede, tetep dapet Xmas present hehehe. Thanks God balik ke Indo berbekal buku-buku bagus dan berbagai jenis baking and decorating tools yang menambah harta karunku. Di antara banyak blog ato website para master bakers yang bagus-bagus, blognya Rose Levi Beranbaum is my best favorite. Awalnya karena dulu sekitar dua tahun lalu, tanpa sengaja aku bertemu dengan gambar sederetan roti yang sungguh indah bak permata berkilauan. Saking indahnya, blog itu sampe sekarang tak pernah kulupa. Bread Heaven deh pokoknya. Ga percaya, klik disini. http://www.realbakingwithrose.com/2010/08/ kemudian Klik ke BREAD BIBLE PHOTO. Hehehe yang minat ngeklik, jangan sampe air liur keluar wkwkwkwkkkkk.

Beli buku-buku Rose tentunya mahal kalo order dari Indo. So, tanpa pikir satu kali:-), artinya ga mikir lagi (saking ngebetnya mau dapet bukunya) langsung tu duit dipindah tangan ke penerbit buku dan belanja-belenji wilton tools yg harganya jauh lebih murah, after xmas sale soalnya hehehe. Sekarang mereka setia menemaniku kapan saja. The Bread Bible is one of them.

Nah ceritanya saking berharganya tu buku, sampe sekarang belum satupun resep dari The Bread Bible aku pernah eksekusi. Semua sebatas baca-baca resep, baca seluk-beluk roti dan...tentunya menikmati gambar-gambar roti yang aduhai seksi di buku itu. Beneran ngeliat gambarnya aja bisa ngences loh hahaha saking keliatan lezatonya.

So, back to the kitchen, NCC Breadweek is the kick! BRAVO NCC BREADWEEK!!!  Thanks a lot buat para penggagas ajang ini. Sebabnya walo uda punya bukunya, masih aja rajin beli roti. Jujur setiap harus ambil roti di rak supermarket, ada rasa bersalah. Sampe detik kemaren, belum satu resep rotipun aku coba dari buku tercinta itu. Akhirnya... semangatku terbakar dengan postingan temen-temen dengan cerita menarik dan gambar-gambar roti yang cantik-cantik. Wuiiiiihhhhh dlm hati diriku berkata, kapan dong aku bikin?

Yup, hari Minggu kemaren, di tengah hujan turun dan anak-anak habis sakit. Aku tekad bulat sebulat kepingan uang logam tuk menaklukkan resep Rose Levi Beranbaum. Tak tanggung-tanggung aku sudah eksekusi 4 resep roti. Berhubung bahan-bahannya memang sudah tersedia.

Nah ini cerita yang pertama:
White Bread alias Roti Tawar


Resepnya seperti berikut:

Step 1: 
Dough Starter (Sponge)
Tepung protein tinggi 341 gr 
Air, suhu ruang 405gr
Madu 45 grm
Ragi Instant  2,4gr

Cara membuat sponge:
Campur menjadi satu tepung, air, madu dan ragi instant. Mikser hingga menjadi adonan yg sangat lembut, sekitar 2 menit. Ratakan adonan yang menempel di sisi mangkuk lalu tutup dengan cling wrap.

Step 2:
Tepung protein tinggi 311 gr
Susu bubuk 40 gr
Ragi instant 2,4gr
Garam 15 gr
Mentega 128 gr (suhu ruang)

Cara membuat Adonan
Campur rata tepung (sisakan 1/4 cangkir), susu bubuk, ragi instant. Setelah itu campuran ini dipercikkan ke atas sponge yang basah tadi hingga merata dan menutupi adonan yang basah. Tutup lg dengan cling wrap. Biarkan mengembang dalam suhu ruang selama 1-4 jam. (saya hanya sampai 1,5 jam). Setelah 1,5 jam sponge akan bergelembung dan terlihat memakan campuran tepung ragi dan susu yang diatasnya. 

Campur adonan dengan mentega dan percikkan garam sedikit demi sedikit. Karena aku sangat pengen tau gimana rasanya, jadilah adonan dikerjakan secara manual alias pake mesin LG hehehe tapi karena adonannya ga banyak, yaa ga sampe lah bikin lengan gagah. Enaknya dengan buku Rose Levi, dia kasi penjelasan yang sangat detail apa yang akan dilakuin kalo diadon pake mikser dan apa yang harus dilakuin kalo diadon pake tangan. 

Nah dengan tangan: Adonan diaduk pake centong kayu dulu lalu keluarkan dari wadah. kumpulkan dan tumpuk dan balik dengan ditekan pake telapak tangan seperti gerakan chef yang bikin roti hingga semua adonan melembut. Lakukan sekitar 5 menit hingga cukup membentuk jaringan gluten pada adonan sambil perciki tepung yang sudah disisihkan tadi apabila adonan terasa lengket. Tumpuk lagi adonan lalu istirahatkan selama 20 menit. Setlah 20 menit, adonan diaduk terus hingga sangat lembut dan elastis. Ini yang disebut tahap kalis.

Masukkan adonan ke dalam container yang cukup besar, olesi container dengan margarin supaya tidak lengket. Tutup adonan dan istirahatkan selama 1.5 - 2 jam hingga ukurannya double. Metode Rose ini, supaya bisa tau itu adonan roti sudah double, caranya di containernya ditandai dgn garis saat adonan roti belum diistirahatkan lalu garis lagi dimana di bagian container kalo roti sudah mencapai ukuran dua kali lipat.

Setelah itu, bentuk adonan persegi panjang menyerupai loyang rotinya. Tekan-tekan roti dengan ujung jari tangan untuk mengeluarkan udara. Ratakan lalu lipat ke kiri dan ke kanan. Setelah itu lipat lagi dari belakang ke depan dan depan ke belakang, lalu adonan digulung dan pertemuan lipatan adonan ditaruh di bagian bawah. letakkan adonan dalam loyangnya. 

Istirahatkan lagi selama 1.5 - 2 jam.

Sementara itu panaskan oven hingga 350'F (180'C). Oles roti dengan olesan. Saya pakai 1 butir telur dan 2 sdm air. Lalu taburi  quacker oatmeal diatasnya. Panggang roti hingga matang. Setengah jalan, balikkan loyang supaya warna roti merata. Roti matang apabila ditusuk tidak ada lagi adonan yang lengket. Satu resep ini saya hanya pake 1 adonan roti yang tinggi pake tutup. Tapi waktu dipanggang tutupnya saya ga pake.


Angkat roti. Sapu permukaan dengan melted butter. Iris roti setelah dingin.  

Saat dimakan rotinya ga manis. Ini roti cukup lembut, bervolume jadi ga kempes gitu kayak kebanyakan roti tawar kalo diteken kempes. Pas deh buat sandwich, isian daging sayur ato peanut butter n jam. Kenyang makan satu iris pake sele kacang:-)

NCC Breadwewek host, sekian laporan WHITE BREAD ini. Sorry ya kalo ceritanya sdikit panjang hehehe. Oya, aku pikir untuk bikin kedua kali aku mau tambahin sedikit gula supaya ada manis sedikit. jadi dimakan tanpa apapun akan lebih enak. Dari semua saya pikir ini roti sehat sekali ya. Raginya juga cuman dikit. Jadi ga akan gassy bangat buat orang yang maagnya sensitif.

Cheers,

Tati
Homemade Cup'cakes and Pies

No comments:

Post a Comment