Monday, November 19, 2012

Roti Labu Kuning Bakso Ayam Jamur by Jenie Tjahja


Bagi yg familiar dengan daerah Hayam Wuruk di Jakarta Barat, tentunya tahu toko roti jadul disekitar sana. Salah satunya adalah henis. Roti bakso ayamnya yg uenaak. Rotinya ukurannya tidak besar tapi isinya buanyaak. Gak ngerti juga kenapa kalau roti yg isinya daging disebut roti bakso padahal tidak mengandung bakso. Hehehe..

Kangen juga sudah lama tidak makan roti bakso ayam tsb, jd laporan roti kali ini dengan filling savoury.


Roti dgn base pumpkin ini supersoft walaupun menggunakan metode langsung. Mungkin krn ada puree labu kuning didalamnya jadi walaupun resep ini low yeast tekstur-nya sangat empuk.


Sebelumnya sudah laporan roti dengan menggunakan labu kuning. Karena di rumah masih ada babyku yg berumur 17 bln, jd selalu punya stock labu kuning kesukaannya.Resep ini berbeda krn lebih ke roti manis dengan isian.


Bahan:

(A) 200g terigu protein tinggi
60g terigu serba guna
35g gula butiran halus
1/4 sdt garam
1 sdt ragi
35g telur utuh
35g susu cair
35g air
 

(B) 65g puree labu kuning
20g mentega tawar

(C) filling ayam jamur

Bahan ayam jamur:

250 gr daging ayam cincang
4 buah jamur kancing ukuran besar
½ bawang bombai, cincang
2 siung bawang putih, cincang halus
1 sdm saus tiram
Kecap manis secukupnya
Kecap asin secukupnya
Lada
1 sdm maizena, cairkan dgn sedikit air
Minyak untuk menumis

Cara membuat filling ayam jamur :

Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum, masukkan ayam sampai berubah warna. Masukkan jamur yg sudah diiris tipis. Tambahkan semua bumbu. Tumis sampai matang.

Cara membuat dough :

Kukus labu sampai lembut, haluskan

Mixer bahan A dgn kecepatan rendah memakai hook spiral, lalu masukkan puree labu sampai menjadi adonan ,tambahkan mentega dan uleni sampai tercampur rata dan adonan menjadi elastis.

Pindahkan adonan ke wadah yg diolesi minyak/margarin dan tutup dengan clingwrap atau serbet untuk proofing pertama selama 80 menit.

Bagi adonan menjadi 6 bagian. Bulatkan. Isi dengan ayam jamur. Bentuk kembali.Diamkan selama 30 menit. Oles egg wash (kuning telur + 1sdm susu) tabur wijen.

Panggang 20 menit sampai matang.
Jen's corner

No comments:

Post a Comment