Friday, November 9, 2012

Plaited Coconut Bread by Baitty Irham

Dear NCC, 

mau laporan untuk NCC Bread Week, kebetulan kemarin lagi kepengen makan roti, setelah googling akhirnya pilihan jatuh pada resepnya Plaited Coconut Bread dari blog nya Mb Hesti, Mbaa ijin share resepnya yaah.. karena tadi sempat nyari kelapa parutnya gak ada, akhirnya beli kelapa utuh dan di blender, tapi jadinya gak bisa set seperti seharusnya, adonan isi jadinya cair. akhirnya roti nya di bentuk macam-macam, biar isi gak keluar-keluar.. hasil rotinya enak dan empuuk....berikut resepnya :



Plaited Coconut Bread
Blog Mb Hesti

Bahan roti :
- 500 gr tepung terigu protein tinggi
- 100 gr gula pasir
- 3/4 sachet permifan ( kemasan 11 gr)
- 2 sdm susu bubuk
- 1 butir telur + 1 kuning telur
- 225 ml air hangat
- 1 sdt garam
- 75 gr margarin
- pasta ketan

Pasta ketan (campur dan aduk rata) :
- 50 gr tepung ketan
- 50 ml air mendidih

Bahan Filling Kelapa :
- 70 gr salted butter
- 120 gr gula pasir
- 1 butir telur
- 1 sdt pandan paste
- 1 tetes pewarna hijau
- 110 gr kelapa parut
- 50 gr susu bubuk

Cara membuat :
1. Filling : kocok butter dan gula hingga mengembang, tambahkan telur, pasta pandan dan pewarna. Aduk rata.
2. Masukkan kelapa dan susu bubuk. Aduk hingga rata. Bentuk bulat dengan berat 35 gr. Dinginkan di kulkas hingga agak keras.
3. Roti : dalam mangkok mixer, masukkan tepung, gula pasir, ragi, susu bubuk. Aduk rata.
4. Nyalakan mixer, tambahkan telur dan air lalu mixer roti sampai setengah kalis. 5. Masukkan margarin, garam dan pasta ketan. Mixer lagi sampai kalis elastis.
5. Simpan dalam wadah dan ditutup dengan kain lembab. Biarkan selama sekitar 40 menit atau mengembang 2x lipat.
6. Ambil adonan sebanyak 70 gr. Beri isi lalu bulatkan. Giling kembali bentuk pipih segi empat lalu gulung seperti menggulung bolu gulung. Rapatkan ujung ujungnya. Potong potong tidak putus. Mulai dari atas balik potongan roti ke kiri dan ke kanan berselang seling. Biarkan mengembang dua kali lipat. (kalau mau mencoba cara lain, pipihkan adonan roti, oleskan kelapa ke permukaan roti, sisakan bagian ujung kiri kanan tidak terkena isian agar mudah dirapatkan. Gulung seperti menggulung bolu gulung lalu rapatkan ujungnya, dan selanjutnya potong seperti tadi). Letakkan di loyang bersemir margarin. Beri sedikit jarak untuk mengembang.
7. Panaskan oven 400F. Olesi roti dengan telur kocok lalu taburi atasnya dengan gula pasir kasar. Panggang roti di rak tengah oven selama 12-15 menit sampai atasnya kecoklatan. Bisa juga dipanggang di rak bawah separuh waktu panggang, kemudian pindahkan ke rak atas lalu masukkan loyang baru ke rak bawah. Rak bawah untuk mematangkan roti, api atas untuk meberi warna kecoklatan pada roti. Angkat, panas panas olesi butter.
Salam

No comments:

Post a Comment