Thursday, November 15, 2012

Cappucino Bread by Yessy Liona

Selamat Sore para punggawa host NCC Bread Week dan NCC-ers semua.. 
Apa kabarnya hari ini? 

Di Pontianak hujannn nih. Ijinkan saya newbie untuk ikutan event ini ya.. Temanya adalah Cappucino.
Saya penggemar berat cappucino. Hampir setiap hari kerja diawali dengan nge-cappucino. Tiba-tiba tercetus ide di benak saya, enak kali ya kalo cappucino dijadiin roti.. Dibantu oleh adik lelaki saya, tereksekusilah si roti ini.
Persiapannya terhitung cepat. Kendala?? Pasti ada ya, saya gak nemu high protein flour :'(. Dengan sedikit kecewa dipergunakanlah all purpose flour. Dan setelah menunggu dari pukul 11.00 wib. Akhirnya matanglah si cappucino bread ini. Apakah cappucino cucok dijadiin bahan pembuat roti??
Dan jawabannya terjawab sudah. Aromanya... Bikin tetangga sebelah mengetuk pintu hanya untuk bertanya "lagi bikin kue apa yes... ". Rasanya... Hmmm cappucino buanget dah..
Berikut ini saya sertakan resepnya.

Cappucino Bread ala missjeshe:


Original recipe: Belong to mb rieny Natalia

Makasi ya mbak share resepnya. Saya sudah sering mengkreasikan resep mbak semenjak mbak posting resep ini.


Bahan:

400 gr Terigu
4 bks Cappucino instan @25 gr total 100 gr
100 gr susu bubuk
1sdm ragi instan
3 kuning telur
250ml susu cair (saya buat dari 3sdm susu bubuk + air hingga 250 ml)
100gr margarine
Sedikit garam

Isi:

Ceres secukupnya
Keju secukupnya

Taburan:

Ceres dan wijen

Cara:

1. Aduk ragi instan + 2sdm air hangat. Aduk rata diamkan lk 10 menit.
2. Aduk rata bahan kering: terigu,cappucino,dan susu bubuk.
3. Masukkan ragi, kuning telur dan susu cair sedikit demi sedikit ke dalam bahan kering, kemudian aduk rata hingga kalis dengan menggunakan mixer.
4. Dengan menggunakan lengan, tambahkan margarine dan sedikit garam. uleni adonan hingga elastis. Kemudian diamkan adonan selama lk 30 menit.
5. Giling adonan, bentuk sesuai selera. Boleh dikepang, digulung dsb.
6. Isi dengan isian sesuai selera (kalo saya pake ceres dan keju plus topping). Diamkan adonan selama 1 jam.
7. Panggang 15 menit api bawah, 10 menit api atas dan 5 menit api tengah. (Saya lakukan ini karena saya menggunakan otang dan diletakkan di atas kompor gas jadi untuk oven lain  manajemen waktunya saya kurang yakin).
Cappucino bread are ready to serve.

*Maaf pic nya kurang bagus, pake kamera HP soalnya.


Terima kasih sudah diijinkan ikutan event ncc bread week.


Salam,

Yessy

No comments:

Post a Comment