Friday, November 23, 2012

Cinnamon rolls by Meinina


Hallo ibu peri roti..
Aku mau laporan yang ke 2
Kalau laporan sebelumnya, resepnya aku buat sendiri, kali ini resepnya mengikuti resep bu fatmah untuk roti sobek. Hanya saja untuk isian aku fariasikan sendiri..
Kenapa aku pilih buat cinnamon roll, karena roti ini adalah faforit aku banget.. Hahahaa..

Ceritanya, dihari aku buat ini, adalah di hari yang sebenernya aku sibuk. Di hari itu aku harus menyelesaikan 2 oreo cheesecake pesanan sepupu ku untuk acara ulangtahunnya, di malam yang sama. Niatnya mau bangun subuh, apa daya mata gak kuat, dan baru bangun jam 10 pagi. Karena panik, bangun2 aku cuman minum 1 gelas air putih dan makan 1 buah bakpia coklat. Setelah itu langsung mulai ngebake. Aku langsung buat 2 adonan, biar bisa langsung di panggang, eh ternyata oven ku terlalu mungil, jd cuman cukup 1 loyang aja yg masuk.
Setelah loyang pertama sedang di panggang, muncullah ke isengan aku pengen buat roti, dan setelah liat2 buku resep NCC, langsung lah terjun. Hihihiiii..

Aku semua bahan sama persis kecuali air dingin yang alu ganti jadi susu uht dingin. Mengadonnya juga aku pake tangan, lumayan untuk olah raga. Setelah adonan khalis, aku diamkan, pas banget juga si cake 1 sudah matang. Saat menunggu si cake 2 di panggang, dan cake 1 didinginkan, ngecek roti, ternyata sudah ngembang kurang lbh 30mnt. Langsung deh mulai ngebentuk dan isi, setelah di isi, diamkan mengembang lagi, aku mempersiapkan untuk hiasan cake. Semuanya hiasan beres, cake masih terpanggang, saatnya makan dan mandi, setelah itu cake matang, roti masuk oven, cake 2 didinginkan, cake 1 dihias. Roti matang, didingin kan, foto2, terus cake 2 di hias, jadi deh semuanya.. Dr jam 10 sampai jam 6 sore. 2 cake, 48 ptong cinnamon roll. Hahahaa.. Nekat sih, tapi yah gak akan tau kalo gak dicoba. Oh iya, roti ter lembut yang permah aku buat, 3 hari pun masih lembut tanpa di panasin. Fyi, yg makan roti ini cuman aku, kakak, dan papa.. No wonder lnp ampe 3 hr baru habis.. Hahahaa..
Berikut resepnya..


Cinnamon Roll
Resep asli dari roti sobek bu fatmah

500 gr  tepung terigu protein tinggi
100 gr  gula
11 gr   ragi instan
1/2 sdt    bread improver
4 btr     kuning telor
200 ml  air Es --> susu uht
1 sdt vanilla extract
Bahan B:
100 gr  mentega/margarine
5 gr      garam
Bahan C:
Kayumanis bubuk
Butter suhu ruang (lembek)
Gula pasir
Kismis
Bahan D (olesan) :
1 butir kuning telur
1 sdm susu uht
Bahan E (icing sugar) :
1 butir putih telur
Gula icing secukupnya (tergantung kekentalan yang anda inginkan)
1/2 sdt vanila extract

Cara membuat:
  1. Aduk bahan A, uleni hingga bergumpal-gumpal, masukkan bahan
    B, uleni terus hingga kalis elastis. Istitirahatkan 20 menit.
  2. Kempiskan adonan, potong bagi 3. Istirahatkan 10 menit.
  3. Ambil satu bagian adonan, tipiskan hingga panjang dan lebarnya 20x25cm, beri isi bahan C dengan urutan, butter olesi seluruh permukaan hingga rata, taburi kayumanis bubuk seluruh permukaan, gulapasir taburi seluruh permukaan, kebudian gunakan tangan untuk memeratakannya, terakhir taburi kismis sesuai selera, gulung dimulai dari bagian paling dekat dengan ada, saat menggulung, sesekali sambil di tarik agar melekat satu sama lain. Potong sesuai ketebalan yang kalian inginkan. Lakukan untuk semua adonan.
  4. Susun di loyang, beri jarak sedikit. Diamkan 30 s/d 60 menit, tergantung kehangatan udara. Setelah terlihat mengembang ringan, poles atasnya dengan kuning telur kocok, panggang selama 20 menit, suhu 180 hingga terlihat keemasan. Angkat.
  5. Setelah dingin, olesi dengan icing sugar. Siap disantap.

Bon apettite

No comments:

Post a Comment