Saturday, December 8, 2012

Pizza Daging Asap a la Wulan Windiarti

 

Pizza Daging asap with mozarella chesse

Punteeennn...

permisi,
Assalamualaikum para host bread week yang makin Okeeh..

Aku kirim Pizza ini, karena ini panganan favorite keluarga ku..seminggu bisa 3x bikin pizza. (doyan apa laper yaa) hehehe..

Ada sedikit cerita dibalik pizza..

Pizza berasal dari negara Italia yang terletak dibagian utara,
pizza awalnya adalah makanan rakyat jelata yang lahir dipinggiran kota Napoli,
para menjualnya berkeliling dipinggiran kota dan berteriak teriak untuk menjajan barang dagangannya dengan menaruh barangan dagangannya di atas kepala (jadi ingat penjaja sayur ala indonesia.hehehe) agar tidak menurunkan wibawa para bangsawan yang ada di kota itu, ratu melarang pizza masuk istana dan melarang memakannya,
tapi Raja Ferdinand justru menyukainya, sampai samapai Raja harus menyamar segala menjadi rakyat jelata dan mendatangi suatu tempat kumuh untuk merasakan makanan kesukaannya itu.
Kemudian Raja mengembangkan pizza menjadi makanan sehat dan lezat, awalnya kalangangan istana masih takut untuk mencobanya sebab larangan ratu belum dicabut, tapi dengan memberanikan diri satu persatu dari mereka untuk mencoba dan banyak dari para bangsawan itu menyukainya juga, bahkan dalam zaman Raja Ferdinand II, di halaman istana terdapat pemanggang pizza berbahan bakar kayu, untuk menjamu tamu undangan dan kaum bangsawan.
Pasti kalian tidak menyangka asal mula pizza berasal dari makanan rakyat jelata, lucu rasannya makanan yang kita anggap mewah ternyata dulunya hanyalah makanan rakyat jelata..

Resep Pizza Daging asap with mozarella chesse

Bahan Roti Pizza :

- 350 gr terigu protein tinggi
- 100 gr terigu protein sedang
- 50 gr gula pasir
- 1/2 sdt garam
- 50 ml minyak zaitun (kalau ngga ada bisa diganti minyak goreng)
- 11 gr ragi instant
- 250 ml air hangat


Topping

• 4 sdm saus tomat + ½ sdt oregano (campur rata)
• 2 lembar daging asap
• 5 lembar daging asap
• ½ suing bawang bombai
• ½ buah paprika hijau
• ½ buah paprika merah
- 100 gr keju mozarella

Caranya

Roti : campur semua bahan kering, aduk rata. Tuang air hangat sedikit-sedikit sambil dimixer. Tambahkan minyak, mixer lagi sampai kalis. Uleni dengan tangan hingga elastis. Diamkan 1/2 jam sampai mengembang. Setelah mengembang bagi 4 adonan, bulatkan. Giling, bentuk pipih bulat, letakkan di talam beroles margarin, tusuk-tusuk dengan garpu diamkan kira2 20 menit lalu panggang 200 C selama kurang lebih 10-15 menit sampai kekuningan.
Saos : aduk rata semua bahan saos.

Penyelesaian : Oles roti dengan bahan saos lalu taburi bahan topping. Panggang dengan api atas sampai keju meleleh.

Siap disantai

wulan windiarti

No comments:

Post a Comment