Tuesday, November 27, 2012

Spicy Herbed Bread Stick by Trinitiati Saragih

Selamat Pagi Trio Host NCC Breadweek,
juga semua NCCERS yang berbahagia...


Laporan kali ini tentang si bread stick-nya orang Italy alias grissini.
Bahannya ga susah. Tepung, ragi, keju dan bumbu-bumbu. Proses dibiarkan lama di kulkas, setelah itu dicetak dan dipanggang. Jadi deh.

Nah utk resep asli pakenya grated parmagiano-reggiano or keju parmesan. Aku ganti ke cheddar cheese. Selain itu herbs-nya lumayan banyak macam, rosemary, thyme, sage, marjoram. Herbal-herbal ini memang masih jarang buat kita orang Indo. Di resep mintanya semua fresh. Tapi ga usah bingung yang kering juga bisa kok, just as good. Nah selain itu dipakein tabasco, lada hitam dan putih, standard kan kalo yang ini. Cuman tabasco saya ganti ke chilli powder karena ga punya tabasco. Juga saya ga pake banyak sedikit aja karena anak-anak ga mau pedes.

Ok deh langsung aja kita lihat resepnya.

SPICY HERBED BREAD STICKS
Source: The Bread Bible (Rose Levi Beranbaum, p. 342)

Ingredients:
Terigu Protein tinggi: 351 gr
Ragi instant: 1,6 gr
Garam: 7.4gr
Bawang putih bubuk: 1/2sdt
Lada putih: 1sdt
Lada hitam: 1/2sdt 
Keju parmesan (saya pake cheddar) diparut sebanyak 20gr
Herbs: Rosemary, Chives, Thyme, Sage, Marjoram (diiris halus) 7 gr
Saya ganti ke bumbu kering masing-masing one pinch ato sejemput tiga jari pertama (ibu jari, telunjuk dan tengah).
Tabasco (saya ganti ke Chilli powder) 1/2sdt
Air suhu ruang 236 gr

Caranya:

Campur semua bahan kering menjadi satu. Aduk rata memakai sendok kayu. Setelah itu tambahkan air sedikit-demi sedikit dan uleni dengan tangan. Setelah adonan menyatu baik, masukkan adonan ke dalam wadah trasparan yang mempunyai tutup. Olesi wadah terlebih dulu dengan margarine, hanya supaya adonan tidak lengket. Taburi sedikit tepung di dalam wadah lalu masukkan adonan. Tutup dan istirahatkan di kulkas selama 6-12 jam. Setiap 2 jam, tekan adonan supaya udara yang ada di dalam keluar. Masukkan lagi ke dalam kulkas. Lakukan hal yang sama setiap 2 jam. (saya biarkan adonan di kulkas sampai 12 jam). 

Setelah itu, ambil adonan, tekan-tekan dengan ujung-ujung jari supaya udaranya keluar. 
Ratakan lalu cetak panjang-panjang menyerupai stick. 

Panggang dalam oven yang sudah dipanasi hingga suhu 375'F. Panggang selama 12-16 menit. Bread stick matang kalo ujung-ujungnya keluar melingkar dari alas kertas panggangnya. Jangan kelamaan memanggangnya karena bread stick ini akan terasa pahit.

Tips: Untuk mendapatkan bread stick yang renyah dan garing, stelah dipanggang 12-16 menit, biarkan bread stick di dalam loyang. Jangan dipindah hinga panas loyang akan membuat seluruh permukaan bread stick mengering. Setelah semua dipanggang, matikan api oven. Tunggu hingga panas oven turun, di bawah 80'C. Lalu masukkan kembali bread stick ke dalam oven. Biarkan hingga dingin benar. Setelah dingin benar, masukkan ke dalam wadah kedap udara. 

Ta...daa... Bread Stick ala Italian sudah tersedia. Rasanya enak, herby, cheesy dan crunchy:-) Terasa bangat bumbunya. Buat orang kita mungkin bumbunya itu sedikit kuat ya. Perlu terbiasa mungkin untuk menyukainya. Tapi bisa dimakan sesuai selera. Bisa pake sour cream ditambah irisan bawang bombay, daun bawang dan garam ato pake saus cabe. Yummmm. 

Menurut buku, harus dihabiskan dalam 4 hari. Hehehe untuk ini ga perlu kuatir. Sekejap aja habis kalo dibiarin di atas meja makan. Oya, satu lagi menurutku kita juga punya bread stick loh. Saat melihat teksturnya, tidak lain dan tidak bukan itu mirip Kue Bawang yang dicetak panjang. Bedanya grissini dipanggang, kue bawang digoreng.

Sekian laporan saya untuk si Bread Stick satu ini. Hayo silakan dicoba. Bikinnya gampang. Jangan takut dengan fermentasi. Karena didiamin sampe 12 jam jg ga apa-apa, Jadi bikinnya bisa disambi hehehe.


Salam Roti Enak,


Tati
Homemade Cup'cakes and Pies

No comments:

Post a Comment