Tuesday, November 20, 2012

Hoddeok by Mira Kusumawati

Dear Trio Host Breadweek,

Ini laporan pertama saya. Karena saya liat sudah banyak yg posting roti manis maka saya buat yg beda. Cemilan ini berasal dari korea, sepintas memang mirip dengan english muffin krn pematangannya dengan cara di pan, cm kl haddeok ada isian gula jawa dan kayu manis. 



Cara membuatnya aku liat dr youtube dan resepnya aku sesuaikan sdiri:

Bahan Hoddeok :

300 gr terigu protein sedang
200 ml susu cair
1 sdt fermipan
1 sdt gula pasir
1/2 sdt garam
2 sdm air hangat
1 sdm minyak sayur

Resep Bahan Isi Hoddeok :

150 gr gula merah sisir
1/2 sdt kayu manis bubuk

Cara Membuat :

1. Campur gula, ragi instan dan air hangat. Campur dan diamkan di tempat yang hangat selama kurang lebih 15 menit.
Campur terigu dan garam, tuang susu cair dan adonan ragi,tambahkan minyak sayur uleni hingga kalis. Diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam.
2. Campur semua adonan isi, aduk hingga rata.
3. Buang gas pada adonan kulit, timbang seberat 50 gr. Bulatkan dan diamkan kembali selama kurang lebih 10 menit. Pipihkan adonan, letakkan adonan isi di atasnya. Bungkus, rapikan bentuknya, diamkan kurang lebih 10 menit.
4. Panaskan sedikit minyak di atas pan dadar anti lengket, panggang Hoddeok hingga kuning kecoklatan sambil di tekan2 agar pipih dan sesekali dibalik.
5. Angkat dan sajikan.

Salam Roti ^^
Mira Kusumawati

No comments:

Post a Comment