Friday, December 7, 2012

Mini Cup Roti Pizza Abon by Rini A

Semangat pagi semua,    
Mau laporan lagi ya, ceritanya tanggal 24 November lalu aku ikut kursus roti rakyat di UKMKU, kenapa bisa ikutan kursus? lagi-lagi karena ketularan NCCBreadweek, aku tuh jadi cinta banget deh sama yg namanya membuat roti :D. Beberapa hari sebelum aku menemukan web ukmku aku sempat baca di milis kalau ada kursus roti gratis di markas NCC, tapi kapasitas terbatas dan peserta sudah penuh. padahal ingin sekali ikut...hik...hik. akhirnya aku searching sama mbah google cari info kursus roti yg murah tapi enak :D. Ketemulah kursus roti rakyat yg kebetulan sekali akan diadakan sabtu tgl 24 November, langsung aku daftar dengan semangat mau mempelajari pembuatan roti yg benar. Kursus dimulai pagi sampai sore, kita langsung praktek membuat, dan ternyata apa yg selama ini aku pikir sudah elastis masih saaangggaaaat jauh. Menguleni dengan tangan sebanyak 1/2 kg roti benar-benar membuat tanganku mati rasa dan badan basah dengan keringat, rasanya seperti mencuci baju dengan tangan tapi dalam jumlah 10 ember, hehehe. Tapi walau cape dan pulangnya kehujanan aku sangat puas karena sekarang aku sudah memulai menjual hasil roti buatanku sendiri (ga beli roti lagi sekarang :)).
Resep roti ini aku dapat dari kursus roti rakyat di ukmku, aslinya ini adalah resep roti isi, tapi aku modifikasi dengan membuatnya menjadi mini dan menggunakan cup, komposisi gula aku kurangi dan air aku perbanyak sehingga agak lembek tapi hasilnya jadi sangat lembut.  

Bahan Dasar:
250 g tepung terigu protein tinggi
1/8 sdt Garam
50 gr gula pasir
25 gr margarin
3 gr ragi instan
650ml air

Topping:
Saos tomat
Sosis sapi
Keju 
Abon Sapi

Cara Membuat:
1. campur terigu, gula, dan ragi. aduk rata. masukan air sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis lalu masukan garam dan margarine.
2. Uleni lagi sampai kalis 45 menit.
3. Adonan di pukul dan banting sampai elastis.
4. Diamkan adonan selama 50-60 menit sampai mengembang.
5. Oles loyang muffin diameter 6 cm dengan margarine
6. Timbang adonan 15gr (tergantung selera). bulatkan, letakan di loyang muffin sambil ditekan adonan ke pinggir cup.
7. Beri topping saos tomat dan sosis diatasnya, untuk roti abon bulatkan dan tekan hingga aga gepeng.
8. Diamkan adonan selama 1 jam.
9. Panggang adonan hingga berwarna kecoklatan. sekitar 15 menit dangan suhu 190C10. Setelah matang langsung angkat dan dinginkan di cooling rack. beri taburan keju parut untuk roti pizza, untuk roti
 abon beri olesan margarin dan taburi abon.




cookingcakesmynewhobby.blogspot.com
FB: Angel Cakes Corner

No comments:

Post a Comment