Thursday, November 29, 2012

Galette de Roi by Nicke JJ

Selamat siang adik-adik Host...

Mau setor untuk acara week-week an kita yang selalu heboh, ini sudah kedua kali bikin..yang lalu saya menggunakan Puff Pastry yang sudah jadi tapi ternyata hasilnya terlalu ringan tidak sepadat yang biasa saya rasakan, so this time saya coba dengan mencoba cara Classique Puff Pastry atau Pate feuilettee dalam bahasa Perancis... resep saya ambil di http://www.meilleurduchef.com/cgi/mdc/l/fr/recette/pate-feuilletee.html.

Kue Tradisional Perancis yang sudah ada berabad-abad yang lalu, biasa dibuat massal di bakery pada bulan januari...kue ini pada jaman sekarang masih dipakai untuk acara yang penuh dengan pengharapan, doa, keberuntungan... apa yaa.."Syukuran" barangkali istilahnya...saya pernah mendapat coin raja ketika memakan nya..lalu teman-teman sekantor ramai-ramai mendoakan saya..beruntungnya saya sedang hamil ketika itu.... 

Saya coba buat resume nya saja, karena mudah-mudahan dengan mengikuti Milis NCC kita sudah tau bagaimana membaca resep,

Galette de Roi
Bahan untuk Classic Puff Pastry:
250 gr Tepung terigu
125 gr air
5 gr garam
185 gr butter
1. Campur semua bahan kecuali butter, uleni lalu bungkus dalam warapping plastik, diamkan dalam kulkas minimal 30 menit.
2. keluarkan adonan, gilas dengan roll kayu (saya pake botol, ga nemu si penggilas kayu)  letakkan butter yang dipotong kota di tengah bagian adonan, lipat dan tutup di empat sisi, kemudian gilas memanjang hingga kalis , lipat berbalik arah..gilas lagi...demikian seterus nya hingga 4 kali..lalu beri tanda dengan 2 telunjuk di tekan pada adonan, bungkus dengan plastik kembali diamkan dalam kulkas minimal 30 menit.
3. keluarkan kembali dan lakukan pengulangan, tekan 2 telunjuk 2 kali sehingga berjumlah 4. simpan dalam kulkas minimal 30 menit.
4. keluarkan kembali dan lakukan pengulangan, tekan 2 telunjuk 3 kali sehingga berjumlah 6. simpan dalam kulkas....adonan puff pastry siap di pakai.


Creme d'amande ( krim almond)

bahan-bahan :
- 125 gram unsalted butter, cairkan
- 125 gram gula pasir
- 130 gram almond bubuk
-  8 gram tepung maizena
- seujung dikit garam
- 2 buah telur
- 1 tetes extract almond

semua bahan diaduk lalu simpan dalam kulkas, untuk menjadi padat.
Nah semua bahan telah siap, panaskan oven, siapkan kocokan telur satu buah,  lalu alasi loyang dengan kertas kue, keluarkan puff pastry, gilas hingga lempeng dan potong hingga berbentuk bulat kurang lebih diameter 25 cm, taruh adonan almond ditengah-tengah beri jarak dengan sisinya untuk merapatkan tutup pastry bagian atas, bagian yang berjarak olesi dengan kocokan telur, buatlah satu gilasan bulat berdiameter lebih 1/2 cm dari alasnya (dia 25.5 cm atau 26 cm) lalu rekatkan pada alas yg sudah diisi krim almond, tekan diseluruh putaran, beri jalur bagian atas puff pastry denga pisau agar canti dipandang, lalu beri lubang di lima tempat agar dapat mengembang sempurna. 

Setelah mencoba di tengah jalan, saya baru lihat ada resep yang diturunkan oleh KBB, kebingungan saya mengatasi butter yang cepat meleleh teratasi setelah membaca ulasan di  : http://herdesign.multiply.com/journal/item/13/KBB_9_Classic_Puff_Pastry jadi menurut beliau, butter nya di campur dulu dengan tepung terigu supaya lebih mudah menggilas nya... 

Terima kasih sebelumnya buat para host, dan para pembuat roti dadakan di NCC Bread Week....

keep Spirit NCC 

No comments:

Post a Comment