Thursday, November 15, 2012

Chocolate Cinnamon Apple Bread a la Ayu Purwana

My dearest Host Trio Breadweek

Izinkan saya melaporkan hasil kreasi di siang yang cerah ini.

Untuk event kali ini (jika dikasih sehat) saya berniat posting beberapa resep Roti dari 5 benua di dunia (gak mau kalah sama musim Trilogy ceritanya heheh). Mudah2an cocok dengan ROTGnya ya.

Hari ini saya mau sharing resep yg diadopsi dari negara Inggris dan saya modifikasi sesuai dengan lidah manis saya. Gimana? Penasaran bukan mengetahui perbedaannya? Yuk duduk manis ditemani minuman hangat kesayangan sambil baca resep full modifikasi buatan saya sendiri.


image.jpeg
Chocolate Cinnamon Apple Bread

Bahan:
500gr Tepung Cakra Kembar
1sdm Garam
1/2sdt Gula
2sdm Minyak Sayur/Zaitun
22gr/2pak Ragi Instant
250ml Air Es
50ml Air Hangat
1bh Apel Hijau, potong dadu extra kecil
1sdm Bubuk Kayu Manis
1/2cup Kismis
1/2cup Coklat Chips

Cara membuat:
- nyalakan oven, set suhu di 200c
- di gelas, campur ragi, air hangat dan gula, aduk hingga larut, tutup dgn cling wrap, biarkan 10 menit/sampai berbuih
- tuang potongan apel di dalam mangkuk plastik, taburi bubuk kayu manis, aduk rata, sebar di atas tissue dapur, biarkan jusnya menyerap diatas tissue.
- di dalam mangkuk stainles, aduk rata terigu, garam dan minyak.
- tuang campuran ragi, aduk rata.
- tuang air es, aduk rata, uleni hingga kalis.
- bentuk adonan menjadi bola, simpan dimangkuk, tutupi dengan cling wrap, diamkan 1 jam hingga  mengembang 2x lipat.
- kempiskan adonan roti, masukan potongan apel dan kismis. Uleni perlahan hingga rata, bentuk bulat. Diamkan di dalam mangkuk, tutup lagi dengan cling wrap. Biarkan 30 menit.
- masukkan coklat chips, uleni perlahan hingga rata.
- masukkan adonan roti di dalam loyang roti tawar yg telah diolesi mentega dan ditaburi tepung.
- panggang selama 30-45 menit
- sajikan

Best regard,
Ayu Purwana

No comments:

Post a Comment