Thursday, December 6, 2012

Rachel's Roti Ubi Ungu

Hai Ibu-ibu Host,

Mau ikutan BreadWeek ah...udah beberapa online event NCC yang gak sempat ikut. Udah cukup sering bikin roti tapi resep yang digunakan  selalu sama. Nah khusus untuk kali ini, saya tertarik coba'in salah  satu resep yang udah pernah di share sama mbak Yofi. Kebetulan di rumah juga lagi ada ubi ungu. Hasilnya enak ternyata. Dan hasilnya lebih lembut & disukai seisi rumah.
Mudah-mudahan masih bisa kirim-kirim resep  lagi sebelum gong penutupan ya 

Resepnya:
 
ROTI UBI UNGU (tanpa isian)
Hasil 25 buah.

400 gr tepung terigu protein tinggi
200 gr ubi ungu kukus, haluskan
11 gr ragi instan
3 kuning telur
50 gr susu bubuk
70 gr gula pasir (saya pakai 80 gr)
200 ml air hangat
60 gr margarine
1 sdt garam

Olesan:  1 kuning telur (saya tambahkan 1 sdt susu cair)

Cara Membuat:

Campur ragi dengan air hangat, diamkan 15 menit sampai berbusa.
Masukkan semua bahan kecuali margarine & garam, lalu uleni hingga kalis. Setelah itu tambahkan margarine & garam lalu uleni lagi hingga kalis & elastis.
Diamkan adonan selama 60 menit. Kempiskan adonan & uleni sebentar. Timbang adonan seberat 40 gram. Diamkan 45 menit.
Oles atasnya dengan kuning telur & susu cair, panggang dalam oven yang telah dipanaskan selama 20 menit. 

PS: Dalam resepnya mbak Yofi, ia memakai BM tetapi saya memakai LG 

Demikian laporan saya. Semoga diterima baik oleh Hosts.


Salam,
Rachel.

No comments:

Post a Comment