Tuesday, November 27, 2012

Monkey Bread by Riana Ambarsari


Dear peri-peri roti,

setoran ya..


Suka sama roti ini karena seru! Seru bikinnya, seru makannya. Bikinnya bisa pake resep roti apa aja, bahkan resep biskuit juga bisa. Ini aku bikinnya pake resep Roti Tawar 100% Whole Wheat. Dibulet-buletin, celup ke mentega leleh, gulingkan di gula kayu manis, terus timpuk deh ke dalem loyang, bertumpuk-tumpuk. 

Begitu dikeluarkan dari loyang, wiiihhh.. gula dan butternya berlelehan, wangiiiii kayu manis dan gula palem, makannya dicomot langsung lepas.. aah.. seru!


Inline image 1

Whole Wheat Monkey Bread
Original recipe by King Arthur Flour
Modified by Riana, tweaked to fit Indonesian climate and all

3 1/2 cup tepung whole wheat
2 1/2 sdt ragi instan
1/4 cup susu bubuk --> lagi gak punya, diganti cornmeal
1/4 cup madu
1 to 1 1/4 cup air
1/4 cup minyak sayur (aku pakai rice bran oil)
1 1/4 sdt garam

Coating:

1 ½ cup gula palem
2 sdm kayu manis bubuk
½ sdt pala bubuk --> lagi gak punya, kuganti cengkeh bubuk
Segenggam biji bunga matahari dan rye flakes, atau kacang-kacangan sesuai selera, atau kismis (optional)
½ cup mentega tawar leleh

How-to:
  1. Aduk tepung, ragi, susu bubuk, madu dan air hingga adonan membentuk bola. Masukkan minyak dan garam, uleni hingga adonan halus, elastis dan tidak lengket lagi di mangkuk. Adonan roti wholewheat 100%, tidak dapat menjadi sekalis roti putih. Ketika ditipiskan dan ditarik, dia mudah robek karena wheat brannya cenderung merobek serat gluten.
  2. Pindahkan adonan ke dalam mangkuk yang sudah dioles minyak tipis-tipis, tutup dengan plastic wrap atau lap basah yang bersih. Biarkan mengembang kurang lebih 30 menit.
  3. Siapkan loyang cincin, olesi minyak sayur tipis-tipis.
  4. Pindahkan adonan ke atas talenan atau meja marmer/meja dapur, uleni 5-10 menit untuk mengeluarkan udara. Gilas adonan setebal 2 cm, lalu dengan menggunakan scrapper atau pizza roller potong-potong adonan kurang lebih 2x2 cm. Bulatkan tiap adonan.
  5. Dalam mangkuk lain, campur gula palem, kayu manis, pala/cengkeh bubuk dan kacang-kacangan atau kismis jika pakai. Ambil satu buah bola adonan, celupkan ke dalam mentega tawar leleh, lalu masukkan ke dalam campuran gula kayu manis, baluri hingga seluruh permukaan bola tertutup gula kayu manis. Letakkan di dalam loyang cincin. Ulangi untuk keseluruhan adonan, atur bola-bola adonan agar rata tersebar di dalam loyang. Tutup longgar dengan plastic wrap, biarkan mengembang lagi sedikit selama 15-20 menit.
  6. Panaskan oven pada suhu 180 derajat celsius.
  7. Panggang selama 30-40 menit sampai adonan mengembang sempurna dan berwarna cokelat seluruhnya. Keluarkan dari oven, biarkan dingin di atas rak selama 15 menit. Balik roti ke atas piring saji, sajikan hangat.
Nyammmmm.....

Happy rising, everyone!

No comments:

Post a Comment