Tuesday, November 27, 2012

Roti Sobek Ketan Hitam by Tuti

Dear NCCer n Peri Roti...
Terinspirasi sama postingan Mbak Arni di Facebooknya ..aku jadi ikutan
bikin Roti yg pakai tepung Ketan Hitam krn aku seneng makanan yg ada
Ketan Hitamnya...
aku pakai resep dari Kreasi Bogasari "Roti Mini"

Bahan:
225 gram Terigu Cakra Kembar(aku pakai 200 gr tepung K2)
225 gram Terigu Segitiga Biru(aku pakai 200 gr tepung Teko Merah)
50 gr Tepung Ketan Hitam (aku tambahin sendiri krn diresep ga pakai)
200 gram Air es
12 gram Ragi(aku pakai 36 gr Otentic Dolce)
10 gram Garam
110 gram Gula
90 gram Butter/Margarine
20 gram Susu bubuk
2 gram Bread improver(aku ga pakai)
1 butir Kuning telur
1 butir Telur utuh
20 gram Madu
5 gram Emulsifier(aku ga pakai)

Cara Membuat :

    Aduk bahan kering sampai tercampur rata..
    Masukkan kuning telur, telur, madu, dan air. Aduk sampai tercampur rata.
    Setelah tecampur rata, masukkan margarine & emulsifier aduk sampai kalis.
    Istirahatkan 5 – 10 menit. Dan tutup dengan plastik.
    Potong timbang ± 7 gr, bulatkan kembali.(aku timbang 50 gr kmd aku
bentuk spt Roti
    Sobek) di loyang Loaf
    Istirahakan 10 menit.
    Isi sesuai dengan selera (Sosis, mesis, keju, jagung,susu dll)
    Proofing ± 30 menit.
    Bakar dengan suhu ± 210OC selama 5-8 menit.(tadi kau bakar dg
panas 180 selama 25
    mnt)
sekian laporannya...

salam manis
Tuti
http://kurniacale.blogspot.com

No comments:

Post a Comment