Tuesday, November 27, 2012

Roti Bola by Lintang



Selamat malam semuanya, terutama para Host NCCBW ini.
mau setor roti yah... buatnya tadi sore karena cemilan buat anak sudah kosong, jadilah saya nguplek buat roti. Alhamdulillah lembut,


Roti Bola

Kalau lihat judulnya, sih pasti mikir ini roti bentuknya bulat-bulat. Padahal yang ada roti ini mirip jamur, karena mlembung diatas dan kecil dibawah...yah mirip muffin. Kenapa begitu, karena saya cetak langsung di loyang muffin (ketahuan malesnya, kalau dibentuk macem-macem lebih makan waktu lama, dan anakku sudah tidak sabar)

Sebetulnya, resep roti ini..sedikit uji coba, karena dari buku roti yang saya punya, sering gagalnya. Saya hanya terinpirasi dari resep jaman dulu, kalau ibu saya buat cuma terigu, ragi, telur, air, gula campur-campur diublek, tapi jadi...sangat sederhana. Kalau dulu  ukurannya pakai gelas belimbing, berhubung gelas belimbing gak punya, dan mungkin peredarannya sudah jarang; saya hanya menterjemahkan resep "kelingan" ini secara sederhana. 
Resep roti ini mudah banget, tidak perlu tenaga ekstra keras, karena buat ibu-ibu rumah tangga yang baru belajar buat roti pasti sudah frustasi duluan kalau harus perang dengan adonan roti (ayo ngaku hehehe)


RESEP DASAR ROTI:


  • 225 gr tepung terigu protein tinggi (misal merk: Cakra atau Kerang, beda pabrik) tapi saya pakai merk kerang, bukan salesnya loh, beberapa kali coba buat roti pakai merk ini saya anggap oke alias berhasil.
  • 75 gr terigu protein sedang
  • 3 gr ragi (fermipan sachet)
  • 100 gr mentega (saya campur 60 gr mentega dan 40 gr margarine), kenapa saya campur?, karena menteganya habis..pemirsa :)
  • 50 cc air hangat-hangat kuku (suam)
  • 100 cc susu cair UHT putih (saya pakai dingin langsung dari kulkas)
  • 50 gr gula pasir
  • 1 butir telur
  • garam sejumput (kira-kira 1/4 sdt)
Bahan Olesan :
  • 1 butir telur ambil kuningnya
  • 1 sdm susu UHT
  • Campur keduanya hingga rata
 Cara membuat:
  • Cairkan mentega .....sisihkan
  • Campur terigu, ragi dan gula. Aduk dengan tangan hingga tercampur rata
  • Masukkan air hangat selang seling dengan susu sedikit demi sedikit, aduk perlahan, biarkan tangan sampai lengket. setelah susu dan air habis, masukkan garam, aduk rata
  • Masukkan telur aduk dengan tangan hingga rata.
  • Tuang mentega cair sedikit demi sedikit, hingga kalis. Banting dan lipat adonan dan elastis-tis. Jika  terasa sedikir lengket, boleh tambahkan sedikit terigu, taburkan sedikit diatas adonan. Teruskan proses membuat elastis dan kalis. tarik adonan, jika sudah sangat elastis tidak berongga, diamkan kurang lebih 1-1,5 jam. Adonan akan mengembang.
  • Setelah mengembang, pecahkan dengan "menonjok" adonan hingga adonan kempis, dan siap dibentuk. Saya buat bentuk bulat -bulat dan dicetak dengan cetakan muffin. Supaya gampang saja.
  • Sebagai pemanis saya oleskan  diatasnya dengan bahan olesan.
  • Taburkan meses coklat diatas roti, diamkan 15 menit. 
  • Panggang 15-20 menit ( suhu sesuaikan dengan oven masing-masing)
  •  Setelah matang siap dihidangkan hangat-hangat
  • adonan bisa dibentuk sesuai keinginan dan diisi oleh bermacam macam isian.
hasil akhir 10-15 butir roti ukuran diameter 7-8 cm


salam 
lintang
pavitacakes


Roti ini bisa diisi berbagai macam isian..selamat mencoba

No comments:

Post a Comment