Friday, November 30, 2012

Pizzahut a la Bunna (Iradewi)



Dear trio host NCCBW ..
Awalnya, roti dalam benak saya adalah dibeli bukan dibuat sendiri, karena ibu dan mbah putri saya, yang saya tau pasti pandai bikin kue, tidak pernah saya lihat membuat roti.. Jadi yang saya tahu dari kecil.. kalo mau makan roti berarti panggil tukang roti lewat atau pergi ke bakery …
Dikemudian hari, bergabunglah saya dengan milis tercinta ini.. mengikuti diskusi yang ada, saya pun takjub.. ternyata roti itu bisa dibuat sendiri, berarti saya juga bisa dong, akhirnya “Ngerotilah saya”  belajarlah saya membuat roti .. Resep yang saya coba pertama pastilah resep softbread nya bu Fat,  walau belum tahu sama sekali seperti apa yang disebut kalis itu, saya PeDe saja.. walau saya tidak tahu tekstur roti saya bener atau salah, saya yakin saja kalau itu bener la penampakannya menul menul je.., walo handmixer saya akhirnya jebol karena harus kerja rodi ngadonin roti diluar kapasitasnya saya tidak menyesal, soalnya para krucil saya suka sama roti saya..  “enak Bunna”, bikin pizza bisa tidak bunna??? Bisa dong.., kata saya..  *langsung ke inget breadweeknya NCC.. inilah jalan saya untuk berani ikut di week-weekannya NCC, untuk bisa punya badge weeknya NCC yang selama ini selalu menjadi kebanggaan anggotanya..
So, meski saya tau sudah banyak yang posting pizza dengan menggunakan resepnya mb Rina Rinso, tapi boleh dong saya juga mencoba dan melaporkannya , dengan harapan selain bisa menyenangkan hati para krucil saya  juga menyenangkan hati saya sendiri sendiri karena dapet badge NCCBW yang cihuyyy itu..
Yuhuuu mari kita buat…
 
Soft Dough Pizza nya pake resep mb Rina Rinso yang menurut beliau di dapat dari buku sedap “52 Resep Pizza”

Bahan :
A. 350 gr terigu cakra
      15  gr gula pasir
        5  gr ragi instan
      20  gr susu bubuk
B.  200 ml air es (saya pakai susu UHT dingin)
C. 50 gr mentega putih (dirumah tidak ada mentega putih, yang ada butter jadi saya pake butter    saja)
      1 sdt garam

Toppingnya  saya memanfaatkan yang sudah ada di kulkas saja :
·         Saus Bolognaise
·         Sedikit paprika hijau, sedikit paprika merah, sedikit bawang Bombay, nanas secukupnya semua diiris sesuai selera
·         Keju mozzarella secukupnya (sesuaikan dengan selera)
·         Tumisan daging cincang yang kebetulan ada di kulkas
·         Irisan Sosis

Cara membuat @la bunna :
  1. Campur semua bahan A.  Saya menggunakan mixer, dengan kecepatan rendah ke sedang.
  2. Kemudian masukkan bahan cair sedikit demi sedikit.
  3. Setelah agak bergumpal masukkan lemaknya (bahan C) aduk terus sampai kalis.
  4. Setelah kalis, saya bulatkan menjadi satu bulatan besar dan kemudian saya diamkan sampai adonan mengembang 2 kali, kurang lebih 30 menit
  5. Setelah mengembang, kempiskan adonan, kemudian bagi adonan menjadi 3 bagian. bulatkan adonan dan diamkan 10 menit. (saya timbang berat berat keseluruhan kurang lebih 625 gr, saya bagi tiga dengan rata kemudian dibulatkan)
  6. Setelah didiamkan 10 menit tipiskan adonan dengan cara digiling. (saya menggilingnya dari arah tengah ke atas, tengah ke bawah, tengah ke kanan, tengah ke kiri.. sesuaikan dengan lebar loyangnya, usahakan menggilingnya selalu dari tengah). Masukkan kedalam loyang kemudian tusuk-tusuk dengan garpu.
  7. Setelah itu diamkan 30 menit sampai mengembang.
  8. Oven dengan api bawah suhu 180 derajat selama 8 menit sampai roti setengah matang.
  9. Oleskan bagian atas roti dengan saus pizza, taburi dengan keju mozarilla, taburi dengan toping yang diinginkan, taburi keju mozarilla lagi.
  10. Oven lagi selama 10menit sampai matang.

Dan jadilah Pizzahut @la Bunna seperti  foto diatas… 

Salam “ngeroti”,
Iradewi @la Bunna

No comments:

Post a Comment