Friday, November 16, 2012

Cinnamon Beef Bread a la Mr. Icho

Hi Partners dan para host NCCBW yang terhormat:)


Cerita dibalik layar:

Kembali lagi mengencangkan otot2 lengan di dapur miniku:) Soal dasar resep kembali terinspirasi dari blogspot budiboga (thanks ya Mas Budi). Untuk paduan kombinasi antara daging sapi dan kayu manis yang berasal dari fantasi sendiri:)  SIlahkan dilihat resepnya ya dan semoga bisa jadi inspirasi juga buat teman2 semua



Cinnamon Beef Bread Mr Icho
Bahan:
500 g tepung terigu tinggi protein
100 gula pasir
12 g ragi instan
100 g mentega/margarin
150 ml susu tawar cair
1 sdt bread improver/pengempuk roti/baker bonus
4 butir kuning
1 sdt garam halus
1 sdt cinnamon powder

Bahan Isi Daging :
200 gram daging cincang
1 buah besar bawang bombay cincang halus
garam
gula
1 sdm kecap manis
2 sdm Saus Inggris
merica
pala
Olesan, aduk rata:
4 butir kuning telur
4 sdm susu tawar cair

Cara Membuat:
1. Campur tepung terigu dengan ragi instan, gula pasir, bread improver, kuning telur , cinnamon powder dan garam di dalam mangkuk mixer roti/mangkuk adonan. Jalankan mixer kecepatan 1 selama 2 menit. Tuang  susu tawar cair. Jalankan 2 menit, hentikan pengadukan dan tambahkan margarin/mentega. Aduk kembali selama 10 menit atau hingga terbentuk adonan yang kalis dan elastis.

2. Tumis bawang bombay yang telah dicincang halus sampai layu dan masukkan daging giling. Masukkan kecap manis, saus inggris, gula, garam, pala bubuk dan lada halus. Masak hingga kesat airnya.
3. Bulatkan adonan, letakan di dalam tempat tertutup dan hangat. Fermentasikan/diamkan selama 60 menit atau hingga adonan mengembang dua kali lipat. Kempeskan adonan, bagi masing-masing adonan menjadi potongan seberat 30 g. Pipihkan dan masukkan isian daging lalu bulatkan seperti bola dan diamkan selama 10 menit.
4. Letakan adonan yang sudah dibentuk di atas loyang beroles margarin.  Fermentasikan kembali selama 45 menit. Olesi permukaanya dengan bahan olesan.
5. Panggang adonan di dalam oven bertemperatur 200 derajat celsius selama 25 menit atau hingga roti matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, dinginkan.
Untuk 15 buah 

Tip: 
Step 1 (pengadukan dengan mixer roti) bisa diganti dengan cara mengaduk dengan tangan. Metodenya diuleni dan dibanting-banting hingga adonan kalis.

salam roti,
Mr Icho


No comments:

Post a Comment