Thursday, November 15, 2012

Plaited Apple Custard Loaf by Ina Kornie

Dear ibu-ibu host dan teman-teman NCC,

Roti yang satu ini jarang dibuat karena terlalu enak rasanya, hingga kita nggak bisa berhenti makannya. Dan harus di jaga dari jangkauan anakku, kalau kita meleng sedikit aja bisa-bisa icing sugarnya hilang semua.

Bahan Roti:
300 gr tepung terigu protein tinggi
150 gr tepung terigu protein sedang
1 bks ragi instan
2 sdm susu bubuk
2 kuning telur
75 gr gula pasir
250 ml air dingin
75 gr mentega
½ sdt garam


50 gr kismis, cincang kasar


Bahan isi1:
2 bh apel malang/granny smith

3 sdm gula pasir

Sejumput kayu manis bubuk

1 sdt mentega


Bahan isi2:
250 ml susu full cream

100 ml cream kental

2 kuning telur

100 gr gula pasir

2 sdm tepung maizena

1 sdt vanilla essence


Icing:

150 gr gula icing

1-2 sdt air hangat

Cara Membuat:


Isi 1: Kupas apel dan potong persegi. Rendam dalam air yang sudah diberi perasan jeruk nipis. Rendam 15 menit. Tiriskan air rendaman.

Dalam panci masukan apel dan gula serta kayu manis bubuk. Jerangkan diatas api  dan masak sampai apel matang, gula larut dan cairan susut. Angkat dari api dan masukan mentega. Aduk dan sisihkan hingga dingin.

Isi 2: Dalam panci, tuang cream kental dan susu full cream. Jerangkan diatas api hingga menjelang titik didih (jika sudah timbul gelembung udara disekitar panci tapi belum sempat mendidih) segera angkat. Biarkan hingga hangat.

Kocok gula dan kuning telur, hingga pucat. Tambahkan tepung maizena, aduk rata. Masukan campuran susu dan cream perlahan sambil di aduk dengan balon whisk. Kembalikan kedalam panci dan jerangkan diatas api. Masak sampai mengental dan meletup-letup. Angkat dari api dan sisihkan hingga dingin.

Roti: ayak tepung terigu, tambahkan ragi instan, gula, dan susu bubuk. Tambahkan kuning telur dan air dingin sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis

Masukkan mentega dan garam, uleni terus hingga adonan elastis. Diamkan adonan selama 30 menit di tempat hangat.

Kempiskan adonan masukan kismis uleni hingga merata. Giling setebal 1cm berbentuk persegi panjang ±30 x 40cm. Olesi dengan custard dan tabur apel stew pada salah satu sisinya. Lipat bagian yang kosong menutup bagian yang bertabur isi. Rapatkan dengan dengan rolling pin.

Dengan pisau tajam, belah menjadi tiga bagian. Rapatkan salah satu sisi atas dan mulailah membuat kepang (kalau agak berantakan, teruskan membentuk kepangan sambil dirapikan). Pindahkan keatas loyang datar, sisihkan dan tutup dengan serbet selama 30 menit atau sampai adonan mengembang lagi.

Oles dengan campuran susu cair dan kuning telur. Masukan dalam  oven yang sudah dipanaskan 180°C.

Panggang selama 30 menit. Angkat dan sisihkan hingga dingin.


Aduk gula halus dan air hingga membentuk icing sugar. Dengan bantuan plastik segitiga hias bagian atas loaf. Hidangkan setelah icing sugar set.

Sumber: Nova/Sedap sekejap,

Ina Kornie

No comments:

Post a Comment