Saturday, December 8, 2012

Roti Isi Coklat a la Lia Laila

Assalamu'alaikum ibu-ibu cantik panitia NCC Breadweek .... juga selamat sore menjelang Maghrib,

Saya mau ikutan NCC Breadweek di tengah limit waktu 8 Desember 2012, alhamdulillah bisa juga buat roti di tengah-tengah kesibukan mengurus sekolah yang akan  melaksanakan peragaan Manasik Haji RA Azzahra.
Ini merupakan roti pertama yang buat saya "sukses' ..... karena rasa dan teksturnya kata costumer setia-ku enaaaaak ..... Syukur banget biar kata cuaca hari Ahad ini lumayan mendung tapi bisa juga raginya bekerja, makasih ya ragi sudah bekerja dengan keras hari ini .... Heheeeheee .......

Roti Manis Isi Coklat saya memakai resep-nya bunda Rina Rinso, selain mudah buat pemula seperti saya, kebetulan di rumah adanya ragi dari puratos... menimbang-nimbang bahan .... Bismillah ini resepnya :

Roti Isi Keju ala rina rinso

Bahan Roti :

500 gr terigu

40 gr Puratos otentic Dolce

100 gr gula

1 butir telur

75 gr mentega /margarin

1 sdt garam

225- 250 gr air/susu


Bahan Isi :

100 gr mentega tawar (mis. orchid, anchor, elle and vire)

50 gr gula halus

1 butir telur

40 gr susu bubuk

150 gr keju cheddar parut


Cara membuat

(step by step-nya bisa di sini )


Roti.

Campur terigu, telur, gula, mentega/margarin, otentic dolce, aduk rata.

Setelah rata masukkan air/susu sedikit demi sedikit hingga tercapai kondisi adonan yang tidak kering tetapi juga tidak basah. Masukkan garam.


Uleni hingga kalis elastis.


Setelah kalis elastis diamkan hingga mengembang 2 kali lipat.


Kempiskan adonan. Timbang adonan 40 gr (atau tergantung selera, atau gak di timbang juga tidak apa-apa, cuma dengan ditimbang besar roti kurang lebih akan sama rata). Kemudian beri isian, bulatkan.


Istirahatkan lagi adonan yang sudah ada isinya, kurang lebih 1 jam atau hingga mengembang 2 kali lipat.


Setelah adonan mengembang beri olesa. Olesan roti yang paling kinclong hasilnya adalah susu evaporated, tetapi kalau tidak ada itu olesan apapun hasilnya tetap enak. Bisa telur, susu cair biasa, atau susu+telur, tergantung selera.


Panggang dalam oven suhu 190 derajat selama 12 menit atau hingga matang.

Notes saya :

Karena di rumah sedang tidak ada keju kraft dan mengingat batas waktu NCC Breadweek saya tidak pakai keju, tapipakai coklat blok, yummy juga, coklatnya melted setelah dipotong..... hmmmmm enak, menambah suasana hangat di rumah, yang sore-sore mendung ....



Terima kasih ibu-ibu moderator cantik sudah diterima email saya ..... saya menunggu badge-nya ..... hihihiiiiii (Ngarep.com)   

Wassalam,



Lia Laila


No comments:

Post a Comment