Friday, November 23, 2012

Dinner Rolls by Trinitati saragih


Dear Host NNC Breadweek,

Walo uda lewat tengah malem gini nyempetin bkin laporan sebelum tidur. Soalnya besok uda niatin mau hang out di Interfood seharian.

Ceritanya uda dua kali bikin dinner rolls. Pertama hari minggu kemaren. Hmmmm enak sekali, apalagi dimakan saat baru turun dari ovennya. satu, dua, tiga ga terasa ups uda ketelen. hahaha ini enak apa kelaps? aka. kelaparan? hehehe beda tipis:-) Enak dan lagi lapar pula. Pas banget. Sehat, bersih tanpa pengawet. Plus plus deh pokoknya.

Nah ceritane, tadi sore bikin lagi buat hidangan thanksgiving. sukses. semua suka. apalagi dmakan sama butter. selesai makan, sisanya cuman 5 biji lagi. tu uda langsung dipesen sama anak saya buat bekalnya besok skul katanya hehehe. Oya anak saya suka bangat dinner rolls ini apalagi kalo rotinya dsobek dan diisiin coklat. Walo capek seharian di dapur hati seneng. Semua suka dan bersyukur anak-anak makan makanan sehat bergizi yg dibuat dewe sama ibu mereka.


Dinner Rolls
Sumber: Rose Levi Beranbaum (The Bread Bible p. 249)

Ingredients
Dough Starter (Sponge)

Tepung terigu protein tinggi : 170gr
Air, suhu ruang : 202 gr
Madu 22 grams (pertama saya pake madu, bikin kedua kali pake gula 1/3cup) saya lebih suka yg pake gula:-)
Ragi instant: 0,8 gr (1/4 sdt)

Caranya:
Campur seluruh adonan menjadi lembut sekitar 2 menit. Sisihkan.

Adonan roti
Tepung protein terigu : 156 gr
Tepung susu: 20 gr
Ragi Instant:  1,6 gr (1/2 sdt)
Mentega (unsalted butter) 64 gr
Garam 7,5 gr (1,1/8sdt)

Selain mentega dan garam, campur aduk semua bahan menjadi satu. gunakan whisk. stelah itu taburkan sedikit demi sedikit di atas dough starter yang tadi hingga permukaannya tertutup. Istirahatkan selama 1 - 4 jam (saya hanya sejam aja)

LG method (saya pake tangan aja, karena adonan tepungnya ga banyak. Sekalian juga biar tangan bisa lebih sensitif merasakan adonan rotinya. Ciee:-)

So, setelah satu jam, saya aduk adonan supaya merata dengan sendok kayu. Setelah itu saya tambahkan dengan mentega, sekarang jari-jari tangan bekerja. Sambil taburi garam sedikit demi sedikit. Jika adonan lengket, ambil sedikit tepung dan taburi diatas adonan spaya tidak lengket.

Setelah mentega dan garam tadi menyatu baik dengan adonan roti, saya tumpuk adonan dan saya masukkan dalam wadah transparan. Saya istirahatkan lagi selama 1 jam.

Setelah 1 jam, adonan sudah double sized dr semula. Adonan roti saya keluarkan dari wadah, ditekan-tekan dengan ujung jari supaya udara yang terperangkap di dalam adonan keluar. Adonan saya ratakan dengan tangan lalu saya bagi dua sama rata. selanjutnya adonan yang separuh saya potong-potong selebar 2 cm, setiap lembar adonan 2 cm saya bagi 3. lalu saya bentuk bulat menyerupai bola. Saya masukkan dalam cetakan muffin.
Stelah semua adonan roti dibentuk bulat, saya istirahatkan lagi selama 1 jam. 

Setelah itu saya beri olesan telur dan air (satu butir telur dan 2 sdm air).
Lalu dipanggang dalam oven panas 350'F (180'C).

Setelah matang, roti akan tampak berkilat dan kecoklatan.
Selesai deh. Siap untuk disantap. Sendiri ato dengan lauk sama enaknya.

Dinner rolls paling sedap dimakan hangat.
Ya silakan siapa yang mau, dicoba sendiri bikinnya. Ga susah loh:-)

Salam roti enak,


Tati
Homemade Cup'cakes and Pies

No comments:

Post a Comment