Thursday, November 29, 2012

Roti Gambang Mini by Farah Vijsma


Dear peri-peri roti yang cantik dan baik hati .... Akhirnya abege memberanikan diri nih buat ikutan NCC Breadweek . Kali ini mau setoran roti gambang... Roti ini sebenarnya roti favoritku waktu kecil dulu... Roti warna coklat dengan aroma kayumanis dan taburan wijen diatasnya ...... Hmmmm..... Tapi sekarang sudah jarang yang jual yah...... Demi meramaikan event ini ( sebenarnya biar dapet badge juga hehehe.... ) dan supaya ga penasaran nyari-nyari tempat yang jual roti gambang akhirnya nyoba praktek bikin rotinya . Resep yang dipakai adalah Resep dari mba Riana Ambasari ( yang pasti udah dijamin eunaaak tenan...)
Ini yah resepnya.

ROTI GAMBANG 
original recipe by: Femina Online Modified by Riana Ambarsari


Bahan: 
250 g gula merah, sisir 
175 ml air 
375 g tepung terigu berprotein sedang 
125 tepung roti cokelat 
25 g susu bubuk 
1/4 sdt garam 
1 sdt soda kue 
2 sdt baking powder 
2 sdt kayu manis bubuk 
1/4 sdt vanili bubuk 
2 kuning telur ayam 
50 s/d 100 g margarin ( kemaren pake 100 gr baker mix) 
3 sdm air, untuk olesan 
3 sdm biji wijen putih

Cara Membuat:
1. Rebus gula merah bersama air hingga gula larut dan air mendidih. Angkat, dinginkan. Sisihkan. 
2. Campur tepung terigu, tepung roti, susu bubuk, garam, soda kue, baking powder, kayu manis, vanili, dan kuning telur, aduk rata. Masukkan air gula, uleni hingga tercampur rata.
 3. Masukkan margarin, uleni kembali hingga rata. Bulatkan adonan, tutup dengan plastik. Diamkan selama 30 menit di suhu ruang hingga adonan agak kering dan mudah dibentuk. 
4. Buka plastik. Timbang adonan @ seberat 75 g ( karena mini kemarin @30g ),pipihkan, gulung memanjang, bentuk bulat lonjong. Atur adonan di atas loyang datar bersemir margarin, beri jarak di antaranya. Olesi permukaan roti dengan air, taburi wijen. 
5. Panggang dalam oven panas bersuhu 150 derajat Celcius selama 30 menit hingga matang. ( aku pake oven listrik, api atas dan bawah ). Angkat. Sajikan.

Karena mini jadi sekitar 33 buah .
Pas dicoba rasanya euuunaaakk... dan alhamdulillah serumah pada suka......
Lia@dapurkania

No comments:

Post a Comment