Tuesday, November 13, 2012

Bakpao Mekar aka Char Sew Bao by Guntur Suradji

Kepada : Ibu-Ibu Host Bread Week dan NCCers Sekalian
Senang juga sejak diumumkan adanya 'week2an' lagi .. :) dengan tema 'Bread Week' kali ini.. kali ini ABG hendak 'nyetor' laporan untuk ikut meramaikan event ini.
Yang hendak saya laporkan adalah Steamed Bun (Alias Bakpao) sesuai dengan ROTG nya, bakpao termasuk dalam salah satu kategori Bread yang dikukus.
Bakpao sendiri sebenarnya merupakan penganan tradisional khas negara China yang kemudian seiring berjalannya dengan waktu sampai ke Indonesia bahkan mendunia. Di Indonesia sendiri bakpao sudah sangat merakyat, terbukti mulai dari penjual gerobakan sampai hotel bintang menyediakan penganan jenis ini, apalagi jika disajikan hangat2 ditengah musim hujan seperti ini ..
Banyak metode yang digunakan dalam proses pembuatan bakpao sekarang ini disamping dengan penggunaan berbagai macam bahan tambahan yang tersedia. Jika ingat rasa bakpao yang dulu sering dibuat oleh nenek sangatlah berbeda dengan rasa  dan teksture bakpao di jaman sekarang - kalo bahasa nya NCCers 'Bakpao Menul2..' :)  .. (maklum jaman dulu masih serba terbatas dengan bahan ala kadarnya) Dan, yang hendak sy laporkan kali ini adalah jenis 'Bakpao Mekar' - Aka. Char Sew Bao. resep ini sy peroleh dari seorang member NCC juga  (ijin sama Mbak Lucky yaa..)
Berikut resepnya :
Bahan A :
- 250 gr Terigu 'Kunci' / Tepung Pao (Sy pakai Tepung Pao)
- 150 cc Air
-    1 sm Instant Yeast
Bahan B :
- 100 gr terigu 'Kunci'  / Tepung Pao
-   35 gr tepung Tang Mian
- 125 gr Gula Pasir
-  50 cc Air
-   1 sm Double Acting
-  20 gr Mentega Putih
- 1/4 st Amoniak powder (Optional)
Cara :
- Aduk semua bahan A jadi satu, tunda sampai mengembang +/- 45 menit.
- Masukkan bahan B, aduk sampai kalis. timbang adonan sesuai selera (kalau sy @ 20 gr). isi dan bentuk, langsung dikukus selama +/- 10 menit sampai matang.
Bahan Isi ;
- 250 gr Daging Ayam, potong2
- 1 sm Bawang Merah
- 1 st Bawang Putih
- 1 st Bumbu Go Hiong
- 1 sm Arak Masak (Optional)
- 1 sm Saus Tiram
- 1 sm sauce BBQ
- Gula, garam, lada, vetsin, air jahe (secukupnya)
- Angkak Halus
-  1 sm Gula      
-  1 sm Minyak Wijen         
-  Air Sagu untuk pengental  
Cara :
- tumis bawang sampai harum, masukkan semua sisa bahan + air sedikit, masak sampai daging lembut. setelah lembut, angkat dan cincang.
- Masak kembali daging ayam tersebut, dan tambahkan 1 sm gula dan  air sagu supaya kental. terakhir tambahkan minyak wijen, aduk rata, angkat dan dinginkan.
Salam,
Gunz

No comments:

Post a Comment