Monday, November 19, 2012

Donat Kampung a la Widya

Selamat Pagi ibu host breadweek dan ncc ers,

Hari ini mau setor lagi …ini setoran saya yang ke-tiga
Semoga ga bosen-bosen ya menerima setiap setoran saya ^_*
Hari ini saya mau setor donat kampung buatan saya
Saya sering banget buat donat kampung ini, karena donat ini favorit anak-anak dirumah
Sekalian buat nyemil di malam hari, breakfast dan bekal buat ke sekolah anak-anak.
Yukksss…kita intip resepnya….

DONAT (DOUGHNUT)


BAHAN:
500 gr terigu protein tinggi --> 400 gr terigu cakra+100 gr terigu segitiga
50 gr susu bubuk
100 gr gula kastor --> gula pasir aja
75 gr mentega
3 kuning telur
2 sdt ragi instan
225 m air hangat


Method : 
Campurkan semua bahan, campurkan dengan mikser hingga rata dan kalis. --> kalo pake mikser Philips setengah resep sekitar 10 menitan deh.
Diamkan kurang lebih 30-45 menit hingga mengembang  --> kalo mau lebih cepet, olesi adonan dengan minyak goreng lalu tutup dengan serbet. Hasilnya biasanya lebih cepat bengkaknya. :D
Kempeskan adonan, lalu giling kurang lebih 1 cm, cetak dengan cetakan donat
Goreng dalam minyak yang dicampur satu sendok makan butter dengan api sedang sampai kecoklatan di kedua sisinya.
Dinginkan dulu sebelum dibedakin yang menor sama icing sugar
Udah dibedakin.. simpen di wadah tertutup tapi tetep ada sirkulasi udara supaya donatnya tetep empuk. (kalau saya dioles mentega terus ditabur keju atau meises ceres)

Selamat Mencoba…

Salam roti,

Widya Sri Rusdianti

No comments:

Post a Comment