Tuesday, December 4, 2012

Fire Floss Bread by Sassy Little Kitchen

Hai Hai host NCC Breadweek yang cantik-cantik dan baik hati , saya mau nyetor roti abon untuk edisi challenge kali ini, semoga aja belum telat. Sudah beberapa minggu nggak kedapur karena demam, hari ini mulai nyoba baking lagi demi setoran ke NCC Breadweek. Setelah ditunda-tunda dengan berbagai alasan mulai dari sakit, pulang kampung sampai penyakit malas yang kambuh, akhirnya kesampaian juga bikin fire floss ini.



Awalnya bingung mau bikin roti apa, mau bikin bakpao rasanya baru beberapa minggu kmaren bikin bakpau daging, mau bikin roti manis ; suami ngk begitu suka yang manis-manis, akhirnya saya pilih resep roti asinnya Mba Hesti yang selalu bisa dipercaya keberhasilannya hehehe. Rotinya lembut banget, ngk begitu manis dengan olesan mayonaine, susu kental manis serta saos cabai botolan plus sentuhan akhirnya taburan abon sapi pedas. Rasanya gurih banget, ngk kalah deh sama roti yang dijual ditoko roti (muji diri sendiri xixiixx). 

Water roux :
50 gr tepung terigu protein tinggi
250 ml air


Bahan - Bahan :
400 gr tepung protein tinggi , saya pakai Cakra Kembar
200 gr tepung protein sedang, saya pakai Segitiga Biru
100 gr gula pasir
2 sdm susu bubuk full cream
1 butir telur + 1 kuning telur
10 gr ragi instan, saya pakai merk fermipan
200 gr water roux
175 - 200 ml air hangat
75 gr margarin
 1 sdt garam


Olesan 1 :
1 kuning telur
sedikit madu 


Olesan 2 :
6 sdm mayonaise
4 sdm susu kental manis
2 sdm saos pedas botolan
Topping:
Abon sapi pedas


Cara Membuat :
Water roux : dalam panci, campur air dan tepung terigu. Aduk rata sampai halus dan tidak bergerindil. Masak dengan api sedang sampai kental. Jangan sampai mendidih. Sisihkan hingga dingin.


Roti : tuang semua bahan kering kecuali margarin dan garam ke dalam mixer. Masukkan campuran water roux, air dan telur ke dalamnya. Nyalakan mixer dan proses hingga kalis. Tambahkan margarin dan garam lalu mixer lagi sampai elastis. lanjutkan menggunakan tangan agar teksturnya bisa terasa kalau sudah elastis. Kalau terlalu kering bisa ditambahkan sedikit air, tapi kalau terlalu lembek bisa ditambahkan sedikit tepung. Hati-hati jangan terlalu banyak menambahkan terigu karena bisa menyebabkan roti jadi keras.

Tutup dengan cling wrap dan fermentasikan sampai mengembang 2x lipat.Timbang roti masing-masing 60 gram dan bulatkan. Siapkan paper-cup , tarik adonan agak sedikit memanjang dan taruh dalam paper-cup.
Fermentasikan lagi selama kurang lebih 40 menit, kemudian olesi bagian atasnya dengan bahan olesan satu. Panggang dalam oven dengan suhu 180 C selama 15-20 menit atau hingga bagian atasnya kuning keemasan.
Setelah matang angkat roti dan dinginkan, belah bagian tengah roti beri olesan 2 dan olesi juga pada bagian atas roti. Taburi dengan abon sapi pedas. Untuk menyemprotkan olesan mayonaise diatas roti, masukkan 2 sedok olesan 2 kedalam piping bag, potong ujungnya dan semprotkan ke atas roti abon secara melintang . Roti siap dinikmati.

Blog : http://sashylittlekitchen.blogspot.com/2012/12/fire-floss-bread-ncc-breadweek.html

Terimakasih

No comments:

Post a Comment

Post a Comment