Wednesday, December 5, 2012

Anadama Bread by Afifah Ine

Salam kenal Trio Hosts Bread Week, jg semua NCCers & terutama untuk Bu Fatmah dan Pak Wisnu.
Karena blm bisa ketemu langsung jd kenalan lewat online dulu ya.

Sbg abg yg baru belajar, sebenarnya ragu mau ikutan bread week krn baru bbrp kali bikin roti itupun hasilnya roti jadi-jadian alias ada yg enak dimakan tp bentuk & penampilan rotinya nggak spt yg diharapkan atau sebaliknya…hehe.

Tp krn setiap hari baca milis, selain tambah ilmu jg jadi tergugah & termotivasi utk ikutan. Lgpl saya pikir bgmn mau tambah mengerti kalau nggak dipraktekkan.

Resepnya saya ambil dari buku karya Peter Reinhart yg baru selesai saya baca.  Konon, nama roti ini berasal dari seorang suami yg marah bukan saja karena ditinggalkan oleh istrinya tapi karena istrinya pergi dengan hanya meninggalkan semangkuk cornmeal & sedikit molasses.

Suami yg marah itu kemudian mencampur cornmeal & molasses tsb dengan ragi & tepung sembari berucap, “Anna, damn ‘er!” Oleh penduduk Yankees setempat diucapkan dengan lebih sopan shg menjadi Anadama :) 

Dlm resep ini, Peter menggunakan soaker (cornmeal yg direndam semalaman) & adonan biang krn diyakini dpt menghasilkan lbh banyak rasa dr gula alami jagung yg ‘terperangkap’ di dalam kanji berbasis karbohidrat kompleks.

Saya pilih resep ini karena ingin mencoba variasi lain roti tawar apalagi keluarga di rumah memang sering mengkonsumsi roti tawar. Tidak ada yg saya rubah dr resep krn memang blm pernah membuat & makan roti ini jd nggak tahu apa ada yg hrs dirubah…:)
Saya hanya buat ½ resep saja & krn mempersiapkan bahan2nya sambil mengurus anak yg lg nangis, sepertinya takarannya ada yg kurang tepat deh krn lg kosentrasi memasukkan takaran sering dpt interupsi dr anak balitaku.
 




Anadama Bread          
by Peter Reinhart

Soaker:
½ cup cornmeal / polenta
½ cup air

Utk adonan roti:
2 ¼ cups tepung roti
1 sdt ragi instan
½ cup air hangat
¾ sdt garam
3 sdm molasses
1 sdm shortening atau mentega pada suhu ruang

Cornmeal utk taburan


Cara membuat:
1.      Sehari sebelum membuat roti, campurkan cornmeal / polenta dengan air dalam mangkok kmd tutup dengan plastik & diamkan semalaman.
2.      Keesokan harinya, campur 1 cup tepung, ragi instand, soaker & air dlm wadah. Tutup dgn plastik atau kain & diamkan selama 1 jam atau sampai muncul gelembung pada biang.
3.      Campurkan sisa tepung, garam, molasses & shortening atau mentega kemudian uleni hingga kalis elastis. Tambahkan tepung jika perlu agar adonan menjadi kokoh. Tutup dengan plastic & diamkan sekitar 90 menit.
4.      Keluarkan dari wadah & bentuk memanjang seukuran dengan loyang roti & diamkan sekitar 60-90 menit atau sampai adonan memenuhi bibir loyang. Basahi bagaian atas adonan dgn air & taburi dgn cornmeal.
5.      Panggang dlm oven 180 derajat Celsius selama sekitar 40-50 menit.

*Ketika menguleni mikser saya sdh panas tp adonan nggak mau kalis juga. Baca lagi resep baik2 trus baru sadar kalau ada keterangan utk menambahkan tepung sebanyak yg dibutuhkan adonan agar kokoh & tidak lengket. Stlh sy tambahkan tepung, baru adonannya ‘jadi’. Tp krn sdh lama bgt nguleninnya, karena takut overmix, meskipun msh agak lengket tp sdh bisa agak tipis tanpa robek ketika dimelarkan, lsg saya bulatkan & tutup dgn plastik utk fermentasi pertama.

*Pada langkah no.4 adonan roti saya naik tinggi tp herannya ketika saya bakar malah menciut sampai setengah loyang (duh). Mungkin krn saya menguleni adonannya tdk sampai benar2 kalis elastic ya atau jumlah raginya kurang.  Ketika roti sdh dingin & dipotong2, anak saya bilang katanya bentuknya mirip tempe goreng…hihihi

Tp meskipun bentuk akhirnya tdk persis sama seperti yg di buku, teksturnya yg lembut & sedikit kenyal alhamdulillah membuat anakku yg biasanya agak pemilih & kritis menjadi yg pertama minta dibuatkan sandwich dgn isi pisang, keju & coklat meises yg kemudian dimakan dgn lahap ^_^


salam roti,
Afifah Ine

No comments:

Post a Comment