Tuesday, November 27, 2012

Assorted Soft Bread by Ani Verdiyanti


Laporan ke 5 atau 6 nih host, bukannya ngebet kpingin dapet hadiah lho... Tapi memang demen bikin rerotian untuk sarapan di rumah.

Pernah nanya ke anak saya yang paling besar "Dari semua roti yang pernah bunda buat, roti apa yang paling abang suka?" Jawabnya "Yang pakai papercup seperti di Breadtalk" Terus kata si abang lagi.... "Tapi kalau bawain untuk bekal sekolah yang banyak ya bun, teman2 suka minta" hehehe...

Saya pakai resep Soft Bread dari website NCC (sudah cocok ama resepnya, thanks bu Fat) namun khusus untuk event Breadweek kali ini tanpa memakai Bread Improver. 

Bahan :
500 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr gula
100 gr mentega (Saya pakai margarin)
11 gr ragi instant
½ sdt bread improver (saya skip)
4 btr kuning telor
300 ml air es
½ sdt garam

Cara membuat:
Campur semua bahan kering, kecuali garam, aduk rata
Masukkan air 200ml dan telur, aduk dan uleni sampai rata.
Masukkan mentega dan garam, uleni lagi sampai kalis elastis.
Adonan siap dibentuk-bentuk. (Saya menggunakan Breadmaker, setelah slesai proses Dough, timbang 30 gram untuk tiap PaperCase, buat 1/2 resep jadi sekitar 12, isi dengan filling selai kacang, CheeseSpread dan sisa Chocolate Ganache).
Diamkan adonan hingga mengembang 2 kali, lalu oles, tabur topping sesuai filling untuk menandakan dan oven hingga matang, Sekitar 15 menit dengan suhu 180°C.
Catatan: sisa air 100ml buat jaga-jaga aja kalai adonan kurang lembek
tambahkan sedikit demi sedikit.

Ani Verdiyanti
Cibinong

No comments:

Post a Comment